Kelebihan dan Kekurangan Toyota All New Innova 2016

Kelebihan dan Kekurangan Toyota All New Innova 2016

Ulasan Spesifikasi dan Harga All New Kijang Innova - Toyota All New Innova merupakan generasi terbaru dari keluarga Toyota Kijang yang dilaunching secara perdana pada Desember 2015 silam. Trim yang dikenalkan antara lain tipe G (terendah), tipe V (menengah) dan tipe Q (tertinggi). Sebagai generasi terbaru, pemberian nama Innova sejak 2004 sepertinya membuat mobil ini sepertinya tidak lagi mewarisi nama Kijang yang terkenal dapat dijangkau oleh setiap kalangan. Dengan kata lain, tahta Kijang lebih cocok disanding oleh Avanza karena harganya yang terjangkau. 

Peredaran Innova di Indonesia sendiri sebagai kasta menengah di antara Avanza dan Fortuner sudah sangat tenar dan digadang-gadang akan menjadi pesaing berat bagi Honda Freed, Mazda Biante, Nissan Serena, dan Kia All New Carens. Pada versi terbaru ini, sasis ladder frame yang digunakan berupa hasil adopsi dari Toyota Hilux, dipadukan dengan dimensi yang lebih bongsor dari Innova gen1. Alhasil berdampak positif pada ruangan kabin. Ketangguhannya pun sangat teruji pada pendahulunya yang sangat cocok di berbagai medan kecuali offroad berkat ground clearancenya yang tinggi. 

Eksterior Toyota Innova 2016 Bensin & Diesel
Versi terbaru Innova ini memiliki perubahan yang sangat signifikan terhadap styling eksterior untuk memberikan tampilan yang lebih modern. Stylingnya sendiri seakan terinspirasi oleh saudaranya Toyota Fortuner 2016 dengan ground clearance tinggi. Desain depan mampu memancarkan penampilan lebih agresif ditambah dengan grill depan berukuran besar yang disisipkan sebuah badge Toyota di tengahnya. Seluruh komponen luar meliputi bumper, lampu depan dan belakang tak luput dari sasaran desain ulang. Sehingga tampak lebih modern dan "kekinian".
Eksterior Toyota Innova 2016

Untuk lampu depan, Innova teranyar ini mengandalkan desain trapesium sipit dengan bonnet yang panjang. Benar-benar berbeda dengan Innova terdahulu. Pada varian G dan V, headlamp menggunakan multireflektor terpisah antara lampu utama, high beam, dan lampu senja. Tipe Q sebagai tipe tertinggi telah mengadopsi headlamp LED proyektor dan DRL. Sedangkan lampu sign / sein dipasang di bumper untuk semua trim, seperti Kijang Super.

Eksterior Belakang Toyota Innova 2016

Beralih ke bagian belakang. Sesuatu hal yang kurang disukai karena pilar D berbentuk runcing dan meninggalkan ruang kosong yang cukup besar di bawahnya. Selain itu, desain kurang kreatif terlihat dari penggunaan stoplamp yang hampir menyerupai Honda HRV. Berdasarkan brosur, Innova teranyar ini memiliki dimensi panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1795 mm, dan wheelbase 2.750 mm.

Interior Toyota Innova 2016 Bensin & Diesel
Di bagian dalam, MPV kelas menengah dari Toyota ini mengedapankan dashboard dengan kelengkapan fitur yang sangat memadai. Dashboard pada varian menengah menggunakan skema two-tone dengan sisipan aksen perak, untuk tipe Q berupa aksen wood panel minus two-tone, sedangkan tipe terendah hanya mengandalkan skema hitam sehingga kabin tampak gelap. Untuk membuat suasana lebih menarik dan mewah, setiap tipe Innova telah dilengkapi dengan ambient light berwarna biru.
Interior Toyota Innova 2016 Ambient light

Untuk fitur lainnya berupa sistem infotainment telah diupgrade total, dimana telah mengadopsi CD player android 7 inch (tipe G dan V) serta 8 inch (tipe Q) dengan dukungan layar sentuh plus beragam koneksi seperti Bluetooth, i-Pod, HDMI, radio dan Miracast wireless yang berguna untuk menampilkan layar smartphone di LCD. Satu fitur unggulan yang tidak ada pada gen sebelumnya adalah meja di belakang kursi baris pertama yang dapat menahan beban hingga 10 kg.
Interior Kabin Toyota Innova 2016

Tak lupa pula, roda kemudi / setir juga tak luput dari upgrade, kontrol terintegrasi plus perintah suara disediakan untuk semua varian. Sayangnya kualitas material yang digunakan terlihat biasa saja. Khusus untuk tipe Q mendapatkan fitur tambahan seperti layar TFT untuk MID, smart entry dengan push button start dan sistem pendingan dual climate control. 
Setir Toyota Innova 2016 Interior

Poin tambahan yang menjadikan Innova sebagai primadona adalah visibilitas dari sisi pengemudi yang sangat baik. Blindspot nyaris tidak ada. Meskipun bonnetnya panjang, namun pengemudi dapat memprediksi setiap gerakan yang ada di depan. Sepasang spion yang luas memungkinkan driver untuk memantau profil setiap sisinya dengan leluasa. Selebihnya, legroom dan headroom pengemudi bukanlah menjadi masalah sekalipun memiliki postur badan di atas rata-rata.

Kinerja dan Performa Mesin Toyota All New Innova 2016
Pada bagian dapur pacu, Toyota menyediakan pilihan mesin bensin dan diesel. Mesin bensin 1TR-FE DOHC Dual VVT-i berkapasitas 2.0 liter memiliki tenaga 137 HP pada 5.600 RPM dan torsi 183 Nm pada 4.000 RPM. Mesin ini sama dengan yang digunakan oleh Innova sebelumnya hanya saja dengan adanya penambahan Dual VVTi untuk mesin bensin, maka efisiensi bahan bakar dapat ditekan seirit mungkin.
Mesin Bensin Toyota All New Innova 2016

Sementara itu untuk varian mesin diesel, Toyota mengganti mesin 2KD dengan 2GD. Mesin baru hasil riset Toyota ini telah mendapatkan Variable Nozzle Turbo (VNT) yang membuat tenaga 147 HP pada 3.400 RPM dan 342 Nm torsi pada 1.200 - 2.800 RPM untuk transmisi manual. Sedangkan untuk transmisi otomatis memiliki torsi 360 Nm di rentang putaran mesin yang sama. 
Mesin Turbodiesel Toyota All New Innova 2016

Kedua pilihan mesin menggunakan konfigurasi 4 silinder segaris 16 katup yang dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan serta transmisi otomatis triptonic sequiental 6 percepatan. Senuah penambahan turut hadir ke bagian mesin dimana gaya berkendara dapat diganti antara eco, normal dan power mode.

Performa kedua jenis tipe mesin tergolong bagus. Pada mesin bensin, akselerasi yang dihasilkan dari putaran bawah hingga putaran menengah dapat diraih dengan mudah. Sedangkan pada mesin diesel, akselerasi dibantu oleh turbo mulai dari putaran 1.500 RPM dan torsi melimpah pada putaran menengah. Sayangnya, mesin diesel suaranya sedikit berisik dan hampir menyerupai mesin diesel pada Innova sebelumnya.

Impresi dan Handling Toyota All New Innova 2016
Toyota Innova adalah satu-satunya MPV kelas menengah yang masih mempertahankan sasis ladder frame di kelasnya. Sedangkan para rivalnya telah beralih ke monokok. Sasis jenis ladder frame memang terkenal kurang nyaman jika dibandingkan monokok namun memiliki nilai lebih karena selain tangguh terhadap jalanan yang kurang rata, mobil dapat disandingkan dengan ground clearance yang tinggi. 

Sebagai MPV primadona di tanah air, Innova terbaru ini mampu menawarkan kenyamanan maksimal bagi semua penumpang. Luas kabin baris kedua dan ketiga lebih baik dari Innova lawas. Tak tanggung-tanggung, penumpang belakang juga dapat mengatur AC sesuai keinginan karena setiap trim mendapatkan dual climate control sebagai standar. Kenyamanan semakin bertambah karena tempat penyimpanan botol air turut disediakan pada baris ketiga. 

Pengemudi akan merasakan pengalaman berkendara yang berbeda dari MPV lain pada umumnya. Mesin yang mumpuni tentunya harus diimbangi oleh handling oke. Sayangnya, Innova ini kurang nyaman jika diajak ngebut seorang diri tanpa adanya muatan. Fakta lainnya, body roll sangat terasa dan hampir sama dengan Innova lawas. Selain itu, suspensi depan dari mobil ini terlalu empuk, sehingga pergerakan setir sedikit kurang akurat ketika menghantam jalan bergelombang.

Pada sisi keselamatan, Toyota membenamkan airbag lutut pengemudi depan, ABS dan EBD yang melengkapi semua roda, sensor parkir belakang, sistem antitheft / anti pencurian dan pintu peringatan terbuka. Sayangnya, untuk segi penggeremanToyota masih menggunakan rem tromol / drum untuk bagian belakang yang karakternya hampir menyerupai Innova lawas dengan gigitan rem seadanya. Khusus untuk tipe Q sebagai varian tertinggi telah mendapatkan fitur tambahan untuk keamanan seperti VSC, airbag lutut extra dan curtain, serta Hill Assist Control. 

Spesifikasi Toyota All New Innova 2016
  • Mesin : 2.0 liter bensin dan 2.4 liter 2GD diesel.
  • Tenaga : 137 HP @5.600 rpm (bensin) ;147 BHP @3.400 RPM (diesel). 
  • Torsi : 183 Nm torsi @ 4.000 rpm (bensin) ; 342 Nm @1.200-2.800 RPM (AT = 360 Nm @1.200-2.600 RPM).
  • Bore x Stroke :  92.0 mm x 90.0 mm (diesel) 
  • Rasio kompresi : 15.6:1 (diesel) 
  • Konsumsi BBM : 10-12 km/L (dalam kota) ; 14-17 km/L (luar kota).
  • Suspensi : Depan independent double wishbone, belakang 4-link lateral rod rigid axle.
  • Transmisi : manual 5 percepatan dan matic triptonic sequiental 6 percepatan.
  • Ukuran ban dan velg : tipe G & V : 205/65/R16 ; tipe Q : 215/55/R17
  • Rival : Honda Freed, Mazda Biante, Nissan Serena, dan Kia All New Carens.
  • Penjualan : Desember 2015 - sekarang.

Harga Toyota All New Innova 2016 Bensin
  • G MT -  282 juta.
  • G AT - 302.2 juta.
  • V MT -325.6 juta.
  • V AT - 345.2 juta.
  • Q MT - 364.7 juta.
  • Q AT - 384.8 juta.

Harga Toyota All New Innova 2016 Diesel
  • G MT - 310.1 juta.
  • G AT - 331.6 juta.
  • V MT - 357.5 juta.
  • V AT - 377.3 juta.
  • Q MT - 402.4 juta.
  • Q AT - 423.8 juta.

Kelebihan Toyota All New Innova 2016
  • Tampilan baru dan memukau.
  • Tampak lebih mewah dari Innova gen sebelumnya.
  • Fitur multimedia dan elektronik lebih lengkap.
  • Mesin dan transmisi baru dengan performa lebih bagus.
  • Kenyamanan meningkat.
  • Akomodasi kabin lebin baik.

Kekurangan Toyota All New Innova 2016
  • Suara mesin kasar pada putaran tinggi (diesel).
  • Kabin kurang kedap.
  • Panel AC kurang modern.
  • Desain belakang dan samping terlihat kurang atraktif.
  • Kualitas material kabin biasa saja.
  • Harga terlalu mahal.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Toyota All New Innova 2016. Intinya, MPV andalan Toyota selain Avanza ini sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan upgrade dari Innova lama. Hanya saja, harga yang ditawarkan terlalu mahal dan tidak sepadan dengan fitur unggulannya. Baca juga :

4 komentar

Aloysius Sugiyanto delete July 26, 2016 at 8:50 PM

Mantaaapp...ulasannya, saya setuju banget !.

Rijal Hidayat delete July 29, 2016 at 4:08 PM

Terima kasih udah mampir di blog sederhana ini :)

Unknown delete October 27, 2016 at 6:23 AM

terima kasih ulasannya... bisa kasih saran untuk mobil seken City Car yang harga kurang dari 100 jt?

Rijal Hidayat delete October 27, 2016 at 2:57 PM

Kriteria utamanya begimana mas?