Kelebihan dan Kekurangan All New Mazda2

Kelebihan dan Kekurangan All New Mazda2

Ulasan Spesifikasi dan Harga All New Mazda2- Seperti biasanya, segmen hatchback merupakan segmen yang paling sesak di Indonesia. Pasalnya, semua pabrikan telah menelurkan produk baru untuk merefresh punggawa demi meraih penjualan yang sempurna di pasar lokal. Sebagaimana yang telah kita ketahui, Honda Jazz GE8 adalah produk puncak penjualan hatchback lalu disusul oleh pesaing sejatinya, Toyota Yaris.  Kedua produk ini telah berganti model dengan segenap fitur canggih yang disematkan di dalamnya. 

Persaingan Mazda2 model sebelumnya memang tidak terlalu mulus di Indonesia, bahkan ia tidak mampu menduduki posisi 3 teratas dalam persaingan. Dengan mengganti model baru, akankah All New Mazda2 mampu mengalahkan Honda Jazz GK5 dan juga All New Toyota Yaris? Mungkin saja, karena spesifikasi yang ditawarkan tergolong cukup maju.

Eksterior All New Mazda2
Secara keseluruhan, All New Mazda2 memiliki desain eksterior yang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. Hal ini terlihat jelas dari facia depan yang menjadi lebih ganas berkat penggunaan lampu utama berbentuk runcing ke bagian depan. Untuk mendukung kesan ganas, kini grill depan dirancang ulang berbentuk lebih besar hingga ke bagian bawah berbentuk V namun sedikit melengkung. Membesarnya desain grill ini membantu asupan udara ke bagian mesin menjadi lebih banyak. Di sisi kanan dan kiri pada bagian bawahnya terdapat sepasang lampu kabut berbentuk bulat.

Eksterior All New Mazda2 Indonesia

Beranjak ke sisi lainnya, mungkin Anda akan setuju bahwa garis lengkungan pada tengah bodi masih mengikuti model sebelumnya. Karena sama sekali tidak adanya garis tegas dari bagian depan hingga ke belakang. Inilah yang menjadi ciri khas All New Mazda2 karena jauh dari kesan menjiplak model lain. Beranjak ke bagian belakang, kesan sangar juga dapat terpancar dari model stoplamp baru yang dirancang dengan desain runcing dan tegas. 

Eksterior All New Mazda2 Indonesia

Interior All New Mazda 2
Perubahan terbesar dari model sebelumnya terletak pada bagian dalam kabin. Jika pada model sebelumnya head unit menyatu dengan konsol tengah, namun pada model terbaru ini benar-benar jauh berbeda. Hal ini dapat terlihat jelas dari konsol tengah yang berpindah ke bagian bawah, sedangkan head unit berada di atas. Simpel dan fungsional. Namun beberapa orang menilai desain ini sedikit mengganggu. Pengaturan audio akan menyusahkan penumpang depan karena letaknya lebih jauh dari biasanya. Meskipun kontrol audio dapat dilakukan oleh pengemudi dengan menggunakan tombol kontrol yang disematkan pada roda kemudi

Interior All New Mazda 2

Pilihan penyimpanan terkesan cukup layak untuk penghuni kursi depan, dengan adanya sebuah pemegang cangkir besar antara kursi kiri dan kanan. Sayangnya, pada kursi belakang sama sekali tidak ada kompartemen penyimpanan. Bahkan pada bagian pintu sekalipun. Selanjutnya, kursi tengah bagian belakang dirancang rata, tidak dapat dijadikan pusat sandaran tangan flip-down ketika mobil diisi oleh dua orang. Kabar baiknya, legroom sedikit lebih luas dari gen sebelumnya namun berimbas pada ruang bagasi menjadi lebih kecil. 100 liter lebih kecil dari Honda Jazz.

Interior All New Mazda 2

Performa Mesin dan Konsumsi BBM All New Mazda 2
Rentang mesin baru yang jauh lebih baih dari sebelumnya. Semua model menggunakan mesin SkyActic-G berkapasitas 1.5 liter dengan konfigurasi 4 silinder segaris 16 katup. Mesin ini memiliki tenaga maksimal hingga 108 HP pada putaran 6.000 RPM dan torsi 141 HP pada putaran 4.000 RPM. Penggunaan bahan bakar juga lebih irit, turun sebesar 15 persen untuk transmisi manual enam percepatan (5,4 liter per 100 kilometer) dan 19 persen untuk transmisi otomatis enam percepatan (sekarang 5,5 liter per 100km).

Performa Mesin dan Konsumsi BBM All New Mazda 2

Impresi Berkendara dan Handling All New Mazda2
Mesin berkapasitas kecil adalah suatu hal yang lumrah di jalan raya, terutama ketika dipasangkan dengan transmisi otomatis enam kecepatan intuitif ataupun transmisi manual lima percepatan seperti halnya yang dimiliki oleh mobil ini. Gearbox membantu bekerja secara maksmimal ketika kurangnya tenaga pada torsi low-end. Memang, mesin kecil biasanya membutuhkan putaran mesin tinggi untuk mencapai torsi puncak. Namun hal ini bukanlah masalah, berkat terobosan teknologi terbaru dari Mazda, getaran mesin dapat direduksi seminimal mungkin sehingga Anda dapat menikmati kenyamanan luar biasa ketika berkendara.

Impresi Berkendara dan Handling All New Mazda2

All New Mazda2 sangat terkenal dengan pengendaliannya yang memiliki sistem kemudi terdepan di kelasnya. Hal ini terbukti ketika bermanuver di sudut-sudut tikungan dapat dilakukan dengan mudah. Lalu, suspensi yang diterapkan memiliki kemiripan dengan Honda Jazz dimana karakter sport lebih diutamakan. Imbasnya, kenyamanan sedikit berkurang tetapi lebih aman ketika melaju dalam kecepatan tinggi pada permukaan jalan yang kurang rata karena gejala limbung dapat diminimalisir. Sebagai tambahan, hatchback mungil ini memiliki sistem peredaman yang kurang bagus. Gemuruh ban dan suara angin dari luar dapat Anda rasakan bahkan pada kecepatan 60 km/jam saja.

Spesifikasi / Data Teknis  All New Mazda2
  • Mesin tipe SkyActiv 1.5 liter4 silinder segaris 16 katup DOHC.
  • Teknologi mesin : Dual S-VT (Sequential Valve Timing) dan ETC (Electronic Throttle Control).
  • Tenaga maksimum : 108 HP @6.000 RPM.
  • Torsi puncak : 141 Nm @4.000 RPM.
  • Bore x stroke : 74.5 mm x 85.8 mm.
  • Rasio kompresi : 13:1.
  • Konsumsi BBM : 13-15 km/L (dalam kota), 16-19 km/L (luar kota). 
  • Suspensi : depan Independent MacPherson strut dan belakang Torsion beam.
  • Profil ban : 185/65R15.
  • Rival : Honda Jazz GK5, Toyota All New Yaris, Ford Fiesta, Kia Rio, dan Suzuki Swift.

Harga All New Mazda2 Baru dan Bekas
  • Mazda2 tipe V transmisi manual Rp. 227,700,000. Bekas 190 Jutaan.
  • Mazda2 tipe V transmisi otomatis Rp. 237,800,000. Bekas 200 Jutaan.
  • Mazda2 tipe R transmisi manual Rp. 248,900,000. Bekas 210 Jutaan.
  • Mazda2 tipe R transmisi otomatis  Rp. 259,000,000. Bekas 220 Jutaan.
  • Mazda2 GT  Rp. 282,900,000. Bekas 250 Jutaan.
*tambahan harga Rp 3.000.000, untuk versi soul red. 


Kelebihan All New Mazda 2
  • Desain cantik.
  • Fitur dalam kabin sangat menarik.
  • Harga terjangkau untuk semua model.
  • Kabin lebih lega daripada kompetitor.
  • Fun to drive.
  • Fitur keselamatan sangat lengkap.

Kekurangan All New Mazda 2
  • Tidak ada sensor kamera mundur pada semua model 
  • Media touchscreen hanya tersedia pada tipe teratas.
  • Peredaman kabin buruk.
  • Interior minim tempat penyimpanan.
  • Bagasi kurang lega jika dibandingkan para kompetitor.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan All New Mazda2. Sama halnya dengan Honda Jazz, mobil ini adalah salah satu kandidat hatchback Indonesia yang memiliki ciri khas menyenangkan untuk dikendarai (fun to drive). Tidak ada menyangkal hal itu di mana pilihan yang lebih pragmatis dibandingkan kompetitor lainnya seperti Toyota All New Yaris, Ford Fiesta ataupun Kia Rio. Baca juga :