Kelebihan dan Kekurangan Mazda 626 Capella

Kelebihan dan Kekurangan Mazda 626 Capella

Ulasan Spesifikasi dan Harga Mazda 626 Capella -  Mazda 626 Capella adalah sebuah sedan berukuran menengah yang diproduksi oleh Mazda pada tahun 1988. Mobil ini diedarkan di Indonesia hingga tahun 1992 menggunakan dua layout yang berasal dari platform Mazda GD, yaitu sedan empat pintu dan hatchback lima pintu. Selanjutnya digantikan oleh Mazda Cronos.

Peredarannya di pasar lokal tidak begitu bagus jika dibandingkan para rivalnya yang juga berasal dari Jepang, sebut saja seperti Honda Accord Prestige dan Mitsubishi Eterna, namun satu tingkat lebih baik dari Toyota Corona Twincam Ex.Saloon. 

Eksterior Mazda 626 Capella
Mazda Capella dengan kode GD dapat dikenali dengan mudah dari lampu depannya yang berbentuk panjang. Untuk sekelas sedan pembuka tahun 90-an, kontur bodynya terlihat menarik. Elegan dan sporty mampu disajikan secara apik dalam satu paket. 
Eksterior Mazda 626 Capella Restorasi
Eksterior Mazda 626 Capella Sedan
Sedangkan pada bagian belakangnya, stoplamp yang diusung terlihat sangat mirip dengan Accord Maestro, dimana kedua lampu mengapit dudukan nomor polisi. Untuk lebih lengkapnya silakan mencari di google.
Eksterior Mazda 626 Capella Modifikasi
Eksterior Mazda 626 Capella Sedan
Beralih ke model hatchback, tidak banyak yang berbeda kecuali pada bagian belakang. Meskipun diberi nama hatchback, namun rasanya mobil ini lebih cocok diberi nama liftback. Karena sebagaimana yang kita tahu, setiap model hatchback tidak memiliki bagasi yang menonjol ke belakang selayaknya sebuah sedan.
Eksterior Mazda 626 Capella Restorasi
Eksterior Mazda 626 Capella Hatchback
Sedangkan liftback masih berbentuk sedan, yang berbeda adalah tutup bagasi menyerupai pintu dimana kita dapat mengakses ke ruang penumpang belakang secara mudah tanpa terhalang oleh kaca. Selebihnya, terdapat tambahan garnis di atas dudukan nomor polisi yang memanjang dari kiri hingga ke kanan.
Eksterior Mazda 626 Capella Modifikasi
Eksterior Mazda 626 Capella Hatchback
Interior Mazda 626 Capella
Masuk ke dalam kabin, Anda akan disambut oleh nuansa mewah sedan khas pembuka era 90-an. Di kelasnya, tak banyak mobil yang mampu menawarkan kemewahan seperti ini. Kabinnya cukup luas untuk menampung 5 orang penumpang dewasa bahkan yang berpostur tinggi sekalipun. Pada konsol tengah, terdapat kisi-kisi AC, dibawahnya ada kontrol AC berupa model geser dan terakhir, tape diposisikan pada posisi paling bawah di atas konsol box.

Interior Mazda 626 Capella
Interior Mazda 626 Capella
Aspek kelistrikan yang sangat jarang dijumpai dari mobil lain dan telah hinggap di mobil ini adalah speedometer digital. Mungkin banyak pemilik yang mengganti speedometer ini ke model jarum karena perawatannya sedikit lebih mahal daripada menggantinya dengan model jarum, mengingat umut Mazda 626 Capella sudah tak muda lagi.
Panel Instrumen Digital Mazda 626 Capella
Panel Instrumen Digital Mazda 626 Capella
Selain speedometer digital, terdapat fitur canggih lainnya yang biasanya hanya hadir pada sedan mewah eropa, yaitu Automatic Adjustable Suspension. Suspensi dapat diatur secara elektrik melalui 3 tombol yang berada di sebelah kanan bagian bawah pengemudi. Mode yang dapat dipilih antara lain Soft, Normal dan Sport.
Panel Suspensi Elektrik Mazda 626 Capella
Panel Suspensi Elektrik Mazda 626 Capella
Kinerja dan Performa Mesin Mazda 626 Capella
Mazda Capella GD diberkahi oleh mesin karburator seri FE berkapasitas 2.0 liter / 2.000 cc SOHC dengan konfigurasi 4 silinder 12 katup. Artinya, terdapat 3 katup pada setiap silindernya. Tenaga yang mampu diproduksi yaitu sebesar 107 HP pada 5.300 RPM dan torsi 164 Nm pada 3.300 RPM. Mesin yang memiliki rasio kompresi sebesar 10:1 ini dicangkokkan dengan transmisi manual 5 percepatan.
Foto Mesin Mazda 626 Capella
Foto Mesin Mazda 626 Capella
Impresi dan Handling Mazda 626 Capella
Berkat adanya pengaturan suspensi secara elektrik, maka handling mobil ini cukup nyaman karena tingkat kekerasannya dapat digonta-ganti sesuai karakter pengemudi melalui tombol khusus yang telah disebutkan di atas. Sebagai catatan, pengaturan ini hanya berlaku untuk suspensi belakang. Selebihnya, handling ketika bermanuver di tikungan cukup baik.

Spesifikasi Mazda 626 Capella
  • Mesin : Seri FE karburator 2.0 liter 4 silinder segaris 12 katup SOHC.
  • Tenaga : 107 HP @5.300 RPM.
  • Torsi : 164 Nm @3.300 RPM.
  • Bore x stroke : 86 mm x 86 mm.
  • Rasio kompresi : 10:1.
  • Konsumsi BBM : 6-8 km/L (dalam kota) ; 9-11 km/L (luar kota).
  • Transmisi : manual 5 percepatan ; matic 4 percepatan (langka).
  • Suspensi : depan dan belakang double wishbone.
  • Rival : Honda Accord Prestige, Mitsubishi Eterna dan Toyota Corona Twincam Ex.Saloon. 

Harga Mazda 626 Capella

Di pasaran, mobil ini memiliki harga yang sangat fantastis bagi Anda yang berkantong tipis. Biasanya dijual di rentang harga 20 - 40 juta tergantung kondisi. Pastikan memilih unit terawat, jangan hanya tergiur dengan tahun tinggi.

Kelebihan Mazda 626 Capella
  • Nyaman.
  • Handling bagus.
  • Tenaga dan akselerasi mumpuni.
  • Kabin luas.
  • Banyak fitur elektrik.
  • Perawatan mudah karena belum injeksi.
  • Pajak murah, 500 ribu/tahun.
  • Setir sangat ringan.

Kekurangan Mazda 626 Capella
  • Boros.
  • Sparepart terbatas di pelosok daerah.
  • Harga jual kembali rendah.
  • Sulit menemukan unit dengan kondisi bagus.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Mazda 626 Capella. Sedikit tambahan, pilihlah model hatchback karena peredarannya di Indonesia cukup banyak jika dibandingkan model sedan. Semoga membantu. Baca juga :