Kelebihan dan Kekurangan Honda Grand Civic / Civic LX

Kelebihan dan Kekurangan Honda Grand Civic / Civic LX

Ulasan Spesifikasi dan Harga Honda Grand Civic - Grand Civic merupakan gen keempat dari seluruh keluarga sedan kompak Honda, yaitu Civic. Mobil ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1988 di Jepang untuk menggantikan penjualan Honda Civic Wonder. Namun penjualan di Indonesia dimulai sejak tahun 1988 bersamaan dengan sedan mewah Honda Accord Maestro. Dua model turut dikenalkan dengan segmen yang berbeda. Model pertama Grand Civic dan memasuki segmen sedan serta model lainnya menggunakan desain hatchback dengan nama Honda Civic Nouva

Model sedan yang dijual di Indonesia ada dua tipe, yaitu Grand Civic (versi facelift) dan Civic LX (versi non facelift yang pertama kali hadir). Penjualan yang dilakukan tergolong sangat singkat, dimulai dari tahun 1988 dan berakhir pada tahun 1991. Setelah 3 tahun beredar, mobil ini lalu digantikan oleh penerusnya dengan perbedaan desain yang sangat mencolok, yaitu Honda Civic Genio. Di pasar lokal, mobil ini bersaing ketat dengan Toyota Corolla Twincam, lalu disusul oleh Mazda InterplayDaihatsu Charade Classy dan Suzuki Esteem.

Eksterior Honda Grand Civic / Civic LX
Honda Grand Civic memiliki desain eksterior yang terbilang cukup unik. Meskipun secara keseluruhan tampilannya di desain ulang, namun ciri khas desain pendahulunya masih cukup terasa. Dimana desain boxy masih tetap dipertahankan. Bedanya, lampu depan didesain menjadi lebih tipis, sama halnya dengan lampu belakang. Lalu ukuran body juga menjadi lebih tipis dan lebih "membumi", sehingga mobil ini sangat cocok dimodifikasi ke arah stance yang mengedepankan eksterior bersih dan ceper seperti gambar di bawah.
Interior Honda Grand Civic / Civic LX
Beranjak ke dalam kabin, Anda akan disuguhi oleh suasana elegan. Desain dashboard minim lekukan, sama dengan sedan pembuka era 90-an lainnya. Pada umumnya, tombol instumen pengatur pendinginan kabin (AC) yang berada pada panel konsol diletakkan di bawah audio tape, namun tidak dengan mobil ini. Letak tombol tersebut lebih tepatnya berada di atas audio tape dan di bawah kisi-kisi AC tengah. Namun konfigurasi tombol ini menguntungkan pengemudi karena lebih mudah dijangkau. Sebagai ciri khas mobil karburator, tepat disebelah kanannya terdapat tombol putar untuk mengatur idle mesin.
Performa Mesin Honda Grand Civic / Civic LX
Sedan kompak andalan Honda ini mengandalkan mesin karburator berkapasitas 1,5 liter dan membuatnya berbeda dari para kompetitor lain yang menggunakan mesin 1,6 liter. Mesin dengan kode D15B2 berkonfigurasikan 4 silinder segaris 16 katup SOHC ini mampu memompa tenaga maksimum hingga 92 HP pada putaran mesin 6.000 RPM dan torsi puncak 119 Nm pada putaran 4.500 RPM. 
Impresi Berkendara dan Handling Honda Grand Civic / Civic LX
Beberapa pengguna mobil ini mengaku cukup puas mengenai kenyamanan Honda Grand Civic. Ini dikarenakan penggunaan suspensi double wishbone di keempat titik plus multilink khusus pada bagian belakang. Kinerja dari suspensi ini memang terkenal cukup bagus meredam guncangan ketika melewati jalanan berlubang, namun kurang tahan banting sehingga beberapa pabrikan lain enggan menggunakan suspensi model double wishbone hingga ke bagian belakang. Handling Grand Civic pun tidak boleh dipandang sebelah mata, karena mobil ini mampu menukik di berbagai tikungan tajam tanpa oversteer dan understeer berkat ukurannya yang mungil dan rendah.  

Spesifikasi Honda Grand Civic
  • Kode sasis SH4 dan kode body EF.
  • Mesin : 1,5 liter D15B2 karburator 4 silinder inline 16 katup SOHC.
  • Tenaga maksimum : 92 HP @6.000 RPM.
  • Torsi puncak : 119 Nm @4.500 RPM.
  • Bore x Stroke : 75mm x 84,5 mm.
  • Rasio kompresi : 9,2:1.
  • Transmisi : manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan (langka).
  • Suspensi : depan double wishbone dan belakang multilink.
  • Kompetitor : Toyota Corolla Twincam, Mazda InterplayDaihatsu Charade Sedan dan Suzuki Esteem.

Harga Honda Grand Civic dan Civic LX
Di pasar lokal, mobil ini memiliki harga yang sangat beragam. Untuk Civic LX keluaran tahun 1988 dan 1989 harganya dapat ditebus mulai dari 30 juta - 35 juta. Sedangkan untuk Grand Civic tahun 1990 dan 1991 biasanya dijual dengan harga 40 jutaan. Khusus untuk transmisi matic dengan kategori langka, harganya bisa saja melewati 50 jutaan, karena jenis ini telah menjadi collector item dan cenderung perawatan yang dilakukan sangat sempurna oleh para pemiliknya. Maka jangan terkejut jika Anda ditawarkan versi langka ini karena harganya melampaui harga Civic Genio.

Kelebihan Honda Grand Civic / Civic LX
  • Tampang masih memikat hingga sekarang.
  • Nyaman.
  • Sparepart masih murah, yang membedakannya dengan generasi-generasi selanjutnya.
  • Mesin karburator terkenal mudah dalam hal perawatan.
  • Harga beli dan harga jual cenderung stabil.
  • Fitur pembantu cukup lengkap, meliputi power steering, power window, central lock dan electric mirror.
  • Referensi modifikasi sangat banyak dan beragam.

Kekurangan Honda Grand Civic / Civic LX
  • Mudah keropos.
  • Harga part kaki-kaki lebih mahal dari para kompetitor.
  • Susah mencari unit bekas dengan kondisi sempurna.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Honda Grand Civic / Civic LX. Sejatinya, Honda memang terkenal sering menelurkan produknya dengan desain sama ke berbagai penjuru dunia, meskipun pada segi dapur pacu sedikit mengalami pengubahan sesuai iklim di negara tersebut. Sehingga modifikasi eksterior dan interior yang dapat Anda lakukan menjadi sangat beragam. Itulah yang menjadi sorotan utama mengapa banyaknya orang yang mengagumi merk H tegak asal Jepang ini. Semoga membantu. Baca juga :