Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Kuda

Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Kuda

Ulasan Spesifikasi dan Harga Mitsubishi Kuda - Mitsubishi Kuda merupakan MPV / mobil keluarga segmen kompak yang dikenalkan secara global pada tahun 1997. Setiap negara memiliki julukan tersendiri untuk mobil ini, untuk pasar Vietnam disebut Mitshubishi Jolie, Mitsubishi Adventure untuk pasar Filipina dan Mitsubishi Freeca untuk pasar Taiwan. Hingga akhir produksinya, Mitsubishi Kuda tercatat mengalami masa facelift sebanyak 2 kali, minor facelift pada tahun 2002 (generasi kedua) dan 2004 (generasi ketiga).

Peredaran Mitsubishi Kuda di Indonesia pertama dilakukan pada tahun 1999. Target pasar yang dibidik oleh Mitsubishi yaitu segmen mobil keluarga murah yang telah diisi oleh Toyota Kijang Kapsul sebagai market leader dan Isuzu Panther sebagai runner-up. Beberapa varian untuk masing-masing mesin bensin dan diesel yang dikenalkan antara lain tipe GLX, GLS, dan Super Exceed (generasi pertama). Pada facelift selanjutnya tepatnya pada tahun 2002, penamaan tipe diganti menjadi Deluxe, Diamond dan Grandia (generasi kedua). Untuk edisi penutup penjualan, Mitsubishi turut menghadirkan varian New Grandia (generasi ketiga).

Eksterior Mitsubishi Kuda
Sebagai sebuah mobil keluarga, Mitsubishi Kuda terlihat terlalu kecil jika dibandingkan para kompetitor. Tercatat, dua model sasis dikenalkan, sasis pendek untuk tipe mesin bensin 1.6 liter dan sasis panjang untuk mesin bensin 2.0 liter dan diesel 2.5 liter. Sekalipun adanya model sasis panjang, dimensinya tak lebih besar dari Toyota Kijang ataupun Isuzu Panther. Imbasnya adalah ruang kabin untuk interior terlihat sangat sempit. Secara keseluruhan, tak banyak perbedaan antara generasi pertama, kedua dan ketiga. Perbedaaannya hanya terdapat pada desain lampu depan, lampu belakang dan bumper saja. 

Pada generasi pertama, model lampu yang digunakan masih buram, belum kristal. Bumper terlihat terlalu datar.
Eksterior Mitsubishi Kuda Gen1

Pada generasi kedua, lampu depan dan belakang telah menerapkan model kristal. Bentuknya tak jauh berbeda dengan generasi pertama. Bumper terlihat lebih proporsional. Mulai dari generasi ini, pintu belakang tidak lagi buka ke samping, melainkan dibuka ke atas dan lebih mudah dioperasikan di parkiran sempit sekalipun.
Eksterior Mitsubishi Kuda Gen2

Pada generasi terakhir, model lampu telah berubah total. Bentuknya sedikit lebih membulat. Tidak lagi trapesium seperti kedua generasi sebelumnya. Model grill persis sama dengan Lancer Cedia. Pada bagian lampu belakang mengalami perubahan total menjadi model memanjang seperti halnya pada Honda CRV gen1.
Eksterior Mitsubishi Kuda Gen3

Interior Mitsubishi Kuda
Seperti yang telah disebutkan di atas. Mitsubishi Kuda memiliki kabin yang cukup sempit karena dimensinya yang mungil. Pada varian mesin bensin 1.6 liter (sasis pendek), memang terdapat 3 baris kursi, hanya saja kursi belakang diposisikan saling berhadapan. Khusus untuk sasis panjang yaitu diesel (kecuali deluxe), posisi kursi baris ketiga telah dibuat menghadap ke depan hanya saja ruang lutut dan ruang kaki sangat terbatas. Lebih cocoknya diisi oleh anak-anak saja. Selebihnya, kualitas interior terlihat biasa saja, kesan mewah hanya bisa dirasakan pada tipe tertinggi yaitu Grandia.
Interior Mitsubishi Kuda

Kinerja dan Performa Mesin Mitsubishi Kuda
Diluar negeri, Mitsubishi Kuda hanya diedarkan menggunakan dua jenis mesin, yaitu mesin bensin 2.0 liter dan diesel 2.5 liter. Khusus untuk Indonesia, sebuah mesin bensin 1.6 liter hasil adopsi dari Mitsubishi T120SS turut digunakan. Mesin bensin 4G18 karburator ini tenaganya hanya sebatas 103 HP pada 6.000 RPM dengan torsi puncak 107 Nm pada 3.500 RPM. 
Foto Mesin Mitsubishi Kuda Bensin 1.6 liter

Selanjutnya terdapat mesin bensin 2.0 liter 4G63 injeksi yang baru dikenalkan pada generasi kedua Tenaga yang dapat diproduksi berupa 114 HP pada 5.500 RPM dan torsi sebesar 165 Nm pada 3.000 RPM.
Foto Mesin Mitsubishi Kuda Bensin 2.0 liter

Pilihan mesin ketiga adalah mesin diesel 2.5 liter 4D56 yang digunakan dari generasi pertama hingga generasi ketiga. Mesin ini sama persis yang digunakan pada Mitsubishi L300, perbedaannya hanya ada pada blok silinder. Ketangguhan dan daya tahannya tak perlu diragukan lagi.Tenaga yang dihasilkan tercatat sebesar 73 HP pada 4.200 RPM dan torsi 143 Nm pada 2.500 RPM.
Foto Mesin Mitsubishi Kuda Diesel 2.5 liter

Impresi dan Handling Mitsubishi Kuda
Mitsubishi Kuda dikenalkan dengan dua macam sasis. Sasis pendek terasa kurang baik jika digunakan pada kecepatan tinggi dan bermanuver karena terasa lebih limbung. Berbeda jauh dengan sasis panjang. Pilihan suspensi yang ditawarkan bantingannya cukup terasa apalagi ketika mobil ini digunakan seorang diri / tidak diisi oleh penumpang di bagian belakang. Bahkan bantingan dari Toyota Avanza, Nissan Terrano dan Opel Blazer pun terasa lebih manusiawi jika dibandingkan dengan mobil ini.

Spesifikasi Mitsubishi Kuda
  • Mesin: bensin 1.6 liter 4G18 ; bensin 2.0 liter 4G63 ; diesel 2.5 liter 4D56
  • Tenaga : 103 HP @6.000 RPM (1.6) ; 114 HP @5.500 RPM (2.0) ; 73 HP @4.200 RPM (2.5). 
  • Torsi : 107 Nm @3.500 RPM (1.6) ; 165 Nm @3.000 RPM (2.0),143 Nm @2.500 RPM (2.5). 
  • Konsumsi BBM : 6-10 km/L (dalam kota) ; 8-12 km/L (luar kota) *perkiraan.
  • Transmisi: 5-speed manual, 4-speed otomatis.
  • Suspensi: Depan independent double wishbone, belakang rigid axle/per daun
  • Rival : Toyota Kijang Kapsul, Isuzu Panther, dan Toyota Innova (khusus Kuda gen3).

Harga Mitsubishi Kuda
Banyaknya tipe dan jenis mesin yang dilempar ke pasaran membuat harganya cukup variatif. Dengan menyiapkan budget sebesar 60 juta saja, sebuah Kuda bensin 1,6 liter tahun rendah dapat dibawa pulang. Jika ingin merasakan sensasi ketangguhan diesel, siapkan uang sebesar 80 juta saja. Selebihnya, harga paling mahal mencapai 100 - 120 jutaan untuk tipe Grandia keluaran 2003 - 2005 baik itu bermesin bensin 2.0 liter atau bermesin diesel 2.5 liter dengan transmisi manual dan otomatis.

Kelebihan Mitsubishi Kuda
  • Harga murah.
  • Tenaga mesin bensin cukup besar.
  • Torsi di atas rata-rata.
  • Mesin diesel cukup senyap, jauh dari kata berisik.
  • Ketangguhan mesin.
  • Pandangan pengemudi cukup luas.
  • Mesin bandel dan responsif.
  • Perawatan mudah.
  • Sparepart murah karena untuk varian 1.6 dapat menggunakan suku cadang dari T120SS sedangkan varian diesel dari L300.

Kekurangan Mitsubishi Kuda
  • Minus fitur keselamatan.
  • Fitur kabin banyak dipangkas pada model bawah.
  • Kabin sangat sempit.
  • Kualitas interior biasa saja.
  • Mesin diesel belum dibekali turbo.
  • Harga jual kembali cukup rendah.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga serta keunggulan dan kelemahan Mitsubishi Kuda dari gen1, gen2 hingga gen3. Sebagai saran, pilihlah Kuda Diesel gen2 tipe Grandia karena model ini cukup nyaman untuk penggunaan sehari-hari. Selain tampang depannya yang sangat proporsional, fitur di dalam kabinnya pun tidak jauh berbeda dengan gen3. Semoga membantu. Baca juga:

3 komentar

Bali Kudacomunity delete August 29, 2016 at 3:27 PM
Komentar anda telah dihapus!
Bali Kudacomunity delete August 29, 2016 at 3:38 PM

dikoreksi, untuk biaya perawatan dan part cukup murah karena Bensin 1.6 sama percis dengan T120SS dan versi diesel sama percis dengan L300 itupun pemakaian part yang OEM KTB, sedangkan kwalitas material bodi dan sasis lebih tebal dan kuat, di bandingkan kompetitor sejenis di tahun yang sama baik kijang ataupun panther, tanya tukang getok bodi (magig) kalau ndak keblenger benerin bodi kuda

Rijal Hidayat delete August 30, 2016 at 2:22 PM

Terima kasih sudah dikoreksi mas, artikel akan segera saya perbaiki.