Kelebihan dan Kekurangan Honda City GD8 VTEC & i-DSI

Kelebihan dan Kekurangan Honda City GD8 VTEC & i-DSI

Ulasan Spesifikasi dan Harga Honda City GD8 - Honda City GD8 merupakan sedan subkompak yang diposisikan di bawah Honda Civic ES. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2003 bersamaan dengan versi hatchbacknya yang akrab disapa dengan sebutan Honda Jazz GD3. Sama halnya dengan Jazz, mobil ini awalnya masuk secara CBU lalu dirakit secara lokal setahun kemudian karena tingginya permintaan pasar akan kedua jenis mobil ini.

Kehadiran Honda City GD8 disambut hangat oleh masyarakat Indonesia mengingat pendahulunya, Honda City Type-Z produksinya telah diberhentikan. Baiknya lagi, mobil ini diperkenalkan dengan menggunakan dua jenis mesin yang berbeda (lihat spesifikasi di akhir postingan). Setelah dijual hingga 2007 dengan facelift pada tahun 2006, akhirnya kehadirannya digantikan oleh Honda City GM2 dengan penyegaran pada seluruh bagian. Di pasar lokal, mobil ini bersaing ketat dengan Toyota Vios gen 1 yang terkenal sangat bandel, sedangkan lawan lemahnya yaitu Hyundai Accent.

Eksterior Honda City GD8
Honda City mengusung desain eksterior yang benar-benar berbeda pada awal kemunculannya. Dimana desain yang diterapkan berupa kabin besar namun bagian bonnet terlihat kecil dan pendek. Percaya atau tidak, sebagian orang mengatakan desain ini terinspirasi dari seekor lumba-lumba. Secara keseluruhan, mobil ini tampak sama dengan Honda Jazz karena basis yang digunakan serupa. Beda ukuran bodynya hanya terletak pada dimensi panjang karena bagasi dibuat terpisah di bagian belakang seperti sedan lain pada umumnya.

Modifikasi Honda City GD8
Eksterior Depan City 2003, 2004 dan 2005
Modifikasi Honda City GD8
Eksterior Depan City Facelift 2006 dan 2007
Jika Honda Jazz menggunakan lampu depan menukik ke belakang, bedanya City menggunakan model lampu yang lebih tipis. Lalu pada bagian belakang juga terdapat perbedaan kentara. Lampu Jazz memanjang dari atas ke bawah sedangkan City memiliki lampu melebar. Versi facelift turut dihadirkan dimana lampu depan diberi sentuhan lebih membulat. Terlihat lebih elegant. Bumper depan juga turut di desain ulang yang telah dilengkapi dengan lampu kabut (foglamp) serta grill dirubah dari model krom satu garis menjadi krom dua baris yang dilatari jaring sarang lebah. Sedangkan pada bagian belakang terdapat tambahan lampu garnis yang mengapit plat nomor pada bagasi.

Modifikasi Honda City GD8
Eksterior Belakang City 2003, 2004 dan 2005
Modifikasi Honda City GD8
Eksterior Belakang City Facelift 2006 dan 2007
Interior Honda City GD8
Fungsionalitas dari Honda City terlihat sulit untuk dikalahkan oleh rivalnya. Mengingat ukurannya yang bengkak otomatis membuat interiornya menjadi lebih lapang. Kursi merupakan titik kuat dari City GD8. Dimana kursi baris belakang dapat dilipat (ultra seat) dan mampu mengangkut barang lebih jika bagasi sudah tidak muat. Fleksibilitas tanpa batas mampu diciptakan oleh saudara kandung Jazz GD3 ini.

Interior Honda City GD8
Interior City GD8
Tata letak interior hampir identik dengan Jazz, tapi konsol tengah dan glovebox yang menjadi perbedaan. Di dalamnya terdapat legroom dan headroom yang lega hingga ke bagian belakang. Seperti yang telah disebutkan di atas, mobil ini sangatlah lapang jika dibandingkan rivalnya. 

Kinerja dan Performa Mesin Honda City GD8
Honda City yang hadir di Indonesia menggunakan dua jenis mesin berkapasitas sama sebesar 1,5 liter / 1500cc. Pada awal kemunculannya mobil ini dihadirkan menggunakan mesin i-Dsi terlebih dahulu yang mampu memompa tenaga maksimum hingga 87 HP pada putaran 5.500 RPM dan torsi sebesar 128 NM pada putaran mesin 2.700 RPM. Sedangkan mesin VTEC memiliki tenaga yang lebih besar yaitu 110 HP pada 5.800 RPM dan torsi puncak 143 Nm pada 4.800 RPM. 

Tujuan penggunaan mesin ini menyasar kaum yang berbeda, bagi Anda yang mengidamkan efisiensi bahan bakar pilih i-DSI dan jika ingin tenaga lebih besar pilih VTEC. Perbedaan tenaga yang dihasilkan terpaut jauh namun konsumsi bahan bakarnya hampir sama. Selain itu, mesin i-DSI perawatannya sedikit lebih mahal dari VTEC. Itulah sebab mengapa banyak orang yang mengutamakan versi VTEC dan harganya menjadi sangat bertahan.

Impresi Berkendara dan Handling Honda City GD8
City GD8 memiliki handling yang mirip dengan rekan hatchback-nya, dengan dinamika berkendara dan nuansa mesin menjadi sebanding. Kejutan terletak pada pernyataan ini: Jika Jazz lebih sporty dan fun to drive, sedangkan Honda City lebih elegan dan lebih nyaman. Penanganan gesit dan visibilitas tergolong bagus. Namun sayangnya, pilar C terlalu tebal dan menjadi titik lemah dari mobil ini.

Spesifikasi Honda City GD8 i-DSI
  • Kode mesin L15A, 1,5 liter 4 silinder segaris 8 katup SOHC i-DSI.
  • Bore x Stroke 73.0 x 89.4 mm.
  • Rasio kompresi 10.4:1.
  • Output daya maksimum 87 HP @5.500 RPM.
  • Torsi puncak 128 Nm @2.700 RPM.
  • Konsumsi BBM : 12-14 km/L (dalam kota) dan 15 -18 km/L (luar kota)
  • Rem depan cakram dan belakang tipe drum (tromol).
  • Fitur Radio/Tape/CD/MP3 dengan Head Unit Double DIN (CBU), tilt steering, PW, PS, CL, ultra seat, Electric Mirror.

Spesifikasi  Honda City GD8 VTEC
  • Kode mesin L15A, 1,5 liter 4 silinder segaris 16 katup SOHC VTEC.
  • Bore x Stroke 73.0 × 89.4 mm
  • Rasio kompresi 10.1:1
  • Output daya maksimum 110 HP @5.800 RPM.
  • Torsi puncak 143 Nm @4.800 RPM.
  • Konsumsi BBM : 10-11 km/L (dalam kota) dan 12 -15 km/L (luar kota)
  • Rem cakram pada semua roda.
  • Fitur sama dengan versi i-DSI, dengan beberapa penambahan fasilitas keselamatan yang lengkap, lampu belakang LED, bodykit, pelipat spion otomatis dengan lampu sein.

Harga Honda City GD8
Sebuah unit bekas dari City GD8 biasanya lebih mahal dari Honda Jazz. Mengingat pengguna mobil pertama memang lebih memilih sedan ketimbang hatchback. Untuk versi pre-facelift City i-Dsi dibanderol dengan harga 90 juta - 100 juta, versi faceliftnya mampu menembus angka 115 juta. Sedangkan untuk versi City VTEC memiliki harga relatif lebih mahal, terpaut hingga 10 jutaan. Versi VTEC pre-facelift biasanya dijual di kisaran harga 110 - 120 jutaan dan versi facelift sekitar 130 jutaan.

Kelebihan Honda City GD8 VTEC & i-DSI
  • Nyaman.
  • Lumayan irit.
  • Suara mesin halus.
  • Transmisi responsif meskipun versi matic menggunakan sabuk baja (CVT).
  • Stabil pada kecepatan tinggi.

Kekurangan Honda City GD8 VTEC & i-DSI
  • Transmisi CVT kerap bermasalah, lebih baik pilih manual.
  • Biaya perawatan i-DSI sedikit lebih tinggi.
  • Model masih kalah dari rivalnya.
  • Bunyi suspensi keras ketika melewati jalan berlubang.
  • Tidak ada indikator waktu / jam pada panel dashboard.
  • Posisi pedal gas dan rem terlalu tegak.
  • Kursi belakang kurang nyaman karena terlalu tegak.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Honda City GD8. Mengingat umur mobil ini tidak lagi muda, pastikan mengecek kondisi mesin dan transmisi terlebih dahulu. Khususnya transmisi matic CVT (facelift) karena terkenal ringkih. Jika memang Anda ingin memilih matic sebaiknya membeli yang keluaran tahun rendah karena transmisi matic yang digunakan masih konvensional dan perawatannya lebih mudah. Baca juga :