Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Strada L200

Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Strada L200

Ulasan Spesifikasi dan Harga Mitsubishi Strada  L200 - Generasi ketiga dari seluruh jajaran pick-up tangguh Mitsubishi ini pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2002. Di tanah air, mobil ini menjadi generasi pertama untuk nama Strada L200, karena pendahulunya sama sekali belum masuk secara resmi. Pada saat itu, pemain pick-up dengan mengusung bonnet depan masih sangat sepi, hanya Ford dengan produk andalannya yaitu Ford Ranger yang menjadi rival sengit. Rentang penjualannya diteruskan hingga tahun 2006 lalu digantikan oleh Strada Triton.

Berselang beberapa tahun, Mitsubishi mampu menguasai pasar pick-up pekerja keras berkat produk andalannya ini. Keberhasilan ini mampu diraih karena kepercayaan para investor pertambangan dan perkebunan yang membutuhkan sebuah mobil tangguh yang mampu menjelajahi medan terjal. Daya jelajah mobil ini sendiri terbilang cukup luas. Ground clearance yang tinggi menjadi ciri khas dari mobil ini.

Eksterior Mitsubishi Strada L200
Satu hal yang baik tentang truk ini adalah desain luarnya. Desain kekar dan macho terlihat sangat menarik. Fender besar turut dipasangkan pada setiap roda. Sepasang headlamp multi-reflektor berbentuk trapesium dengan sudut bulat menjanjikan cahaya dapat dipantulkan secara maksimal. Sebuah lubang ventilasi dipasangkan pada bagian bonnet yang menandakan tipe turbo. Sedangkan model non turbo tidak dilengkapi lubang ventilasi. Selain itu, bak belakang juga tergolong luas. Tak ayal mobil ini juga sering digunakan oleh beberapa organisasi kemanusiaan untuk mengantar kebutuhan logistik di tempat terpencil.
Eksterior Mitsubishi Strada L200

Interior Mitsubishi Strada L200
Sebagaimana biasanya, jangan pernah berharap lebih untuk fitur sebuah mobil pekerja keras. Interiornya terlihat biasa saja dan minim fitur. Fitur multimedia yang disediakan untuk unit tertinggi sekalipun hanya dilengkapi oleh Tape dan Radio FM. Selebihnya, tombol konsol dan switch di dashboard mudah dijangkau oleh pengemudi. Sebuah sistem navigasi konvensional turut dipasangkan di atas dashboard sebagai sarana pelengkap. Sayangnya, meskipun kursi nyaman namun posisi mengemudi sedikit agak canggung karena sudut kemudi dan posisi tempat duduk terbatas untuk diatur.
 Interior Mitsubishi Strada L200

Performa dan Kinerja Mesin Mitsubishi Strada L200
Untuk Strada L200, kedua sistem penggerak baik itu 4x4 dan 4x2 menggunakan mesin yang sama, yaitu mesin diesel 4D56 berkapasitas 2,5 liter 4 silinder segaris 16 katup. Yang membedakan keduanya yaitu versi 4x4 dilengkapi turbo intercooler sedangkan 4x2 tidak. Output daya versi non turbo hanya sebatas 74 HP. 
Mesin Mitsubishi Strada L200

Sedangkan versi turbo memiliki tenaga lebih, sekitar 100 HP pada 4.200 RPM dan 245 Nm torsi pada 2.000 RPM. Meskipun outputnya rendah, namun mesin ini dapat bersaing dengan mobil-mobil lain dalam hal mencapai kecepatan 100 km / jam. 
Mesin Mitsubishi Strada L200 Turbo Intercooler


Impresi Berkendara dan Handling Mitsubishi Strada L200
Jangan pernah mengharapkan kenyamanan dari mobil ini. Meskipun suspensi depan telah menganut double wishbone namun suspensi belakangnya masih sebatas per daun. Suspensi ini hanya akan cocok digunakan untuk mendaki perbukitan. Kenyamanan sedikit bertambah jika barang bawaan Anda banyak karena bantingan dapat sedikit tereduksi. Selanjutnya handling. Handling Strada L200 cukup baik untuk melakukan manuver ringan. Tapi ingat, ground clearance yang tinggi cenderung akan menimbulkan gejala understeer biasa dan body roll melebihi dari sebuah SUV.

Spesifikasi Mitsubishi Strada L200
  • Mesin : 4D56 2.5 liter intercooler. (non intercooler tidak dilampirkan).
  • Tenaga : 100 HP @4.200 rpm
  • Torsi: 245 Nm @2.000rpm
  • Konsumsi bahan bakar: 6-8 km/L (dalam kota), 9-12 km/L (luar kota)
  • Transmisi : 5-speed manual, 4-speed otomatis (khusus unit CBU)
  • Suspensi : Depan independent double wishbone, belakang rigid axle dengan per daun.
  • Rival : Nissan Frontier dan Ford Ranger.
  • Penjualan : 2002-2006.

Harga Mitsubishi Strada L200
  • Double Cabin : 100 - 130 Juta.
  • Mega Cabin : 70 - 80 Juta.
  • Single Cabin : 50 - 60 Juta.

Kelebihan  Mitsubishi Strada L200
  • Daya jelajah.
  • Kemampuan offroad.
  • Daya angkut besar.

Kekurangan Mitsubishi Strada L200
  • Sama sekali tidak nyaman.
  • Susah diparkir.
  • Boros.
  • Limbung.
  • Ground clearance terlalu tinggi, sulit dinaiki anak-anak.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga serta keunggulan dan kelemahan Mitsubishi Strada L200. Jika Anda menginginkan sebuah truk pengangkut kemampuan offroad dan bukan untuk membawa keluarga. Mobil ini adalah kandidat yang paling cocok. Semoga berkenan. Baca juga :