Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Carry dan Futura

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Carry dan Futura

Ulasan Spesifikasi dan Harga Suzuki Carry - Suzuki Carry merupakan salah satu mobil niaga yang telah berkiprah dari era 80-an dan mengalami masa kejayaan hingga awal tahun 2000. Hampir seluruh segmen niaga mulai dari pickup hingga minibus mampu dikuasai hingga 60% dari Brand lain. Di pasar lokal, mobil ini menjadi saingan terberat bagi Daihatsu Hijet, Daihatsu Zebra, Daihatsu Espass, hingga Mitsubishi T120.

Minimnya informasi yang terdata di Internet membuat para Blogger jarang mereview mobil yang satu ini. Padahal jika dikaji lebih dalam, Suzuki Carry adalah satu mobil yang paling banya dicari karena ketatnya persaingan dalam segmen mobil niaga. Segmen niaga sendiri paling banyak menjangkau setiap kalangan jika dibandingkan segmen mobil sedan, mobil keluarga ataupun mobil sport.

Eksterior Suzuki Carry dan Futura 
Berdasarkan keluaran tahunnya, Suzuki Carry sangat mudah dikenali dari bentuk luarnya. Untuk keluaran tahun 80-an, unit yang berkeliaran banyak berasal dari karoseri Adiputro dengan lampu bulat. 
Eksterior Suzuki Carry ST100 Karoseri

Selanjutnya ada juga yang menggunakan lampu trapesium, namun umumnya tipe yang satu ini lampunya sudah banyak diganti ke model lain karena stok sangat langka. 
Eksterior Suzuki Carry ST100 Karoseri

Mulai tahun 1988, setiap karoseri merubah tampilan depan yang kini menggunakan lampu persegi. Pada tahun ini, model yang paling terkenal adalah keluaran karoseri adiputro yaitu Alexander (ST100). Model ini merupakan Carry terakhir yang menggunakan mesin berkapasitas 1.0 liter (1000 cc).
Eksterior Suzuki Carry ST100 Karoseri

Seri ST100 masih dilanjutkan penjualannya hingga tahun 2006. Penjualannya disandingkan dengan model Futura ST130 / ST150 /ST160 sebagai produk baru yang telah menggunakan mesin 1,3 liter / 1.300cc. Futura pertama kali hadir pada tahun 1991. Futura tahun ini dapat dikenali dengan mudah karena jendela pada row kedua berupa model geser. Mulai tahun 1995, jendela model geser sebelah kiri diganti sehingga dapat dinaikkan atau diturunkan menggunakan engkol. Selain itu, Futura telah banyak digunakan sebagai mobil pribadi, bukan hanya angkot seperti pendahulu-pendahulunya. Selanjutnya, pada tahun 2000 Suzuki menggantikan mesin 1.3 liter menjadi 1.5 liter pada Futura dan mesin 1.3 liter Futura menggantikan mesin 1.0 liter pada model ST100.
Eksterior Suzuki Carry Futura

Interior Suzuki Carry dan Futura 
Masuk ke dalam kabin, suasana angkot mampu disuguhkan secara sempurna. No AC, no power steering dan no power window. Tenaga fisik benar-benar dibutuhkan untuk mengoperasikan seluruh fitur pada mobil ini. Kira-kira beginilah foto interior kabin Suzuki ST100.
Interior Suzuki Carry ST100

Pada Suzuki Futura, beberapa update yang dilakukan Suzuki serasa cukup untuk menjadikan kabin ini lebih manusiawi dan layak dihuni oleh keluarga. Power steering dan AC sudah dijadikan sebagai standar pada beberapa trim. Namun untuk power window masih belum disediakan. Maklum saja, mobil ini memang menyasar ke segmen bawah yang lebih sering digunakan untuk bisnis. Yang jelas, sedikitnya fitur kelistrikan membuat seluruh keluarga Suzuki Carry lebih mudah dalam hal perawatan.
Interior Suzuki Carry Futura

Performa Mesin Suzuki Carry dan Futura 
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hingga sekarang Carry tercatat menggunakan 3 jenis mesin, antara lain 1.000 cc, 1.300 cc dan 1.500cc. Pada update terakhir, Suzuki juga turut memperkenalkan sebuah mesin injeksi berkapasitas 1.500 cc. 

Di masa kejayaannya, mesin F10A 1.0 liter ini terkenal cukup bandel. Buktinya, angkot yang menggunakan mesin ini masih sanggup melaju mulus meskipun telah diisi hingga belasan penumpang. Tenaga yang dihasilkan berupa 44 HP pada 5.300 RPM dengan torsi puncak 75 Nm pada 3.200 RPM. Berikut foto mesin F10A Carry 1.0.
foto mesin F10A Carry 1.0

Selanjutnya terdapat mesin berkapasitas 1.300 cc / 1.3 liter. Tenaga dan torsi tidak diketahui karena minimnya informasi mengenai spesifikasi mesin ini. Terakhir, ada mesin G15A 1,5 liter yang digunakan pada Futura. Mesin ini juga digunakan pada Suzuki APV. Tenaga yang dihasilkan yaitu sebesar 85 HP pada putaran mesin 6.000 RPM dan torsi 122 Nm pada 3.000 RPM. Awalnya, mesin 1,5 liter ini masih mengandalkan sistem pembakaran karburator lalu pada tahun 2009 diganti menjadi injeksi. Berikut adalah foto mesin dari Carry Futura 1.5 liter.
foto mesin Carry Futura 1.5 Injeksi

Impresi dan Handling Suzuki Carry dan Futura
Mengenai impresi dan handling, Suzuki Carry cukup lumayan jika dibandingkan dengan para kompetitor. Suspensi MacPerson Strut di bagian depan membuat bantingan mobil ini terasa cukup lembut. Pada bagian belakang, suspensi yang digunakan berupa per daun. Kenyamanan memang turun drastis, namun mendongkrak daya angkut mobil sehingga mampu menopang barang bawaan berat tanpa takut kandas.

Spesifikasi Suzuki Carry dan Futura 
  • Mesin : 1.0 liter ; 1.3 liter ; 1.5 liter.
  • Konfigurasi : 3 silinder ; 4 silinder 12 katup ; 4 silinder 16 katup.
  • Tenaga : 44 HP @5.300 RPM (1.0) ; - (1.3) ; 85 HP @6.000 RPM (1.5).
  • Torsi : 75 Nm @3.200 RPM (1.0) ; - (1.3) ; 122 Nm @3.000 RPM (1.5).
  • Konsumsi BBM : 10-13 km/L (dalam kota) ; 15-19 lm/L (luar kota).
  • Transmisi : Manual 4 percepatan dan 5 percepatan (ST100) ; manual 5 percepatan (Futura)
  • Suspensi : Depan MacPerson Strut, belakang per daun.
  • Rival :  Daihatsu Hijet, Daihatsu Zebra, Daihatsu Espass, dan Mitsubishi T120.

Harga Suzuki Carry dan Futura
Panjangnya durasi produksi dan jenis dari berbagai karoseri membuat harganya menjadi sangat beragam. Sebagai pedoman, harga Carry ST100 berkisar antara 15-25 juta. Khusus untuk Carry ST100 Alexander bisa mencapai 30 jutaan lebih. Sedangkan untuk Carry Futura biasanya harga yang ditawarkan mulai dari 35 jutaan untuk sebelum tahun 2000 dan 50 jutaan untuk tahun produksi 2000-an ke atas.

Kelebihan Suzuki Carry dan Futura 
  • Harga murah.
  • Sparepart murah, mudah dan melimpah.
  • Mampu menampung 9 penumpang.
  • Sangat irit.
  • Akselerasi cukup bagus.
  • Harga jual kembali cukup bertahan.
  • Dapat diservis dimana saja.

Kekurangan Suzuki Carry dan Futura 
  • Tidak ada bonnet dan berbahaya ketika kecelakaan.
  • Suspensi belakang cukup keras.
  • Rawan mogok jika mesin tergenang air.
  • Posisi mesin di bawah kursi baris depan.
  • Model membosankan.
  • Sangat minim fitur.
  • Sangat limbung.
  • Tenaga tergolong kecil.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga serta keunggulan dan kelemahan Suzuki Carry 1.0, 1.3 dan Futura 1.5. Banyak model dan rentang tahun yang sangat panjang biasanya akan membuat calon konsumen menjadi bingung. Sebagai saran, jika Anda memiliki budget terbatas pilihlah ST100 Alexander karena banyak memiliki nilai lebih. Atau boleh juga meminang Futura tahun rendah. Semoga membantu. Baca juga :