Kelebihan dan Kekurangan Mazda Lantis / Familia

Kelebihan dan Kekurangan Mazda Lantis / Familia

Spesifikasi dan Harga Mazda 323 Familia / 323 Lantis - Sedan Lantis dan Familia merupakan salah satu mobil Mazda yang telah diproduksi sejak dari tahun 60-an dan diposisikan pada segmen sedan kompak. Pada segmen ini, Mazda Lantis dan Familia berhadapan langsung dengan kompetitor yang banyak diisi oleh pesaing yang juga berasal dari Jepang seperti Toyota Corolla All New, Mitsubishi Lancer Evo 4, Nissan Sentra / Sunny dan Honda Civic Ferio. Namun setelah panjangnnya kiprah yang pernah dilakukan, akhirnya nama Familia dihapus dan digantikan dengan kehadiran Mazda3.

Model generasi ketujuh dengan kode platform BH diperkenalkan pertama kali di pasar domestik Jepang pada tahun 1994 bersamaan dengan model hatchback dua pintu disebut sebagai Neo dan hatchback empat pintu yang menggunakan nama Astina. Model yang masuk ke Indonesia secara resmi hanyalah model sedan dengan nama Mazda 323 Lantis pada tahun 1995 hingga 1996 lalu digantikan dengan Mazda 323 Familia yang dijual hingga tahun 2000 dengan perbedaan spesifikasi dimana terjadi pemangkasan fitur interior demi menekan harga jual agar dapat bersaing dengan para rival. Pada kesempatan lain kali, Topgir akan membahas mengenai perbedaan Mazda 323 Lantis dan Mazda 323 Familia secara detail.

Eksterior Mazda 323 Lantis / 323 Familia 
Di antara sedan ditawarkan di pertengahan tahun 90-an, bisa dikatakan mobil ini terlihat lebih seksi dari yang lain. Karena desain di tepi tidak lagi mengkotak yang lazim digunakan oleh sedan saat itu akan tetapi dipenuhi oleh lekukan landai. Baiknya, kontur body bagian kabin belakang tidak dirancang dengan kaca miring sehingga ruang kepala bagian belakang tetap lega dan tidak menyiksa penumpang. 

Eksterior Mazda 323 Lantis / 323 Familia

Jika Anda adalah seorang penggemar Mazda, Anda dapat dengan mudah membedakan Lantis dan Familia dari model lampu yang diusung. Bagian depan Lantis memiliki lampu sinyal pada bumper sementara Familia hanya mengandalkan sepasang lampu sinyal pada sisi kiri dan kanan lampu utama. Perbedaan lainnya terletak dari desain lampu, Lantis masih menggunakan kaca bergalur standar sedangkan Familia tidak.

Interior Mazda 323 Lantis / 323 Familia 
Jika beranjak ke dalam kabin, Anda akan disuguhkan oleh desain dashboard yang khas seperti mobil tahun 90-an pada umumnya. Tidak ada yag spesial. Skema yang digunakan berupa abu-abu untuk menghindari efek silau ketika mobil digunakan di bawah terik sinar matahari. Kursi pengemudi memiliki penyesuaian untuk ukuran yang berbeda, sedangkan kursi penumpang masih sama dengan para rival namun lebih lebar dan luas. Anda tidak akan mengeluhkan mengenai ruang kaki, ruang kepala dan ruang bahu karena kabin mobil ini memang memiliki ukuran terluas di kelasnya.

Interior Mazda 323 Lantis / 323 Familia

Kinerja dan Performa Mesin Mazda 323 Lantis / 323 Familia 
Berdasarkan data yang Topgir peroleh, Mazda Lantis ataupun Familia menggunakan dua tipe mesin, salah satu diantaranya adalah mesin berkapasitas 1,6 liter (1600cc). Namun mesin ini hanya hadir pada versi penjualan Filipina dan Vietnam. Sedangkan mesin yang digunakan di tanah air berupa mesin berkapasitas 1,8 liter (1800cc) yang mampu memberikan tenaga hingga 131 HP pada putaran mesin 6.000 RPM dan torsi puncak 169 Nm pada putaran 4.000 RPM. Mesin ini telah didukung dengan sistem pembakaran MPFI (Multi Point Fuel Injection system). Selain itu, adanya dukungan teknologi VICS (Variable Intertia Charging System) menjadikan mesin Lantis dan Familia dapat menciptakan hentakan power sangat terasa pada putaran atas, sama halnya dengan teknologi VTEC andalan Honda. Sebagai tambahan, mesin ini juga digunakan pada mobil sport Mazda tahun 1990an yaitu Mazda MX-5 atau lebih dikenal dengan sebutan Mazda Miata.

Mesin Mazda 323 Lantis / 323 Familia

Impresi dan Handling Mazda 323 Lantis / 323 Familia 
Meskipun awalnya Mazda Lantis dan Familia memasuki segmen sedan kompak, namun jika ditilik lebih lanjut Anda dapat memberikan penilaian yang sempurna untuk mobil ini. Karena lebih cocok untuk memasuki sedan premium seperti Corona Absolute ataupun Honda Accord Cielo. Bagaimana tidak, kenyamanan yang mampu ditawarkan bisa dikatakan lebih layak jika dibandingkan Corolla ataupun Civic. Akselerasi dari mesin berkapasitas besarnya cukup mumpuni. Tenaga dan torsi yang diciptakan sangat sinkron. Suara rev mesin juga dapat diredam dengan bagus. Bagi Anda yang sering mengemudikan mobil sendiri, mobil ini adalah salah satu kandidat sedan fun to drive selain Civic Ferio. Sayangnya, keganasan mesin ini hanya didukung oleh quad disc combo yana belum disisipkan teknologi ABS seperti versi penjualan di Filipina maupun Vietnam.

Spesifikasi Mazda 323 Lantis / 323 Familia 
  • Mesin : Kode BP 1,8 liter injeksi 4 silinder segaris 16 katup DOHC.
  • Power maksimum : 131 HP @6.000 RPM.
  • Torsi puncak : 160 Nm @4.000 RPM.
  • Bore x Stroke : 83.0 mm x 85.0mm
  • Konsumsi BBM : 6-8 km/L (dalam kota), 9-12 km/L (luar kota)
  • Transmisi: 5-speed manual, 4-speed otomatis.
  • Suspensi: McPherson strut depan, belakang multi-link.
  • Rival : Honda Civic, Mitsubishi Lancer CK4, Toyota Corolla AE111, Daewoo Espero, Hyundai Elantra, dan Proton Wira.
  • Penjualan : 1995 - 1996 (Lantis), 1997 - 2000 (Familia).

Harga Mazda 323 Familia
Nasib Mazda belumlah setenar rival sekotanya, Honda dan Toyota. Sehingga penjualan mobil ini di pasar lokal memiliki harga yang gelap. Untuk model Lantis tahun 1995 - 1996 dapat Anda miliki dengan budget berkisar 40 - 50 Juta saja. Sedangkan model Familia keluaran 1997 - 2000 dapat ditebus hingga 60 Jutaan. 

Sebagai catatan, bagi Anda yang mementingkan kualitas dan fitur interior sebaiknya memilih Lantis karena fitur yang dibawanya lebih lengkap dan sempurna daripada Familia. Karena pada dasarnya Familia adalah versi murah dari Lantis dengan beberapa pemangkasan fitur pada fitur interior meskipun tahunnya lebih tinggi. Maka jangan heran jika ada yang menawarkan Lantis dengan harga sedikit lebih mahal dari Mazda Familia.

Kelebihan Mazda 323 Familia
  • Harga terjangkau.
  • Tenaga mesin powerfull.
  • Tarikan sangat responsif.
  • Rem cakram di setiap roda.
  • Suspensi lembut.
  • Nyaman.
  • Kabin lapang.
  • Adanya lampu autodimming pada kabin.

Kekurangan Mazda 323 Familia
  • Boros.
  • Komponen aftermarket untuk modifikasi masih jarang.
  • Sparepart lebih langka jika dibandingkan pendahulunya, Mazda 323 Interplay.
  • Harga suku cadang asli mahal.
  • Adanya pemangkasan fitur pada model Familia.
  • Kualitas pembuatan kurang bagus.
  • Fitur keselamatan sebatas seat belt.

Demikian review lengkap mengenai ulasan spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Mazda Lantis / Familia. Untuk Anda yang ingin tampil beda dengan budget minim, mobil ini bisa menjadi jawaban. Terlebih berkat keganasan mesin dengan akselerasi mumpuni yang dimilikinya tidak bisa diremehkan oleh pabrikan lain. Baca juga :