Kelebihan dan Kekurangan Honda HR-V

Kelebihan dan Kekurangan Honda HR-V

Ulasan Spesifikasi dan Harga Honda HR-V - Honda HR-V pertama kali memulai debutnya di Asia khusunya di Indonesia yang merupakan model baru pada line-up Honda. Rancangan desain yang digunakan berupa Crossover / SUV berukuran kompak. Sebagai model baru dari pabrikan yang cukup terkenal, tampaknya, HR-V akan menjadi model yang paling signifikan di masa depan Honda. Meskipun beberapa penggemar Honda mungkin tidak sepenuhnya menghargai tujuan keunikan dan desain yang diusungnya.

Honda HR-V diperkenalkan kepada publik Indonesia pada pertengahan tahun 2015 dengan 2 varian dan 4 tipe. Varian pertama menggunakan mesin berkapasitas 1,5 liter hasil adopsi dari Honda Jazz GK5 dan Honda City GM6. Tipe-tipe untuk mesin mungil ini ada 3, antara lain tipe A, S dan E. Sedangkan varian lainnya yaitu Prestige menggunakan mesin berkapasitas 1,8 liter yang juga digunakan pada Honda Civic FB. Pada segmennya, mobil ini akan melawan para kompetitornya seperti Ford Ecosport, Mazda CX-5, Hyundai Creta, Chevrolet Trax, Toyota Rush dan Nissan Juke.

Eksterior Honda HR-V
HR-V adalah sebuah mobil Crossover multi-dimensi yang menggabungkan daya tarik mobil stylish dan ketangguhan dari sebuah SUV. Desain yang digunakan berupa garis konsep coupe yang dimasukkan ke dalam rancangan SUV kompak. Sporti dan sedap dipandang mata. Penerapan grill tunggal yang dinamakan Solid Wing Face yang menyatu dengan headlamp mampu memberikan kesan maskulin. Beberapa tambahan yang disematkan antara lain antena sirip hiu pada bagian atas, garnis fender, garnis bumper depan trim di bawah bumper.

Eksterior Honda HR-V Modifikasi

Di belakang, lekukan aerodinamis hampir menyerupai Honda CR-V gen3. Perbedaannya hanya terletak pada desain lampu yang memanjang ke samping, sedangkan CR-V menjulang ke atas. Pada bagian belakang, gagang pintu yang digunakan terlihat sama dengan Nissan Juke karena letaknya di atas. Mungkin ini akan menyulitkan bagi anak-anak yang ingin membuka pintu sendiri.

Eksterior Honda HR-V Modifikasi

Interior Honda HR-V
Interior memiliki desain yang bersih dan fungsional, dengan kursi yang nyaman hingga ke baris kedua. Kursi dan bagasi yang diusungnya sangat mengejutkan karena bisa dikatakan cukup luas untuk sebuah crossover yang notabene lebih kecil dari SUV. Kursibelakang dapat dikonfigurasikan dalam banyak cara, sehingga dapat menampung barang bawaan tambahan secara maksimal. Fleksibilitas ini adalah titik kelebihan besar bagi mereka yang berharap untuk mengangkut banyak hal, misalnya, peralatan olahraga, barang belanjaan, dll.

Interior Honda HR-V

Hampir setiap permukaan interior HR-V menggunakan plastik skema hitam. Mulai dashboard, panel konsol, setir hingga ke kursi. Kesan yang ditimbulkan adalah interior yang kurang berkualitas. Namun hal ini bukanlah masalah, karena fitur multimedia yang disematkan di dalamnya cukup bagus yaitu head unit dengan touchscreen beresolusi tinggi. Adapun tombol volume yang disediakan pada roda kemudi akan membantu Anda mengatur volume tanpa harus mengaturnya langsung melalui tombol fisik audio. Terakhir, HR-V dilengkapi dengan sistem rem parkir elektrik, yaitu tombol rem parkir menggantikan tuas tradisional.

Garis atap rendah yang membuat Honda HR-V terlihat sporty dari luar sepertinya memberikan pengaruh negatif ke bagian kabin. Bukan tanpa sebab, karena orang yang memiliki postur lebih dari 175 cm harus sedikit membungkuk ketika akan masuk ke kursi pengemudi atau kursi penumpang depan.

Kinerja dan Performa Mesin Honda HR-V
Berbicara tentang mesin, SUV kompak ini disediakan dengan dua jenis mesin seperti yang telah disebutkan pada permulaan artikel di atas. Mesin pertama berkapasitas 1,5 liter / 1500 cc yang juga digunakan pada Honda Jazz GK5. Mesin ini yang dicangkokkan dengan transmisi matic CVT dan manual 6 percepatan ini dapat menyemburkan daya maksimum hingga 120 HP pada putaran 6.600 RPM dan torsi 145 Nm pada 4.600 RPM. 

Mesin Honda HR-V 1,5 liter

Sedangkan opsi lainnya mengadopsi mesin dari Honda Civic FB yang berkapasitas 1,8 liter berkodekan RA18A khusus untuk tipe Prestige. Tenaga yang diciptakan adalah sebesar 140 HP pada 6.300 RPM dan trosi puncak sebesar 177 Nm pada 4.200 RPM. Transmisi yang digunakan sama seperti model bermesin 1,5 liter.

Mesin Honda HR-V 1,8 liter

Impresi Berkendara dan Handling Honda HR-V
Tranmisi manual percepatan adalah standar pada Honda HR-V. Sedangkan tranmisi CVT sebagai opsional. Kinerja dari transmisi manual lebih baik dari matic CVT. Beberapa pengguna matic CVT mengeluh ketika ingin menyalip mobil lain karena responnya lebih lamban dari matic konvensional. Meskipun matic ini telah dilengkapi dengan paddle shift. 

Ketika melewati permukaan jalan yang kurang rata, HR-V mampu memanjakan penumpangnya berkat kinerja suspensi yang apik. Bantingan keras dan lembut terasa pas, berbeda dengan produk Honda lainnya. Peredaman kabin pun cukup bagus, suara bising dari ban dan mesin dapat diisolasi secara maksimal. Seperti crossover pada umumnya, handling yang diciptakan biasa saja, gejala body roll masih terasa di tikungan tajam meskipun tidak terlalu signifikan.

Spesifikasi Honda HR-V
  • Kode sasis : RU1
  • Mesin : 1,5 liter L15Z1 dan 1,8 liter R18A. Sama-sama 4 silinder segaris 16 katup.
  • Power : 120 HP @6.600 RPM (1,5); 140 HP @6.300 RPM (1,8).
  • Torsi : 145 Nm @4.600 RPM (1,5); 177 Nm @4.200 RPM (1,8).
  • Konsumsi BBM : 8-12km / L (dalam kota), 12-15km / L (luar kota).
  • Transmisi : 6-speed manual, 6-speed otomatis CVT.
  • Suspensi: Depan McPherson strut, belakang torsion beam.
  • Rival : Ford Ecosport, Mazda CX-5, Hyundai Creta, Chevrolet Trax, Toyota Rush dan Nissan Juke.
  • Penjualan: 2015-sekarang.

Harga Honda HR-V
  • Honda HR-V 1.5L A M/T. Baru :  249 juta. Bekas : -
  • Honda HR-V 1.5L S M/T. Baru : 263 juta. Bekas : -
  • Honda HR-V 1.5L S CVT. Baru : 273 juta. Bekas : -
  • Honda HR-V 1.5L E CVT. Baru  : 294 juta. Bekas : -
  • Honda HR-V 1.5L E CVT Limited Edition Baru Rp. 302 juta. Bekas : -
  • Honda HR-V 1.8L Prestige A/T  Baru 363 juta. Bekas : -
  • Honda HR-V 1.8L CVT Special Edition JBL Audio. Baru 348 juta. Bekas : -

Kelebihan Honda HR-V
  • Desain depan cantik.
  • Performa kedua jenis mesin cukup baik.
  • AC touch panel dan Autohold.
  • Harga masuk akal.
  • Kursi lapang.
  • Fitur keselamatan lumayan lengkap.
  • Peredaman kabin bagus.
  • Ground clearance tinggi.

Kekurangan Honda HR-V
  • Desain belakang cenderung jelek.
  • Transmisi CVT lemot.
  • Kualitas material interior kurang bagus.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga serta keunggulan dan kelemahan Honda HR-V. Meskipun tergolong baru, penjualan awal mobil ini cukup bagus. Seperti yang disebutkan sebelumnya, HR-V berkemungkinan besar akan menjadi primadona besar dari Honda pada masa mendatang. Baca juga beberapa ulasan kompetitornya sebagai berikut :