6 Pilihan Roda Kemudi / Setir untuk Modifikasi

6 Pilihan Roda Kemudi / Setir untuk Modifikasi

Pilihan Setir untuk Modifikasi - Roda kemudi atau setir adalah salah satu komponen yang paling penting dalam mobil Anda, tidak hanya memungkinkan Anda untuk menunjuk diri ke arah yang benar, juga memberikan umpan balik langsung tentang kondisi jalan. Kebanyakan mobil datang dengan roda kemudi cukup hambar sebagai standar, jadi mengapa tidak membumbui pengalaman berkendara dengan roda kemudi baru yang segar? Berikut adalah enam pilihan yang Topgir sarankan.

CATATAN: Semua roda akan membutuhkan bos kit masing-masing sesuai dengan kendaraan Anda.

1. Momo Model 69
Momo tidaklah asing bagi semua modifikator. Sebagai pemula, Anda juga sering menemuinya pada mobil yang digunakan sebagai tunggangan harian. Salah satu roda kemudi yang memiliki desain unik dengan handgrip produksi Momo adalah Model 69.

Jual Momo Model 69 Bekas

Menawarkan diameter 350mm suede dan dibungkus rim, Model 69 dirancang mengguakan bingkai aluminium yang kuat. Hal ini secara khusus dirancang untuk aplikasi GT maka penggunaan suede di rim berfungsi untuk meningkatkan grip ketika memakai sarung tangan. Meskipun secara garis besar Momo Model 69 digunakan dalam balapan di sirkuit dan reli, namun beberapa orang yang memilih aliran modifikasi street legal juga banyak menggunakan setir model ini sebagai pemanis interior.

Cocok bos kit OMP,  Momo  dan juga Sparco.

2. Nardi Competition
Nardi memiliki sejarah panjang dalam berbagai event bergengsi pada ajang motorsport. Sejarah ini tercatat pertama kali di era tahun 1930-an ketika insinyur Enrico Nardi menjadi test driver Ferrari. Sehingga dalam jangka waktu yang panjang, banyak karyanya yang ditemukan di Ferrari.

Roda kemudi Nardi Competition dapat ditemukan sebagai standar di mobil tertentu seperti BMW 2002 dan Mazda MX-5 Mk1. Pada model baru, setir ini cenderung memiliki diameter 330mm, meskipun beberapa versi bisa sedikit lebih besar (roda BMW 2002 adalah 360 mm).

Jual Nardi Competition Bekas

Jika Anda ingin membeli roda kemudi Nardi haruslah memberikan perhatian ekstra, karena terdapat banyak produk replika yang dijual dalam wujud sangat mirip dengan versi asli namun dengan harga yang begitu menggoda. Jika ada yang mengatakan setir ini cocok untuk bos kit dan pola baut Momo, maka dapat dipastikan setir tersebut palsu. Pola yang digunakan sama sekali berbeda dengan produk produsen lainnya, sehingga harga akhir yang harus Anda tebus menjadi sedikit lebih mahal.

3. OMP Velocita
OMP, seperti halnya Sparco dan Momo, produsen ini telah populer di dunia motorsport, yang dapat ditemukan dalam ajang rally. Seperti Nardi Competition, OMP juga memiliki kualitas yang superior. Proses kondtruksi hanya menggunakan bahan terbaik.

Jual OMP Velocita Bekas

Desain yang diterapkan hampir sama dengan Momo model 69 namun di beberapa sisi desainnya lebih lengkung. Frame dibuat dari alumunium keras yang berguna untuk menambah jangka waktu penggunaan dalam lingkungan motorsport ekstrim. Di pasaran, setir hadir dengan pilihan diameter 350mm dan 380mm.  Roda kemudi dengan ukuran berbeda ini dapat ditebus dengan harga yang lebih murah dari kedua model di atas. Namun jika memiliki budget lebih, Anda juga dapat memilih versi mahalnya, yaitu OMP Velocita Superleggero yang harganya mencapai dua kali lipat dari versi biasa.

Cocok untuk bos kit OMP, Momo dan juga Sparco.

4. Momo Prototipo
Momo Prototipo, tidak seperti kebanyakan dari setir sebelumnya di atas yang lebih ditujukan untuk penggunaan pada ajang motorsport. Roda kemudi ini sejatinya memang lebih ditujukan untuk penggunaan harian. Sehingga harganya sedikit lebih murah dan relatif bersaing dengan OMP Velocita versi biasa. Meskipun tujuannya berbeda, namun kualitas yang ditawarkan tidak usah diragukan lagi. Material menggunakan bingkai aluminium berdiameter 350mm dengan balutan kulit pada rodanya. Bingkai ini tersedia dengan pilihan warna hitam ataupun silver.

Jual Momo Prototipo Bekas

Desain Momo Prototipo adalah campuran yang baik antara ukuran dan fungsionalitas, setiap pengguna pasti akan merasakan nyaman ketika menggenggamnya. Selain itu, roda kemudi ini cocok untuk digunakan pada mobil retro dan juga mobil masa kini. 

Cocok untuk bos kit OMP, Momo dan juga Sparco.

5. Sparco 383
Sparco 383 adalah jalan tengah terbaik baik antara desain roda kemudi motorsport dan penggunaan harian. Pencampuran yang terbaik dari kedua dunia memberikan tampilan setir di hampir setiap lingkungan modifikasi. Ukuran yang ditawarkan relatif terkecil dari model yang telah disebutkan di atas, yaitu 330mm dengan material rangka aluminium. Lingkaran roda dibalut dengan bahan suede lembut, menciptakan grip yang lebih baik dari model lain yang menggunakan kulit. Biasanya dijual dengan rentang harga pertengahan dari merk yang telah disebutkan di atas.

Jual Sparco 383 Bekas

Cocok untuk bos kit OMP, Momo dan juga Sparco.

6. Momo Model 07
Pada pandangan pertama, Momo Model 07 terlihat sangat mirip dengan roda kemudi Prototipo di atas, tetapi ada beberapa hal penting yang membuatnya berbeda dengan model lainnya. Yaitu jarak antara roda kemudi dan posisi duduk pengendara lebih dekat sekitar 60mm lebih dari Prototipo. Artinya, posisi  jauh lebih dekat dengan dada Anda saat berkendara. Selain itu, Momo model 07 disediakan dengan bahan pembungkus suede dan kulit. Sedangkan frame / rangka hanya disediakan dengan pilihan warna hitam.

Model 07 cenderung memiliki harga yang bersaing dengan Sparco di atas. Sebagai catatan, model dengan balutan kulit lebih mudah ditemukan dibandingkan model suede. 

Jual Momo Model 07 Bekas

Cocok untuk bos kit OMP, Momo dan juga Sparco.

Demikian beberapa pilihan roda kemudi / setir untuk menambah kesan manis interior mobil Anda. Untuk harga lebih tepatnya, Anda dapat mencari referensi dari berbagai forum modifikasi secara online. Hindari membeli produk palsu, karena daya tahannya jauh lebih jelek dari produk asli yang dijual secara bekas. Semoga membantu. Baca juga: