Kelebihan dan Kekurangan Toyota Corona Absolute

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Corona Absolute

Ulasan Spesifikasi dan Harga Corona Absolute - Toyota Corona Absolute yang akrab disapa dengan nama Corabs merupakan sedan versi mewah yang diluncurkan satu tingkat di atas Great Corolla dalam waktu bersamaan. Pelucurannya dilakukan pada bulan Maret 1992 dengan 4 model dan 2 tipe mesin yang dirakit secara lokal. Meskipun kesan yang dibawanya lebih baik dari Great Corolla, namun mobil ini kurang diminati di Indonesia. Di pasar lokal, mobil ini menjadi rival dari Honda Accord Cielo, Galant Lele dan juga Mazda Cronos. 

Penjualannya dilakukan hingga tahun 1998 lalu digantikan oleh Toyota Camry pada tahun 2000. Model dengan kode body ST190 ini merupakan generasi terakhir dari Corona yang hadir secara resmi di Indonesia. Di kepulauan bebas seperti Batam dan Sabang, terdapat model lain dari Corona Absolute yaitu Corona Premio yang merupakan mobil ex-Singapore. Maka jangan heran jika suatu saat bisa saja ada yang menawari Anda Corona Premio yang desainnya jauh berbeda.

Eksterior Toyota Corona Absolute
Sebagai pemain segmen sedan kelas atas, pastinya kontur body harus mengikuti desain yang sedang populer pada saat itu yaitu berukuran bongsor dan aerodinamis. Desain body luarnya seperti terinspirasi dari sedan Eropa meskipun kesan Jepang masih terasa. Model keluaran awal 1992 - 1994 dapat dikenali dengan mudah dari bagian belakang karena masih menggunakan garnish di bagasi dan dudukan pelat nomor diletakkan pada bumper sama halnya seperti Great Corolla. Sedangkan model facelift keluaran tahun di atas 1995 posisi garnish digantikan oleh pelat nomor. Selain itu, model facelift telah dilengkapi dengan trim hitam pada bumper depan dan belakang untuk menambah aura sporty.
Eksterior Corona Absolute Modifikasi

Interior Toyota Corona Absolute
Beranjak ke dalam kabin, ciri khas Toyota sangat melekat dari desain dashboard dan panel instrumen. Dimana pengaturan tombol dapat dilakukan dengan mudah karena jarak tombol ini masih berada dalam jangkauan pengemudi. Konsol tengah terlihat lebih padat dan berisi jika dibandingkan Great Corolla. Fitur yang hadir tidak jauh berbeda dari Great Corolla kecuali adanya ECT (Electronic Control Transmission) pada transmisi matic. Pada eranya, fitur ini bisa dikatakan cukup canggih, bahkan pada sedan termewah Toyota Crown belum mengusung fitur yang satu ini. Secara keseluruhan, ruangan kabin sangat luas dan lapang. Legroom dan headroom adalah kelebihan utamanya. Sayangnya, visibilitas pengemudi sedikit berkurang karena posisi kursi terlalu rendah.
Interior Toyota Corona Absolute

Mesin Toyota Corona Absolute
Di tanah air, mobil ini hadir dengan menggunakan dua tipe mesin yang berbeda kapasitas. Mesin pertama mengusung 4A-FE berkapasitas 1,6 liter yang juga digunakan pada Greco. Perbedaannya hanya pada radiator saja. Tenaga yang dapat diciptakan sekitar 113 HP pada putaran 3.600 RPM dan torsi puncak 137 Nm pada putaran 4.800 RPM. Cukup lemah untuk menopang bobotnya yang berat. Corona bermesin Greco ini cukup langka dipasaran, seperti Great Corolla yang bermesin 1,3 liter. 
Mesin Corona Absolute 1,6
Mesin Corona Absolute 1,6
Jika masih dirasa kurang, Anda dapat memilih opsi mesin 3S-FE yang berkapasitas 2,0 liter. Tenaganya tercatat sebesar 126 HP pada 5.600 RPM dan torsi 177 Nm pada 4.400 RPM. Sebenarnya masih ada Corona versi terkencang pada saat itu yang menggunakan mesin 3S-GTE namun karena sangat-sangat langka sehingga tidak dimasukkan pada ulasan ini.
Mesin Corona Absolute 2,0
Mesin Corona Absolute 2,0
Impresi dan Handling Toyota Corona Absolute
Kenyamanan penumpang adalah keistimewaan dari Corabs. Seperti yang terlah disebutkan di atas. Baris penumpang belakang dapat diisi oleh 3 orang dewasa tanpa berdesakan. Selanjutnya handling, mobil ini mampu melibas berbagai tikungan tanpa mengurangi aspek kenyamanan. Karena pada dasarnya jenis shock ini khusus digunakan untuk menopang bobotnya yang lebih berat dari Greco. Selain itu, bantingannya tergolong lembut.

Spesifikasi Lengkap Toyota Corona Absolute
  • Mesin: 1,6 liter $A-FE dan 2,0 liter 3S-FE.
  • Konfigurasi : 16 katup 4 silinder segaris DOHC.
  • Tenaga : 113 HP @3.600 RPM (1,6) ; 126 HP @5.600 RPM (2,0).
  • Torsi: 137 Nm @ 4.800 RPM (1,6) 177 Nm @ 4.400 RPM (2,0).
  • Konsumsi BBM : 7-9 km/L (dalam kota), 10-12 km/L (luar kota).
  • Transmisi: 5-speed manual, 4-speed otomatis.
  • Suspensi : MacPherson struts independen depan dan belakang.
  • Rival : Honda Accord Cielo, Mitsubishi Galant Lele dan Mazda Cronos.
  • Penjualan: 1993-1999 (produksi sampai 1998).
Harga Toyota Corona Absolute

35 - 40 jutaan untuk mesin 1,6 dan 40 - 60 jutaan untuk mesin 2,0.

Kelebihan Toyota Corona Absolute
  • Bantingan empuk tanpa mengorbankan handling.
  • Mesin bandel.
  • Sangat ntaman.
  • BBM lumayan irit.
  • Stabil pada kecepatan tinggi.
  • Interior dan bagasi sangat luas.
  • Versi 2,0 kencang.

Kekurangan Toyota Corona Absolute
  • Versi 2,0 boros dan sparepartnya mahal.
  • Lebih boros dari Greco karena bobot lebih berat.
  • Power steering sering bocor.
  • Terlalu bongsor.
  • Aksesoris kabin tergolong langka.
  • Harga jual kembali rendah.
  • Speedometer dirubah menjadi analog, sedangkan pendahulunya sudah digital.

Demikian ulasan lengkap megenai review spesifikasi, harga serta keunggulan dan kelemahan Toyota Corona Absolute. Bagi Anda yang lebih mengutamakan kenyamanan dengan dana terbatas, mobil ini adalah jawaban terbaik. Selain itu, biaya perawatannya juga lebih murah dibandingkan Cronos dan Cielo. Baca juga :

2 komentar

Irsyada Fadli delete May 22, 2016 at 11:27 PM
Komentar anda telah dihapus!
Irsyada Fadli delete May 22, 2016 at 11:29 PM

DIJUAL Toyota Corona Absolute 1995 AT Silver
Cekidot... http://adf.ly/1ZvDQV