Kelebihan dan Kekurangan Toyota Prado TXL

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Prado TXL

Ulasan Toyota Land Cruiser Prado TXL - Seperti kebanyakan kendaraan offroad pada umumnya, nama Land Cruiser memiliki sejarah yang membentang panjang sejak Perang Dunia kedua. Ia banyak digunakan sebagai kendaraan militer pada saat itu. Seiring berjalannya waktu, mobil yang terkenal tangguh ini berubah menjadi sebuah mobil keluarga berkemampuan super, dimana daya jelajahnya di atas rata-rata mobil lain.

Pada tahun 1984, pengembangan Toyota Prado dilakukan. Desainnya dirancang berdasarkan model dasar Land Cruiser. Hanya saja target pasar berbeda dengan model dasar, Prado diposisikan satu tingkat di bawah Land Cruiser dan mesin yang digunakan memiliki spesifikasi yang lebih rendah. Toyota Prado TXL 2010 sendiri dikenalkan kepada publik Indonesia untuk menggantikan pendahulunya yang mulai dipasarkan sejak 2003 hingga 2009.

Eksterior Toyota Prado TXL
Dari segi tampilan eksterior Prado baru adalah evolusi yang jelas dari model pendahulunya, dimensi telah meningkat, panjang bertambah 80mm, lebar bertambah 10mm sementara tingginya mengalami penurunan sebesar 15mm. Hal ini memberikan tampilan Prado yang kekar, gagah dan macho serta lebih ramping dengan panel bawah yang mampu mengurangi angka aerodinamis sebesar 0.35Cd. Sebuah grille tiga dimensi baru, lampu teardrop dan bonnet montok menciptakan estetika wajah modern. Pada bagian belakang, sebuah stoplamp LED turut disediakan beserta sebuah spoiler.
Foto dan Gambar Eksterior Toyota Prado TXL Offroad Indonesia
Foto Eksterior Toyota Prado TXL
Pada akhir tahun 2014, mobil ini mengalami proses facelift dimana lampu depan menggunakan model runcing dengan perubahan HID plus adanya DRL, dan grill menjadi lebih besar. Sedangkan pada bagian belakang masih menggunakan bentuk lampu yang sama, hanya saja letak warna lampu sedikit diubah. Lalu garnis krom terlihat bertambah besar, memanjang dari sisi kiri hingga ke kanan.

Interior Toyota Prado TXL
Di dalamnya terdapat tujuh kursi penumpang. Kursi baris ketiga didukung dengan konfigurasi yang cukup unik, karena dapat dilipat total dengan menekan sebuah tombol. Kabar baiknya, kursi ini dapat memuat orang dewasa tanpa berdesakan. Pada kursi baris kedua, kenyamanan total dapat Anda rasakan meskipun ruang kaki dan ruang kepala yang tersisa tidak terlalu besar. Sedangkan kursi baris depan dirancang dengan lebar dengan dukungan penyesuaian secara elektrik.
Foto dan Gambar Interior Toyota Prado TXL Indonesia
Interior Toyota Prado TXL
Ergonomi dashboard terlihat cukup menarik dengan tata letak tombol yang rapi namun sedikit besar. Bagi Anda dengan jari berukuran besar dapat mengoperasikannya dengan mudah. Sebuah LCD 9 inch sebagai memonitori kamera belakang, samping, dan depan turut dipasangkan di konsol tengah. Dibawahnya, terdapat pengaturan AC climate contro disertai dengan kontrol audio dan pengaturan off-road. Skema warna yang diterapkan berupa two-tone antara campuran plastik gelap dan trim perak kontra. Tak lupa pula, beberapa ornamen diberi sentuhan wood panel untuk menambah image mewah.

Performa dan Kinerja Mesin Toyota Prado TXL
Jika Land Cruiser dibekali dengan mesin bensin dan diesel berkonfigurasi V8, namun hal ini tidak berlaku untuk Prado. Seri pendahulunya dijual dengan dua tipe mesin, yaitu bensin 2.7 liter dan diesel 3.0 liter. Sedangkan kali ini, versi diesel dihilangkan dan hanya disediakan dengan mesin bensin 2TR-FE berkapasitas 2.7 liter berkonfigurasi 4 silinder 16 katup DOHC. Mesin yang juga digunakan pada Toyota Fortuner ini hanya mampu menghantarkan tenaga sebesar 160 HP pada putaran mesin 5.200 RPM dan torsi maksimal 246 Nm pada 3.600 RPM. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan. Tenaga yang dihasilkan langung didistribusi ke 4 roda 60:40 ke gardan belakang dan belakang pada kondisi normal, dan mengubah rasio itu saat di butuhkan jika ban slip.
Foto Gambar Mesin Toyota Prado TXL Indonesia
Foto Mesin Toyota Prado TXL
Impresi dan Handling Toyota Prado TXL
Toyota Prado dibekali dengan suspensi yang baik dan mampu menciptakan nuansa kenyamanan tingkat tinggi, namun konsekuensinya mobil menjadi sangat limbung ketika bermanuver atau menembus kecepatan tinggi di atas 120 kpj. Namun gejala limbung sedikit terkoreksi berkat penggunaan ban tapak lebar dengan grip maksimal ke aspal. Suspensi ini kompatibel dan melampaui apa yang biasanya diharapkan dari seorang soft off-roader. 

Sebagai fitur tambahan, Prado telah dilengkapi dengan fitur tambahan seperti Hill-start Assist dan Downhill Assist cerdas sistem kontrol yang dapat bekerja secara bergantian. Paket off road opsional (full option) juga tersedia untuk penggemar offroad serius, yaitu fitur multi-terrain untuk mengoptimalkan pengaturan kontrol sesuai trek yang dilalui, baik itu pasir, lumpur, batuan mogul dan batuan keras. Fitur khusus lainnya dalam paket opsional termasuk sistem kontrol traksi, multi-terrain ABS dan kunci differensial belakang dengan pengontrolan secara elektrik.

Spesifikasi Toyota Prado TXL
  • Mesin : 2.7 liter 2TR-FE.
  • Tenaga : 160 HP @5.200 RPM.
  • Torsi : 246 Nm @3.600 RPM.
  • Bore x Stroke : 95 mm x 95 mm.
  • Rasio kompresi : 10,2:1 (bensin) ; 16,8:1 (diesel).
  • Konsumsi BBM : 4-6km / L (dalam kota), 7-10km / L (luar kota).
  • Transmisi : otomatis 5 percepatan Super ECT.
  • Suspensi : Depan Independent Double Wishbone, belakang 4 Link Rigid Axle dengan coil spring.
  • Fitur keselamatan : Downhill Assist, Hill-Start Assist, kontrol stabilitas, kontrol traksi, ABS dengan EBD, VSA, 7 airbag, sensor parkir, dan kamera 3 titik.
  • Rival : Mitsubishi Pajero Exceed (bukan Pajero Sport).
  • Penjualan: 2008-2015.

Harga Toyota Prado TXL
Mobil ini hadir di Indonesia secara CBU melalui Importir Umum dengan paket yang berbeda. Paket pertama (audio less) hanya membawa fitur milik Fortuner dengan beberapa tambahan. Untuk tahun 2013, dapat Anda bawa pulang dengan menyediakan uang sebesar 500 jutaan. Sedangkan paket lainnya berupa full option, fitur yang dibawanya sangat lengkap, untuk tahun yang sama bisa menembus harga 700 jutaan. Harga meningkat 100 juta untuk setiap tingkatan tahun. Khusus model setelah facelift, harga bekasnya bisa mencapai 1 milyar lebih.

Kelebihan Toyota Prado TXL
  • Bantingan sangat empuk.
  • Perawatan mesin mudah.
  • Ketersediaan sparepart terjamin.
  • Jaringan servis banyak.
  • Macho, gagah dan maskulin dalam satu paket.
  • Kemampuan offroad mumpuni.
  • Built quality dan material interior bagus.
  • Reliability bagus.
  • Fitur keamanan lengkap.

Kekurangan Toyota Prado TXL
  • Sebuah Fortuner 4WD dalam paket mewah.
  • Kabin bising.
  • Terlalu mahal.
  • Tenaga tidak selaras dengan konsumsi BBM, karena bobotnya hampir mencapai 2,5 ton.
  • Sangat boros.
  • Transmisi otomatis belum triptonik, terkesan jadul.
  • Panel silver di dashboard murahan.
  • Headlamp kurang terang.
  • Harga jual kembali rendah.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Toyota Prado TXL. Penggunaan mesin Fortuner cukup disayangkan, mengingat bobotnya yang sangat berat sehingga kemampuan akselerasi lebih buruk dari Toyota Fortuner. Demi meraih waktu akselerasi yang lebih baik, Anda harus menekan pedal gas dalam-dalam, konsekuensinya konsumsi BBM menjadi sangat boros, kurang lebih sama dengan Land Cruiser yang telah menerapkan mesin bensin 4,6 liter V8 berkemampuan super. Semoga membantu, baca juga :