Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Wonder Sedan SB4

Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Wonder Sedan SB4

Ulasan Spesifikasi dan Harga Honda Civic Wonder Sedan SB - Sedan Wonder merupakan keturunan ketiga dari seluruh keluarga Honda Civic di seluruh dunia. Pertama kali dikenalkan pada tahun 1984 dengan dua jenis, yaitu sedan dan hatchback. Versi sedan lebih banyak dikenal karena penjualannya sangat laris, interior dan bagasinya lebih luas. Sedangkan Civic Wonder Hatchback pada saat itu kurang digemari, namun menjadi incaran bagi para kolektor jaman sekarang karena kontur bodynya yang unik dan unitnya yang langka.

Civic Wonder di Indonesia dijual selama 4 tahun hingga tahun 1987. Setelah itu digantikan oleh Honda Grand Civic. Mobil ini hanya hadir dengan satu tipe pada setiap modelnya, berbeda dengan penerusnya memiliki dua tipe di setiap model, yaitu Civic LX dan Grand Civic untuk model sedan serta tipe Nouva dan Grand Nouva untuk model hatchback 2 pintu. Di pasar lokal, Civic Wonder bersaing ketat dengan pesain kuatnya saat itu yaitu Toyota Corolla GL dan Mitsubishi Lancer SL.

Eksterior Honda Civic Wonder Sedan
Civic Wonder dibekali dengan eksterior terdepan pada masanya. Gaya mengkotak sesuai dengan aliran gaya saat itu namun sedikit lebih modern jika dibandingkan pada rivalnya. Hingga sekarang, mobil ini termasuk nominasi yang memiliki harga bertahan dan yang paling tinggi dari era 80an.

Pada facia depan, Civic Wonder menggunakan headlamp berbentuk trapesium yang diakhiri sudut runcing. Di bawahnya tepat di bagian bumper telah dilengkapi oleh sepasang lampu sein yang sangat berguna ketika lampu sein di sebelah headlamp tidak berfungsi dengan baik. Pada bagian bawah tengah bumper depan diisi oleh lubang asupan udara. Gunanya sebagai bendungan udara menuju radiator agar proses pendinginan mesin berjalan maksimal. Sedangkan pada bagian belakang, sedan kebanggaan Honda ini menggunakan lampu datar di sisi kiri dan kanan serta dilengkapi sebuah garnish bertuliskan Civic di tengahnya.
Eksterior Honda Civic Wonder Sedan
Interior Honda Civic Wonder  Sedan
Tak hanya pada bagian eksterior, bagian interiornya juga dapat dikatakan terbaik pada jamannya. Pendinginan kabin dapat bekerja secara maksimal berkat posisi kisi-kisi AC yang diletakkan pada bagian atas dashboard. Di depan kisi-kisi tersebut terdapat dua bagian peletakan barang atau sering disebut dengan sebutan burgertray. Namun jika Anda meletakkan barang terlalu banyak disini akan mengganggu sirkulasi AC karena kisi-kisi menjadi terhalang. 
Interior Honda Civic Wonder
Pada bagian kiri tepatnya di depan kursi penumpang juga dilengkapi dengan sebuah laci yang berfungsi untuk menyimpan surat-surat penting selama perjalanan. Dengan begitu surat-surat yang bersifat rahasia ataupun dompet dapat Anda simpan dengan aman. Secara keseluruhan, desain dashboard terlihat klasik namun menarik. Lihat saja bentuk dari instrumen klaster bagian pengemudi plus roda setir 3 spoke yang benar-benar jauh berbeda dengan roda kemudi jaman sekarang. Semua kaca hanya dapat dikendalikan dengan tuas putar / engkol, kecuali pada tahun tertinggi (1987) karena telah dilengkapi dengan power window standar pabrik.

Performa dan Kinerja Mesin Honda Civic Wonder Sedan
Berbeda dengan versi hatchback 2 pintunya yang mengusung mesin karburator 1,3 liter, versi sedan ini terkesan lebih baik karena mengusung mesin karburator berkapasitas 1,5 liter yang mampu menciptakan tenaga hingga 76 HP pada 5.500 RPM dan torsi puncak sebesar 114 Nm pada 3.500 RPM. Mesin berkodekan D15A1 ini menggunakan konfigurasi 4 silinder segaris 12 katup SOHC. Meskipun terbilang kecil, namun tenaga dan torsinya termasuk mantap pada saat pertama kali dimunculkan ke hadapan publik Indonesia.

Mesin Honda Civic Wonder

Impresi dan Handling Honda Civic Wonder Sedan
Civic Wonder memiliki handling yang mengesankan untuk seukuran sedan 80-an. Sayangnya opsi power steering belum hadir hingga pada keluaran terakhir sehingga agak menyusahkan bagi yang belum terbiasa. Kenyamanannya juga masih terbilang di atas rata-rata berkat penggunaan suspensi double wishbone pada bagian depan dan belakang yang dilengkapi dengan batang torsi di semua titik roda. Kehadiran batang torsi memiliki nilai plus karena rendah dan tingginya jarak mobil dengan permukaan tanah dapat diatur secara manual.

Spesifikasi Honda Civic Wonder Sedan
  • Mesin : Karburator, kode D15A1 bensin. 4 silinder segaris 12 katup SOHC.
  • Tenaga maksimum : 76 HP @5.500 RPM.
  • Torsi puncak : 114 Nm @3.500 RPM.
  • Bore x Stroke : 74 x 86,5 mm.
  • Rasio kompresi : 9,2:1.
  • Konsumsi BBM : 10-13 km/L (dalam kota), 14-18 km/L (luar kota)
  • Suspensi : Double wishbone dengan torsion beam / batang torsi.
  • Sistem penggerak : roda depan.
  • Kompetitor : Toyota Corolla GL dan Mitsubishi Lancer SL dan BMW 318i E30.
  • Penjualan : 1984 - 1987.

Harga Honda Civic Wonder Sedan
Berdasarkan pengamatan yang diamati pada situs penjualan mobil pada umumnya, mobil ini berada di rentang harga 18 - 27 jutaan. Beberapa unit bisa menembus angka 30 juta setelah direstorasi seperti sediakala. Cukup mahal jika dibandingkan para kompetitornya. Namun pastikan Anda memilih mobil ini berdasarkan perawatan pemilik sebelumnya, bukan hanya dilihat dari tahunnya. Selain umurnya yang tak lagi bisa dikatakan muda, perawatan yang kurang khususnya pada bagian mesin dan kaki-kaki akan menyita isi dompet Anda hingga belasan juta dalam waktu jangka pendek.

Kelebihan Honda Civic Wonder Sedan
  • Mesin tangguh.
  • Akselerasi terbaik di eranya.
  • Lumayan nyaman.
  • Perawatan mudah.
  • Sparepart murah dan melimpah.
  • Desain eksterior dan interior masih terlihat menarik.
  • Sangat irit.

Kekurangan Honda Civic Wonder Sedan
  • Rentan korosi.
  • Sistem penggereman kurang bagus.
  • Minim elektrikal.
  • Beberapa part interior sudah mulai langka.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Honda Civic Wonder Sedan. Ingin tampil beda dijalanan? Tinggal modifikasi ke arah aliran stance plus memasang sunroof, semua mata akan tertuju ke mobil Anda. Sebagai tambahan, hindari modifikasi audio berlebihan karena hanya akan membuat uang Anda terkuras. Baca juga beberapa spesifikasi mobil berikut ini :