Kelebihan dan Kekurangan Nissan X-Trail T31 Gen2

Kelebihan dan Kekurangan Nissan X-Trail T31 Gen2

Ulasan Spesifikasi dan Harga Nissan X-Trail T31 - X-Trail T31 merupakan SUV andalan Nissan yang mengusung body dengan ciri khas mengkotak / boxy. Mobil ini pertama kali dikenalkan pada tahun 2008 untuk melanjutkan kiprah kakaknya, Nissan X-Trail T30 yang telah beredar di tanah air selama lebih kurang selama 5 tahun.
Nissan X-Trail T31
Nissan X-Trail T31
Pada awal peluncuran, 3 model yang turut diperkenalkan antara lain tipe 2.0 M/T, 2.5 St CVT, dan 2.5 Xt CVT. Selanjutnya Nissan melempar X-Trail 2.0 CVT pada tahun 2009 untuk melengkapi lininya. Sebuah tipe baru diperkenalkan setahun kemudian tepatnya tahun 2010 dengan menggunakan dress-up Autech sehingga tampak sangat mewah. Terakhir, Nissan melakukan facelift pada 2012. Ubahan yang dilakukan terdapat pada lampu depan, lampu belakang LED serta model velg. Pada versi facelift ini varian yang dilucurkan ada 5 karena adanya varian tambahan dengan trim X-TREMER dan Urban Selection untuk tipe St.

Di dalam segmennya sebagai SUV kelas menengah, mobil ini menjadi rival bagi Honda CRV, Ford Escape, Suzuki Grand Vitara, Kia Sportage, Chevrolet Captiva, dan Hyundai Tucson. Peredarannya terus berlanjut hingga tahun 2013 dan digantikan oleh All New Nissan X-Trail T32 sebagai gen3 dari keluarga SUV Nissan.

Eksterior Nissan X-Trail T31 Gen2
Dilihat dari luar, tidak banyak perubahan dari gen sebelumnya. Body masih mengkotak yang menjadi ciri khasnya. Model lampu depan dan belakang sangat serupa hanya saja terlihat sedikit lebih modern. Secara keseluruhan, kesan gagah mampu dipancarkan secara matang berkat desainnya.

Pada gambar di bawah ini merupakan Nissan  X-Trail T31 pre-facelift. Dapat dikenali dengan mudah pada lampu depan yang belum dilengkapi DRL. Model menengah hingga atas telah menggunakan proyektor .
 Eksterior Nissan X-Trail T31 Gen2
Eksterior Nissan X-Trail T31 pre-facelift
Seperti yang telah disebutkan di atas, Nissan X-Trail mengalami masa facelift pada tahun 2012. Semua varian facelift telah menggunakan lampu depan proyektor dan dilengkapi lampu DRL. Berikut fotonya.
Eksterior Nissan X-Trail T31 Gen2 Modifikasi
Eksterior Nissan X-Trail T31 Facelift
Interior Nissan X-Trail T31 Gen2
Masuk ke dalam kabin, sensasi yang ditawarkan terasa biasa saja dan jauh dari kesan mewah. Sungguh berbeda dengan CRV gen3 yang terlihat lebih bagus. Desain dashboardnya sendiri terlihat terlalu sederhana dengan imbuhan tombol konsol dan tombol pengaturan AC di tengahnya yang tertata rapi. Baiknya, panel speedometer telah dipindahkan ke bagian driver, bukan lagi di tengah.
Interior Nissan X-Trail T31 Gen2
Interior Nissan X-Trail T31 Gen2
Meskipun dimensinya yang besar, namun X-Trail hanya mengusung dua baris kursi. Kabin cukup lapang dengan banyak menyisakan ruang kaki dan ruang kepala pada baris depan dan baris kedua. Dimensi yang bertambah dari gen sebelumnya hanya memberikan keuntungan pada kapasitas bagasi yang sedikit bertambah.

Performa Mesin Nissan X-Trail T31 Gen2
Nissan Indonesia memperkenalkan X-Trail dengan dua pilihan jenis mesin dengan bahan bakar bensin. Kedua pilihan merupakan mesin turunan dari X-Trail T30 dengan sedikit peningkatan performa. Mesin pertama berkapasitas 2.0 liter QR20DE dengan tenaga 150 HP pada 6.000 RPM dan torsi 200 Nm pada 4.000 RPM.
Foto Mesin Nissan X-Trail T31 Gen2 2.0 liter
Foto Mesin Nissan X-Trail Gen2 2.0 liter
Sedangkan pilihan kedua Nissan menyediakan opsi mesin 2.5 liter QR25DE yang lebih bertenaga. Tenaga yang tercatat sebesar 170 HP pada 6.000 RPM dan torsi 244 Nm pada 4.000 RPM.
Foto Mesin Nissan X-Trail T31 Gen2 2.5 liter
Foto Mesin Nissan X-Trail Gen2 2.5 liter
Impresi dan Handling Nissan X-Trail T31 Gen2
Didukung dengan ground clearance yang tinggi, pastinya mobil ini mampu melahap segala trek perbukitan tanpa adanya hambatan. Hambatan utamanya hanya karena posisi bonnet yang menghalangi pandangan driver ke depan. Sehingga sulit ketika memarkirkan mobil khususnya di parkiran sempit. Posisi duduk pengemudi juga kurang nyaman jika dibandingkan dengan rival terdekatnya, Honda CRV. 

Pada sektor mesin, terdapat penurunan spek untuk varian mesin 2.5 liter. Anda dapat membandingkannya sendiri pada link yang tertera di paragraf pertama. Hanya saja, distribusi tenaga tercatat lebih halus karena varian bertransmisi matic telah menggunakan sistem CVT (transmisi sabuk baja). Hentakan mesin tercatat sangat minim bahkan ketika kickdown untuk menurunkan gear transmisi. 

Secara keseluruhan, bantingan dari suspensi yang diusungnya cukup lembut. Sayangnya, kenyamanan dari suspensi ini tidak didukung oleh tenaga mumpuni. Kedua varian mesin tergolong cukup lamban ketika berakselerasi. Maklum saja, bobot mobil ini membengkak seiring bertambahnya dimensi eksterior.

Spesifikasi Nissan X-Trail T31 Gen2
  • Mesin: 2.0 liter QR20DE dan QR25DE 2.5 liter 4 silinder segaris 16 katup.
  • Tenaga : 150 HP @ 6.000 RPM (2,0), 170 HP @ 6.000 RPM (2,5).
  • Torsi: 200Nm @ 4.000 RPM (2,0), 244 Nm @ 4.000 RPM (2,5).
  • Konsumsi bahan bakar: 8-10 km/L (dalam kota), 11-14 km/L (luar kota).
  • Transmisi : Manual 6 percepatan dan matic CVT 6 percepatan.
  • Suspensi : Depan McPherson strut, belakang multilink.
  • Tahun Pembuatan : 2008-2011 (pre-facelift), 2012-2013 (facelift)
  • Rival : Honda CR-V, Ford Escape, Suzuki Grand Vitara, Kia Sportage, Chevrolet Captiva, Hyundai Tucson.

Harga Nissan X-Trail T31 Gen2
Di pasar lokal, X-Trail generasi kedua ini dihargai mulai 180 jutaan untuk tahun rendah dan 280 jutaan untuk tahun dan tipe tertinggi. Harga tersebut tidaklah terpaut begitu jauh untuk rentang waktu produksi 5 tahun. Dengan begitu, Anda dapat memilih X-Trail keluaran tahun tinggi dengan harga murah.

Kelebihan Nissan X-Trail T31 Gen2
  • Nyaman.
  • Distribusi tenaga cukup halus.
  • Perawatan mudah.
  • Bagasi lapang.
  • Material interior bagus.
  • Cukup irit.
  • Fitur lengkap.

Kekurangan Nissan X-Trail T31 Gen2
  • Tenaga kurang responsif.
  • Handling buruk.
  • Posisi duduk driver kurang nyaman
  • Peredaman kabin buruk.
  • Rem terlalu sensitif.
  • Versi diesel tidak masuk Indonesia.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga serta keunggulan dan kelemahan Nissan X-Trail T31 Gen2. Intinya, mobil ini adalah SUV ternyaman yang pernah ada untuk ditumpangi oleh keluarga untuk bepergian, ditambah lagi oleh ergonomi bagasi yang cukup luas. Namun jika Anda lebih menyukai SUV yang lebih fun to drive, Honda CRV adalah pilihan yang paling bijak. Baca juga :