Kelebihan dan Kekurangan Honda BR-V

Kelebihan dan Kekurangan Honda BR-V

Ulasan Spesifikasi dan Harga Honda BR-V - Honda BR-V pertama kali dikenalkan secara resmi kepada publik Indonesia pada tanggal 20 Agustus 2015 pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Mobil ini ditugaskan untuk mengisi kasta SUV menengah yang dianggap masih minim pemain. Dengan harga perkenalan berkisar anata 230-265 Juta Rupiah, diharapkan ia dapat menjadi sebagai primadona baru guna melawan Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Ford Ecosport. Pemesanan terbuka di tanah air dijadwalkan akan dilakukan pada awal tahun 2016. 

Test Drive Honda BR-V Indonesia

Eksterior Honda BR-V
Berdasarkan gambar yang diambil langsung dari hasil test drive, dapat terlihat jelas bahwa SUV andalan Honda ini memiliki desain yang merupakan pencampuran antara Honda CR-V dan Honda Mobilio. Dimana facia depan terlihat mencolok menyerupai Honda CR-V dengan penggunaan grill krom berbentuk besar dan dilengkapi logo H tegak di tengahnya. Honda BR-V mengusung cluster headlamp berbentuk ramping dengan sisipan krom yang memanjang di bawah grill. Visibilitas dalam mengemudi akan bertambah berkat penggunaan lampu proyektor balok. Di bawahnya, bumper terlihat menggunakan warna yang selaras dengan bodi dengan tampilan keseluruhan yang baik. Bagian asupan udara lebar juga turut hadir, sehingga memungkinkan pendinginan tepat untuk mesin kendaraan. Bagian ini diapit oleh sepasang lampu kabut yang dilingkari oleh krom mewah.

Foto Eksterior Honda BRV Indonesia

Beralih ke bagian sisi, Anda akan setuju bahwa desainnya mengikuti Honda Mobilio. Dimana garis atap yang naik ke arah belakang, dan membuat profil lebih ramping. Gagang pintu menggunakan warna yang sama dengan body, mungkin saja gagang pintu krom akan hadir sebagai model teratas. Sepasang rel pada bagian atap Honda BR-V memberikan pesona trendi khas mobil keluarga yang haus akan nuansa sporty. Sebuah antena kecil di bagian tengah belakang ikut dihadirkan sebagai penangkap sinyal radio FM/AM. Datang ke bagian belakang, lampu ekor didesain memanjang dan bersambung antara kedua bagian lampu. Cukup indah. Lalu 1 set velg diamond cut berukuran 16 inci digunakan sebagai velg standar. Hal yang terpenting adalah, ground clearance Honda BR-V atau jarak mobil ke permukaan tanah tercatat cukup tinggi, sekitar 200 mm.
.
Foto Eksterior Honda BRV Indonesia

Interior Honda BR-V
Penataan interior dari model ini tergolong cukup ergonomis dan sedap dipandang meskipun kesan mewah kurang terasa. Maklum saja, sejatinya mobil ini diposisikan di bawah Honda CR-V bahkan HR-V sekalipun, namun satu tingkat di atas Honda Mobilio. Yang paling menarik adalah Honda HR-V menyediakan paket penjualan dengan pilihan kursi tiga baris yang dapat dilipat 50 : 50 dan piluhan kursi dua baris. Bagi Anda yang sering bepergian bersama keluarga besar dapat memilih opsi pertama namun jika Anda sering bepergian dengan klien kerja dapat memilih opsi kedua. Karena kapasitas bagasi yang tersedia lebih besar.

Foto Interior Honda BRV Indonesia

Pada bagian pengemudi, tampilan informasi (MID) pada cluster instrumen di dashboard terlihat inovatif dan mudah dibaca dengan mudah. Sistem audio telah dilengkapi dengan panel layar sentuh yang dapat dihubungkan dengan smartphone melalui konektivitas Bluetooth. Untuk menambah kepraktiksannya, audio ini juga dapat diatur oleh pengemudi menggunakan tombol audio yang telah terintegrasi pada sisi kiri setir.

Foto Interior Honda BRV Indonesia

Tak hanya disitu saja, Honda BR-V juga dilengkapi oleh berbagai teknologi terkini guna menghadapi persaingan dengan para kompetitor, sebut saja seperti sistem cerdas menghidupkan mesin dengan cara menekan tombol push/stop button (One Push Ignition System). Tak ketinggalan, Honda Smart Key System juga ikut dihadirkan sebagai perlengkapan standar dan juga AC otomatis. AC ini dapat mengatur suhu kabin sesuai dengan kondisi panas udara luar mobil. Sistem pendinginan pastinya akan luas merata karena kisi-kisi AC juga terdapat pada baris penumpang kedua.

Foto Interior Honda BRV Indonesia

Kinerja dan Performa Mesin Honda BR-V
Pada sesi ini Topgir belum dapat memfoto langsung bagian dapur pacu karena dihalangi oleh petugas. Namun disini kami mendapatkan info bahwa Honda BR-V menggunakan mesin berkapasitas 1.5 liter i-VTEC untuk penyuplai tenaga. Mesin ini mampu menumpahkan tenaga hingga 120 HP pada putaran mesin 6.600 RPM dan torsi puncak sebesar 145 Nm pada 4.600 RPM. Daya yang dihasilkan disalurkan ke penggerak roda depan. Mesin ini dicangkokkan dengan transmisi otomatis CVT berteknologi Earth Dream ataupun transmisi manual 6 percepatan.

Impresi Berkendara dan Handling Honda BR-V
Honda BR-V ditawarkan dengan sistem pengereman yang kuat yang terdiri dari rem cakram di depan, dan drum rem di belakang. Hal ini dirasa cukup untuk menghentikan kendaraan ketika melaju dalam kecepatan tinggi hanya dalam waktu kurang dari 10 detik. Untuk pengaturan suspensi, ada McPherson strut standar untuk as roda depan, sementara yang belakang dipersenjatai dengan sistem torsion beam. Kenyamanan yang mampu diciptakan boleh dikatakan nyaman dan masih berada di batas toleransi. Jika diartikan, mobil ini lebih nyaman dari Honda Mobilio namun tidak senyaman Honda HR-V apalagi CR-V. Sebagai pelengkap fitur keselamatan, sistem rem anti penguncian (Anti-lock Braking System - ABS), sistem distribusi kekuatan rem (Electronic Brake Distribution - EBD) dan kontrol stabilitas kendaraan (Vehicle Stability Assist - VSA) ikut dihadirkan.

Spesifikasi dan Data Teknis Honda BR-V
  • Mesin : 1,5 liter 4 silinder segaris 16 katup i-VTEC.
  • Tenaga maksimum : 120 HP @6.600 RPM.
  • Torsi puncak : 145 Nm @4.600 RPM.
  • Konsumsi BBM : 13-15 km/L (dalam kota). 15-20 km/L (luar kota).
  • Suspensi : Depan MacPerson strut dan belakang Torsion Beam.

Kelebihan dan Kekurangan Honda BR-V


Kelebihan Honda BR-V
  • Format eksterior besar dan gagah.
  • Cukup irit untuk penggunaan dalam kota yang sering dilanda kemacetan.
  • Harga baru terjangkau.
  • Interior luas dengan adanya pilihan tujuh kursi.

Kekurangan Honda BR-V
  • Beban mesin terdengar dari bunyi yang dihasilkan, karena bobot mobil ini berat.
  • Interior biasa saja.
  • Kualitas interior kurang bagus.
  • Fitur keselamatan kurang lengkap jika dibandingkan para kompetitor.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Honda BR-V. Sebagai pemain baru dalam pasar SUV kelas menengah, Honda BR-V ini adalah calon kandidat kuat untuk melawan para rivalnya karena semua kebutuhan konsumen Indonesia telah dijawab oleh Honda melalui mobil ini. Baca juga ulasan mobil terkait lainnya :