Kelebihan dan Kekurangan Honda Odyssey Absolute RB1

Kelebihan dan Kekurangan Honda Odyssey Absolute RB1

Ulasan Spesifikasi dan Harga Honda Odyssey Absolute - Honda Odyssey Absolute merupakan MPV kelas atas ciptaan Honda yang sarat akan nuansa mewah untuk melanjutkan kiprah pendahulunya, Honda Odyssey RA6. Dirilis pada bulan Juni 2004, gen ketiga dari Odyssey dengan kode RB1 ini diposisikan satu tingkat di atas Honda Stream. Mobil ini dijual hingga tahun 2008 lalu digantikan oleh Honda Odyssey RB3. Di pasar lokal, mobil ini menjadi pesaing berat dari Mitsubishi Grandis dan Toyota Wish.

Mengapa disebut Odyssey Absolute? Karena tipe inilah yang paling banyak laku di tanah air. Sehingga nama ini begitu melekat. Di pasaran, terdapat banyak tipe yang beredar. Di antaranya yaitu tipe M, tipe L, tipe Absolute, Absolute + dan Absolute ++. (Sumber : Seraya Motor).

Eksterior Honda Odyssey Absolute
Kesan mewah begitu terasa bahkan dari luar. Dimensinya yang sedikit lebih pendek dari RA6 plus adanya lekukan minimalis pada bagian bawah kaca membuatnya kian dinamis. Anda dapat mengenali mobil ini dari jauh dengan mudah karena warna mika lampu depan yang berwarna biru dan ukurannya yang tipis. Warna biru ini dimaksudkan agar warna cahaya yang dipantulkan melalui lampu depan menjadi sedikit lebih putih. 
Eksterior Honda Odyssey Absolute

Berlanjut ke bagian belakang, stoplamp di desain ulang berbentuk segitiga. Sebuah wiper turut disediakan guna menambah visibilitas pengemudi ketika cuaca berkabut ataupun musim hujan. 


Eksterior Honda Odyssey Absolute

Pada bulan Juli 2006, versi facelift dikenalkan kepada publik. Secara visual, Odyssey RB1 facelift dapat dibedakan oleh model grille-nya baru, bumper direvisi, stoplamp baru dengan garnish memanjang, dan adanya lampu indikator pada spion.
Eksterior Honda Odyssey Absolute Facelift

Interior Honda Odyssey Absolute
Bagian yang paling menarik dari mobil ini terdapat pada interiornya. Desain dashboard yang digunakan sangat mewah dan modern, bahkan mampu mengalahkan MPV lain keluaran 2010 ke atas. Pengaturan tata letak tombol pada konsol tengah juga cukup bagus, lembut, mudah dibaca dan yang paling penting mudah digapai oleh pengemudi. Selebihnya, desain roda kemudi plus tombol pengaturan audio dan cruise control seperti Honda Accord CM5. Yang paling menarik, sunroof juga turut hadir sebagai bekal utama pendongkrak penjualan.
Interior Honda Odyssey Absolute

Kinerja dan Performa Mesin Honda Odyssey Absolute
Pada dasarnya, Honda Odyssey adalah sebuah MPV yang menggunakan basis Honda Accord CM5 dan Honda CRV Gen2. Sehingga layout dan mesin yang digunakan sama. Dengan begitu, sparepart dapat saling disubstitusi. Mesin yang terdapat di bawah kap berupa mesin bensin berkapasitas 2,4-liter empat silinder 16 katup. Mesin K24A1 yang dikawinkan dengan transmisi triptonik lima percepatan ini mampu memproduksi daya hingga 160 HP pada putaran mesin 6.000 RPM dan 220 Nm torsi pada 3.600 RPM (tipe L dan M). Sedangkan untuk tipe Absolute, + dan ++ menggunakan mesin K24A2 dan tenaga yang dihamburkan lebih besar, yaitu 200 HP pada 6.800 RPM dan torsi puncak 232 Nm pada 4.500 RPM.

Mesin Honda Odyssey Absolute

Kedua jenis mesin telah mengadopsi Intelligent Variable Valve Timing dan Lift Electronic Control (i-VTEC) dengan Variable Valve Timing Control (VTC) yang berfungsi mengoptimalkan timing intake dalam menanggapi beban mesin. Transmisi matic triptonik lima percepatan didukung oleh fitur Grade Logic control yang bisa menyesuaikan jadwal pergeseran menurut jalan yang dilintasi. Apakah mobil sedang mendaki atau menuruni lereng perbukitan.

Impresi Berkendara dan Handling Honda Odyssey Absolut
Odyssey Absolute mengandalkan suspensi double wishbone pada bagian depan dan belakang, sehingga kenyamanannya hampir menyerupai sebuah sedan. Manuver pada sudut tikungan tajam juga dapat dilakukan dengan mudah karena gejala body roll sama sekali tidak terasa. Hal ini ditambah lagi berkat ground clearance-nya yang begitu rendah. Hanya saja suspensi mobil ini terkenal mahal. Tak lupa pula, Odyssey RB1 ini menggunakan variabel rasio gigi kemudi yang memberikan bantuan lebih besar untuk bermanuver pada kecepatan rendah. Secara keseluruhan, handlingnya hampir menyerupai sedan kompak seperti Civic VTi-S meskipun ukurannya yang begitu bongsor. Sebagai tambahan, hindari memutar roda kemudi secara penuh guna menghindari kebocoran pada power steering.

Spesifikasi Lengkap Honda Odyssey Absolute RB1
  • Mesin : 2,4 liter K24A1 (L dan M) dan K24A2 (Absolute).
  • Konfigurasi : 4 silinder segaris 16 katup i-VTEC DOHC.
  • Tenaga : 160 HP @6.000 RPM (L dan M) ; 200 HP @6.800 RPM (Absolute).
  • Torsi : 220 Nm @3.600 RPM(L dan M) ;  232 Nm pada @4.500 RPM (Absolute).
  • Konsumsi BBM : 5-7 km/L (dalam kota) ; 8-10 km/L (luar kota).
  • Bore x Stroke : Sama-sama 87 mm x 99 mm.
  • Rasio kompresi :  9.6:1 (L dan M) ; 10.5:1 (Absolute).
  • Transmisi : matic triptonic 5 percepatan.
  • Suspensi : Depan dan belakang double wishbone.
  • Rival : Mitsubishi Grandis dan Toyota Wish.
  • Penjualan : 2004 - 2008.

Harga Honda Odyssey Absolute RB1
Tahun 2004 : 140 jutaan.
Tahun 2005 : 150 - 165 Juta.
Tahun 2006 : 170 - 187 Juta.
Tahun 2007 : 200 - 218 Juta.
Tahun 2008 : 225 - 240 Juta.

Harga tersebut merupakan harga taksiran yang beredar di berbagai situs penjualan mobil bekas. Jadi bisa saja berubah-ubah sesuai kondisi mobil ketika dilakukan pengecekan. Harap dicatat, untuk tipe L biasanya lebih murah 20 jutaan dari harga di atas sedangkan tipe M lebih murah 10 jutaan.

Kelebihan Honda Odyssey Absolute RB1
  • Image mewah.
  • Tampilan long lasting.
  • Sangat nyaman.
  • Kabin luas.
  • Tenaga responsif.
  • Harga jual kembali masih tinggi.
  • Suku cadang dapat disubstitusi.
  • Fun to drive.

Kekurangan Honda Odyssey Absolute RB1
  • Terkenal boros.
  • Terlalu ceper sehingga sulit digunakan ke luar kota yang jalannya banyak berlubang.
  • Harga suku cadang mahal.
  • Perawatan mahal.
  • Transmisi dan power steering rentan rusak.
  • Sistem kelistrikan membutuhkan biaya ekstra untuk perbaikan.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga serta keunggulan dan kelemahan Honda Odyssey Absolute RB1. Jika membicarakan kualitas, mobil ini adalah rajanya. Dengan segenap kelebihannya, Topgir rasa mobil ini sangat cocok untuk Anda yang mengingikan aura sedan mewah dalam sebuah MPV. Semoga bermanfaat. Baca juga :

11 komentar

shahrizal zakaria delete July 12, 2016 at 11:35 AM

ass.kereta tahun 2005 2nd ada masaalah ke ?odc?,pakar atau penguna boleh kongsi ilmu sikit/

shahrizal zakaria delete July 12, 2016 at 11:37 AM

atau boleh cadangkan pada saya keburukan/kelemahan odc tahun2004 hingga 2006

shahrizal zakaria delete July 12, 2016 at 11:39 AM

apa bezanya absolute japan spec dgn absolute biasa

shahrizal zakaria delete July 12, 2016 at 11:42 AM

harga bayaran bulaanan lebih kurang dengan exora/wish/odc yg 2nd boleh bagi pendapat sikit abang2 otai odc

Rijal Hidayat delete July 12, 2016 at 1:14 PM

Om Syahrizal dari Malaysia ya?
Untuk perawatan mungkin Exora paling murah krn sparepart di Malaysia lebih terjamin. Selanjutnya ada Odyssey dan paling mahal perawatannya Toyota Wish.

Untuk beda spek antara Odyssey Jepang dan Absolute biasa saya belum tahu krn referensi di internet kurang banyak om. Makasih udah mampir di blog sederhana ini :)

shahrizal zakaria delete July 14, 2016 at 4:14 PM

terima kasih rijal baru nak merasa/tapi tak tahu mana mahu pilih/takut silap pilih merana diri...

shahrizal zakaria delete July 14, 2016 at 4:20 PM

boleh bagi ideal exora/wish2.0/odc mana yang agak cucuk dari segi kos rawatan dan kekerapan rosak.kepada siapa yg pernah memakai honda stream 2.0/toyota wish 2.0/odc rb1 boleh kongsi kelemahan dan kejantananya di jalan raya.segala tip pemilihan kereta 2nd untuk model ini.terima kasih

shahrizal zakaria delete July 14, 2016 at 4:29 PM

overal dari tiga ini yg mana harus pakai kos bayaran lebih kurang tiap bulan 2nd..otai otai tolong cikit

Rijal Hidayat delete July 15, 2016 at 8:31 AM

Kalau di Indonesia (saya kurang tau di Malaysia gimana), dari segi maintenance cost yang paling rendah - tinggi :
1. Exora
2. Stream
3. Odyssey
4. Wish

shahrizal zakaria delete July 15, 2016 at 8:47 PM

tq otai/rijal pakai odc ke

shahrizal zakaria delete July 15, 2016 at 8:52 PM

dari cerita kawan2 rijal yang mana kereta kurang bagi masaalah dan power.