Kelebihan dan Kekurangan Ford Everest Gen 2

Kelebihan dan Kekurangan Ford Everest Gen 2

Ulasan Spesifikasi dan Harga Ford Everest Gen 2 - Ford Everest merupakan SUV yang menggunakan basis sama dengan versi Double Cab / Pick up andalan mereka yaitu Ford Ranger. Mobil ini hadir di Indonesia pada tahun 2006 untuk menggantikan model Ford Ranger generasi pertama yang telah dijual selama 3 tahun. Model generasi kedua ini dijual hingga tahun 2015 lalu digantikan oleh sosok teranyarnya yang telah meninggalkan jejak dari model double cab.

Kehadiran Ford Everest di Indonesia belum mampu mengalahkan rivalnya yang berasal dari Jepang seperti Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Hal ini disebabkan nama Ford yang notabene merk Amerika belum terlalu tenar. Meskipun begitu, banyak owner yang merasa puas karena mobil ini terkenal tangguh seperti saudara kandungnya, Ranger. 

Eksterior Ford Everest Gen 2
Sama seperti pendahulunya, Ford Everest gen 2 memiliki eksterior sempit untuk ruang kepala. Perbedaan besar adalah model ini mengusung fasia depan yang lebih baik dan sporty dengan kisi-kisi yang memiliki lubang besar (untuk aliran udara yang lebih baik terhadap engine bay). Pda bagian belakang lampu memanjang dari atas ke bawah plus ban serep masih tetap dipertahankan. Secara keseluruhan, desain eksterior terlihat gagah dan berotot sama seperti Ford Ranger.

 Eksterior Ford Everest Gen 2

Pada tahun 2009, Ford memutuskan untuk sedikit merombak tampilan mobil ini guna menarik perhatian para calon konsumen. Facelift / peningkatan yang dilakukan antara lain pergantian headlamp menjadi lebih aerodinamis. Sebuah lubang ventilasi dengan aksen krom di depan pintu juga ikut disematkan untuk menambah kesan sporty. Selebihnya, silakan lihat perbedaannya antara gambar di atas dan di bawah.

 Eksterior Ford Everest Gen 2

Interior Ford Everest Gen 2
Jika generasi sebelumnya datang dengan plastik murah, namun pada generasi kedua ini telah mengusug material yang lebih berkualitas. Material jok juga turut berubah. Ukuran interior masih terlihat sama, namun posisi mengemudi dan ergonomi kabin baris kedua sedikit luas. Sayangnya, hal ini mengakibatkan baris ketiga menjadi lebih sempit namun cukup baik jika dibandingkan para kompetitornya. 

Interior Ford Everest Gen 2

Lantai tinggi seperti Nissan Terrano juga masih sama seperti model sebelumnya. Hasilnya semua penghuni (enam sampai tujuh relatif nyaman) dapat melihat ke depan dengan jelas. Kursi baris kedua dan ketiga dapat dilipat ke lantai secara penuh untuk ruang tambahan. Berbicara tentang baris ketiga Everest, ruang lateral telah membaik, namun masih kurang untuk ruang lutut. Intinya, baris ketiga Everest hanya bisa muat dua orang dewasa berpostur kurang dari 165 cm saja.

Kinerja dan Performa Mesin Ford Everest Gen 2
Tidak ada lagi berisik dari mesin model baru ini. Inilah perbedaan yang paling kentara dengan model sebelumnya. Semua varian di Indonesia baik itu berpenggerak 4x2 dan 4x4 menggunakan mesin yang sama, yaitu mesin Duratorq TDCi MZR-CD 2.5 yang memiliki tenaga 143 HP pada 3.500 RPM dan torsi 330 Nm pada 1.800 RPM. Kehadiran mesin tunggal ini cukup disayangkan, mengingat versi 4x4 di Filipina diusung dengan mesin berkapasitas 3.0 liter yang mampu menciptakan tenaga dan torsi lebih besar.

Spesifikasi Mesin Ford Everest Gen 2

Impresi Berkendara dan Handling Ford Everest Gen 2
Tidak ada yang dapat Anda harapkan dari hal yang satu ini. Kenyamanan yang mampu ditawarkan masih sama dengan pick-up karena suspensi tidak dirombak oleh Ford. Kinerja suspensinya lebih baik dari Everest model lama dan lebih stabil pada medan kasar. Meskipun sedikit kaku, tetapi suspensi ini memberikan keuntungan lebih ketika melewati jalan keriting karena bantingan dapat diserap dengan masksimal. Di sisi lain, handling dari mobil ini tergolong biasa saja, tidak terlalu baik dan tidak terlalu buruk.

Spesifikasi Ford Everest Gen 2
  • Mesin : MZR-CD 2,5 liter 4 silinder segaris.
  • Power : 143 HP @3.500 RPM.
  • Torsi : 330 Nm @1.800 RPM.
  • Konsumsi bahan bakar : 7-9km / L (dalam kota), 10-13km / L (luar kota).
  • Transmisi : 5-speed manual, 5-speed otomatis.
  • Suspensi : Depan double wishbone, belakang per daun rigid plus stabilizer.
  • Rival : Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner.
  • Penjualan: 2007-2015

Harga Bekas Ford Everest Gen 2
Ford Everest bekas dapat ditebus dengan menyediakan budget sebesar 160 juta - 180 juta untuk tahun 2007 hingga awal 2009 (model pre-facelift). Untuk model facelift memiliki harga yang cukup beragam, antara lain 200 - 240 jutaan untuk tahun 2010, 2011 dan 2012. Sedangkan untuk tahun 2013, 2014 dan 2015 bisa menembus angka 260 juta - 300 jutaan.

Kelebihan Ford Everest Gen 2
  • Tenaga besar.
  • Torsi badak.
  • Peningkatan kualitas interior.
  • Harga murah.
  • Pandangan ke depan sangat jelas.
  • Ground clearance tinggi.
  • Setir ringan.

Kekurangan Ford Everest Gen 2
  • Bantingan keras.
  • Ruang kepala terlalu rendah / sempit.
  • Harga jual kembali rendah.
  • Sparepart mahal.
  • Ketersediaan sparepart di luar ibukota belum terjamin.
  • Image masih kalah dari kompetitornya dari Jepang.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Ford Everest Gen 2. Intinya, mobil ini cukup nyaman digunakan di dalam kota. Beberapa peningkatan yang dilakukan Ford sangat berarti sehingga Ford Everest mampu bertahan dalam hal persaingan di pasar lokal. Semoga membantu. Baca juga spesifikasi dan harga mobil berikut ini :