Kelebihan dan Kekurangan Toyota Land Cruiser VX 200

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Land Cruiser VX 200

Ulasan Spesifikasi dan Harga Toyota Land Cruiser VX 200 - Land Cruiser adalah salah satu SUV paling legendaris datang dari Toyota. Dikenal sebagai Rando Kuruza di Jepang, Toyota Land Cruiser telah ada sejak tahun 1950-an, dan merupakan pelopor lahirnya berbagai SUV modern. 

Land Cruiser 200 telah melalui tahapan evolusi yang dramatis selama bertahun-tahun dan masih mewarisi gen penakluk seperti para pendahulunya. Sebagai big size SUV, mobil ini cukup laris di pasar lokal jika dibandingkan para kompetitor, seperti Mercedes GL Class, BMW X6 dan Land Rover Discovery 4. Mengingat ketangguhan mesin dan ketersediaan sparepart lebih terjamin.

Eksterior Toyota Land Cruiser VX 200
Land Cruiser memiliki ukuran yang sangat besar berdasarkan tinggi dan lebarnya. Panjang total memang lebih pendek dari Toyota Fortuner, tapi jauh lebih luas dan lebih tinggi. Berkat ukurannya yang super jumbo, tak ayal SUV ini memiliki bobot hingga 3 ton, atau 2 kali lipat lebih berat dari SUV kebanyakan.
Foto Eksterior Depan Toyota Land Cruiser VX 200 Indonesia
Foto Eksterior Depan Toyota Land Cruiser VX 200
Dilihat dari depan, mobil ini telah mengusung grill berukuran besar dilapisi dengan krom dan kemudian memiliki lampu depan melengkung selaras dengan rancangan desain bumper. Beranjak ke bagian belakang, VX 200 menggunakan lampu belakang berbentuk trapesium dan dilengkapi sebuah garnis krom memanjang di tengahnya. Tepat bawahnya, terdapat dudukan plat nomor. Untuk menambah kesan macho, satu set velg berukuran 18 inci turut disediakan untuk guna memenuhi ukuran fender agar tampak selaras.
Foto Eksterior Belakang Toyota Land Cruiser VX 200 Indonesia
Foto Eksterior Belakang Toyota Land Cruiser VX 200
Interior Toyota Land Cruiser VX 200
Ketika beranjak ke dalam kabin, Anda akan disambut oleh nuansa ketenangan berkat penggunaan skema warna gelap di seluruh bagian interior dan dikelilingi oleh aksen berwarna perak. Dashboard terlihat sangat sporty dan ada banyak tombol dan layar besar yang bagus. Tata letak tombol pada konsol tengah cukup atraktif, meskipun tidak mengarah ke bagian pengemudi namun dapat dioperasikan dengan begitu mudah. Pada posisi pengemudi, instrument cluster berukuran jumbo dapat dibaca degan mudah. Untuk kursi, menggunakan jok kulit imitasi polos, tapi warnanya praktis dan tidak mudah kotor. Roda kemudi yang besar dan tebal akan mengingatkan Anda bahwa mobil ini dibuat berdasarkan truk operasional khas Amerika, yaitu Tundra.
Foto Gambar Interior Toyota Land Cruiser VX 200 Indonesia
Foto Interior Toyota Land Cruiser VX 200
Ukuran yang besar pastinya akan menciptakan kabin yang lapang, namun tidak dengan mobil yang satu ini. Meskipun VX 200 mampu mengakomodasi hingga 8 orang, namun kursi pada baris ketiga cukup sempit, bahkan anak-anak pun akan merasa risih untuk mendudukinya. Karena sejatinya mobil ini lebih mementingkan penumpang baris depan dan tengah agar jarak legroom menjadi luas. Masalah terbesar yang ada di kabin adalah jarak antara kursi dan lantai hanya berkisar empat inci, dan sangat tidak nyaman ketika digunakan untuk perjalanan jauh.

Performa dan Kinerja Mesin Toyota Land Cruiser VX 200
TLC200 versi Indonesia dibekali dengan pilihan mesin bensin dan diesel. Mesin bensin memiliki spesifikasi yang sama dengan yang hadir di Jepang, yaitu 1UR-FE V8 Dual VVT-i DOHC berkapasitas 4,6 liter yang dapat memproduksi tenaga sebesar 304 HP pada putaran mesin 5.500 RPM dan torsi maksimal 439 Nm pada 3.400 RPM. 
Foto Mesin Bensin Toyota Land Cruiser VX 200 Indonesia
Foto Mesin Bensin Toyota Land Cruiser VX 200 Indonesia
Sedangkan pilihan lainnya berupa mesin turbodiesel 1VD-FTE berkapasitas 4.5 liter V8 32 katup DOHC dengan sistem pembakaran common-rail injection. Tenaga yang dihasilkan sebesar 261 HP pada 3.400 RPM dan torsi puncak 650 Nm pada 1.600 RPM.
Foto Mesin Diesel Toyota Land Cruiser VX 200 Indonesia
Mesin Diesel Toyota Land Cruiser VX 200
Kedua mesin di atas dikawinkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan Super ECT (Electronically Controlled Transmission) dengan tambahan AI (Artificial Intelligence). Perpindahan gigi dapat dilakukan secara mode sequental manual.

Impresi dan Handling Toyota Land Cruiser VX 200 
Umpan balik yang diciptakan oleh sistem kemudi sangat baik. Adanya fitur VSA (Variable Speed Assisted) membantu menyesuaikan berat atau ringannya setir berdasarkan kecepatan laju mobil. Dengan ukuran bongsor dan bobotnya yang mencapai 3 ton, penanganannya tergolong cukup mudah. Kenyamanan dalam bepergian bukanlah hal mustahil bagi mobil ini, berkat suspensinya yang fantastis, Anda dapat berjalan di atas lubang besar sekalipun dengan minim guncangan.

Spesifikasi Toyota Land Cruiser VX 200
  • Mesin : 4.6 liter 1UR-FE (bensin) dan 4.5 liter 1VD-FTE (diesel).
  • Tenaga : 304 HP @5.400 RPM (bensin) ; 261 HP @3.400 RPM (diesel).
  • Torsi : 439 Nm @3.400 RPM (bensin) ; 650 Nm @1.600 RPM (diesel).
  • Bore x Stroke : 94 mm x 83 mm (bensin) ; 86 mm x 96 mm (diesel).
  • Rasio kompresi : 10,2:1 (bensin) ; 16,8:1 (diesel).
  • Konsumsi BBM : 4-6km / L (dalam kota), 7-10km / L (luar kota).
  • Transmisi : otomatis 6 percepatan Super ECT sequental.
  • Suspensi : Depan MacPherson strut, belakang multi-link dengan coil spring.
  • Fitur keselamatan : Downhill Assist, Hill-Start Assist, kontrol stabilitas, kontrol traksi adaptif, ABS dengan EBD, VSA, 7 airbag, sensor parkir, dan kamera mundur.
  • Rival : Mercedes GL Class, BMW X6 dan Land Rover Discovery 4.
  • Penjualan: 2010-2015.

Harga Toyota Land Cruiser VX 200
Khusus untuk tahun 2008 bermesin bensin, TLC ini dijual dengan harga berkisar 900 jutaan, sedangkan bermesin diesel bisa mencapai 1,05 milyar. Untuk tahun-tahun berikutnya harga meningkat 50 - 80 jutaan tergantung kelengkapan dan kondisi mobil.

Kelebihan Toyota Land Cruiser VX 200
  • Interior mewah dan lapang.
  • Kualitas pembuatan bagus.
  • Torsi melimpah.
  • Tenaga sangat kuat.
  • Mesin bandel dan agresif pada putaran bawah.
  • Fitur keselamatan sangat lengkap.
  • Tampilan gagah dan macho.
  • Daya jelajah tidak terbatas.
  • Jaringan servis luas.
  • Bantingan lembut.

Kekurangan Toyota Land Cruiser VX 200
  • Kursi pada baris ketiga sempit.
  • Harga sparepart sangat mahal dan sering indent.
  • Harga jual kembali jatuh.
  • Biaya perawatan mahal karena banyak fitur kelistrikan.
  • Limbung ketika bermanuver dan melaju pada kecepatan tinggi.
  • Sangat boros.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Toyota Land Cruiser VX 200. Sejatinya, Land Cruiser adalah salah satu SUV paling ikonik di dunia. Bermodalkan tenaga besar dan torsi melimpah, Anda dapat melalui medan terjal sekalipun tanpa kesulitan. Pastikan memilih versi diesel karena biaya perawatannya lebih rendah dari versi bensin. Semoga membantu, baca juga: