Kelebihan dan Kekurangan Opel Blazer

Kelebihan dan Kekurangan Opel Blazer

Ulasan Spesifikasi dan Harga Opel Blazer - Amerika, atau orang-orang yang telah menghabiskan beberapa waktu di AS, akan segera mengenali Blazer sebagai nama dari sebuah SUV khas Amerika. Menariknya, ketika mobil ini pertama kali memasuki pasar Indonesia, diperkenalkan sebagai Opel Blazer, sementara Opel lebih banyak dikenal sebagai mobil Eropa. Bisa dikatakan, mobil ini satu-satunya hasil dari kolaborasi yang mantap dari tiga pabrikan. Lisensi didasarkan pada Opel, desain dan produksi dilakukan oleh Chevrolet dan rancangan mesin dengan spesifikasi khusus Indonesia dilakukan oleh Holden.

Sebenarnya tidak ada perbedaan mendasar baik menggunakan nama Chevrolet dan Opel. Karena merk lain seperti Pontiac, Cadillac, Buick, Holden, Hummer dan GMC, kesemuanya bergabung pada sebuah induk perusahaan besar yang berpusat di Amerika yaitu General Motors Corporation. Kehadiran mobil ini di tanah air terealisasi berkat General Motors Indonesia (GMI) yang berhasil mendeskripsikan nama Opel Blazer ataupun Chevrolet Blazer sebagai mobil Amerika yang tangguh.

Di luar negeri, mobil ini cukup terkenal, karena desainnya cukup atraktif khas Amerika dan memiliki mesin berkapasitas besar dengan konfigurasi V6 Vortec. Tenaga mesin rancangan Chevrolet ini juga terbilang di atas rata-rata. Tak ayal, pada masa kejayaannya, Blazer dijadikan sebagai mobil operasional tim khusus penyelidikan Amerika, FBI. Penjualan di beberapa menggunakan nama berbeda, antara lain Opel Blazer untuk Asia, Chevrolet Blazer untuk Eropa dan GMC Jimmy untuk Amerika.

Eksterior Opel Blazer
Blazer terlihat ramping dan agresif, berkat facia yang dirancang dengan lampu berbentuk besar dan terlihat memenihi cluster depan. Pada model facelift pertama, lampu dirancang ulang menjadi dua baris berbentuk tipis, lalu pada facelift kedua lampu kembali dirancang ulang dan tampak seperti model pertama, namun lebih manis dan maskulin. Sedangkan sisi samping dan belakang tidak ada perubahan sama sekali.
Foto dan Gambar Eksterior Opel Blazer
Foto Eksterior Opel Blazer
Interior Opel Blazer
Beranjak ke dalam kabin, Anda akan melihat betapa sederhananya nuansa interior SUV ini. Dashboard minim tombol pada konsol tengah. Di bagian atas terdapat sepasang pengarah angin AC. Pengaturan AC sendiri hanya dapat dilakukan melalui satu knob putar. Uniknya, tombol untuk menyalakan saklar lampu utama terdapat pada konsol sebelah kanan pengemudi, sedangkan mobil lainnya menerapkan model tuas. Pada tuas sebelah kiri difungsikan sebagai pengatur sein. Bagi Anda yang belum terbiasa mungkin akan sedikit mengalami kesulitan, karena biasanya tuas ini difungsikan sebagai tuas wiper. Untuk klaster instrumen dihadapan pengemudi terdapat speedometer dan tachnometer full analog. Di bawahnya terdapat odometer yang dikelilingi oleh tripmeter, indikator kondisi mesin, penunjuk tekanan oli, besaran ampere aki mobil, dan indikator bahan bakar. Cukup lengkap bukan?
Foto dan Gambar Interior Opel Blazer
Foto Interior Opel Blazer
Secara keseluruhan, kabin Opel Blazer terlihat luas dengan penggunaan kursi berbahan beludru yang empuk dan mampu menciptakan kenyamanan lebih bagi siapa saja yang duduk di dalamnya. Anda tidak akan mengeluh mengenai legroomnya, kecuali untuk headroom. Meskipun ukuran kabin sangat luas, headroom/ruang kepala yang dimilikinya sangatlah sempit. Jika Anda melewati lubang dalam kecepatan yang sangat tinggi, akan ada sedikit kesempatan kepala Anda membentur langit-langit.

Performa dan Kinerja Mesin Opel Blazer
Seperti yang telah disebutkan pada permulaan paragraf kedua di atas, Opel Blazer yang hadir di Indonesia mendapatkan spek mesin khusus yang dirancang oleh pabrikan Holden asal Australia. Mesin GM Family II dengan teknologi Double Overhead Camshaft (DOHC) ini berkapasitas 2.2 liter dan dapat menciptakan tenaga sebesar 138 HP ada putaran mesin 5.600 RPM dengan torsi maksimum sebesar 195 Nm pada 3.400 RPM.
Foto dan Gambar Mesin Opel Blazer DOHC
Foto Mesin Opel Blazer DOHC
Lalu ada juga pilihan mesin lainnya dengan teknologi Single Overhead Camshaft (SOHC). Kapasitas mesin sama, namun besaran yang dihasilkan oleh mesin SOHC sampat saat ini belum Topgir ketahui karena terbatasnya sumber referensi yang didapatkan.
Foto san Gambar Mesin Opel Blazer SOHC
Foto Mesin Opel Blazer SOHC
Impesi dan Handling Opel Blazer
Saat dikenalkan kepada publik, mobil ini diiklankan menggunakan brosur yang menggambarkan sebuah Blazer diparkir di atas bebatuan besar. Seakan Blazer memiliki kemampuan 4WD. Namun iklan tersebut menyesatkan para konsumen. Karena mobil ini dirancang bukan sebagai kendaraan offroad. Membawanya ke tempat-tempat offroad ekstrim akan melampaui kemampuannya. 

Faktanya, Blazer adalah sebuah mobil urban dan hanya cocok digunakan pada mulusnya aspal perkotaan. Berbekal interior luas dengan legroom yang lega, Anda akan merasakan kenyamanan maksimal ketika melakukan perjalanan jauh. Terlebih, suara angin dari luar dapat direduksi dengan bagus berkat peredaman kabin yang mumpuni. Kinerja dari suspensinya juga cukup mengesankan, ketika digunakan di jalanan kerikil, guncangan mampu diserap secara maksimal.

Spesifikasi Opel Blazer DOHC
  • Mesin : 2.2 liter GM Family II 4 silinder segaris 16 katup. 
  • Tenaga : 138 HP @5.600 RPM. 
  • Torsi : 195 Nm pada 3.400 RPM. 
  • Bore x Stroke : 86 mm x 94.6 mm. 
  • Konsumsi BBM : 6-7km / L (dalam kota), 9-10km / L (luar kota). 
  • Transmisi : Manual 5 percepatan. 
  • Suspensi: depan dan belakang McPherson struts independen. 
  • Rival : Nissan Terrano, Land Cruiser VXR 80, dan Daihatsu Hiline. 
  • Penjualan: 1996 - 2005.

Harga Opel Blazer
Kiprah SUV Amerika ini cukup panjang di pasar lokal. Dengan banyaknya model dan trim yang ditawarkan, harganya menjadi sangat bervariasi. Untuk tahun 1996-1998 (model pre-facelift) harga yang ditawarkan berkisar antara 40-50 juta. Lalu untuk tahun 1999-2002 (model facelift pertama) dijual dengan harga 51-70 juta. Dan model terakhir tahun 2003-2005 (model facelift kedua) harganya sekitar 71 - 85 jutaan.

Kelebihan Opel Blazer
  • Desain menarik, macho, tangguh dan long lasting.
  • Body dan kaki-kaki kokoh. 
  • Sangat nyaman.
  • Interior kabin sangat luas.
  • Body menggunakan plat baja dua lapis, cukup aman terhadap benturan.
  • Ground clearance tinggi.
  • Kuat di tanjakan.
  • Pajak cukup murah.

Kekurangan Opel Blazer
  • Bensin boros. 
  • AC sering rewel. 
  • Harga jual anjlok. 
  • Mesin gampang overhead, baca Cara Mengatasi Mesin Panas atau Overheat
  • Ketersediaan suku cadang terbatas dan mahal, plus jarang ada yang KW. 
  • Berat 2,2 ton. 
  • Radius putar terlalu besar, sehingga sulit diparkir. 

Demikian ulasan lengkap mengenai spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Opel Blazer. Bagi Anda yang tinggal di daerah lereng perbukitan, mobil ini adalah pilihan yang paling bijak. Meskipun harga suku cadang mahal, namun hal ini tertutupi berkat harga unit bekasnya yang terjangkau, ditambah lagi biaya pajak tahunan cukup murah. Pastikan untuk meminang unit bekas dengan kondisi mesin sempurna. Semoga membantu, baca juga: