Kelebihan dan Kekurangan Toyota Previa

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Previa

Ulasan Spesifikasi dan Harga Toyota Previa - Toyota Previa merupakan salah satu minivan yang sangat populer di beberapa di negara Asia. Hingga sekarang, produksinya telah masuk ke generasi ketiga. Generasi pertama dikenal dengan sebutan Estima, Previa, dan Tarago yang dapat dikenali dengan mudah karena bentuknya yang seperti telur. Di Indonesia, generasi ini tidak diimpor secara resmi, melainkan masuk secara dalam kondisi bekas di pelabuhan bebas seperti Batam dan juga Sabang.

Previa pertama kali dikenalkan di Indonesia pada tahun 2000 melalui ATPM Toyota yang dihadirkan secara CBU dan dijual hingga tahun 2006. Di pasaran, mobil ini bersaing dalam segmen mobil keluarga kelas menengah yang pada awalnya hanya diisi oleh Kia Sedona dan juga Honda Odyssey. Karena harganya yang terlampau tinggi, banyak orang yang merasa ogah memilih mobil ini. Terlebih suku cadang yang tersedia harganya tergolong mahal, karena mesin diadopsi dari sedan mewah, Toyota Camry.

Eksterior Toyota Previa 
Ciri khas Previa adalah bentuk eksteriornya yang membulat menyerupai telur. Namun berbeda dengan pendahulunya, karena Previa yang diulas ini bentuknya lebih 'manusiawi'. Maksudnya, lebih sedap dipandang mata. Yang paling menarik dari mobil ini adalah adanya sliding door di kedua sisi untuk baris kedua, akses keluar masuk pun menjadi lebih mudah. Selain itu, Previa ini juga dibekali dengan dual moonroof, satu model pop-up (bagian atas penumpang depan) dan satunya lagi model sliding (bagian penumpang baris kedua).
Ulasan Foto Eksterior Toyota Previa
Foto Eksterior Toyota Previa
Pada bagian depan, lampu utama yang digunakan menyerupai bentuk lampu dari Camry versi Eropa dengan tahun produksi yang sama. Beranjak ke bagian belakang, telah menerapkan desain lampu yang dilengkapi dengan garnish memanjang dari kiri hingga ke kanan. Dibagian tengahnya, disisipkan tempat peletakan plat nomor. 

Interior Toyota Previa
Poin utama yang menjadikan Previa sangat patut dijadikan sebagai mobil keluarga terletak pada bagian kabinnya yang sangat lega. Pada foto di bawah, terlihat dengan jelas betapa luasnya legroom dan headroom yang ditawarkan. Kursi baris depan dan tengah menggunakan konfigurasi Captain Seat. Sebagai tambahan, kursi baris kedua dengan dapat diputar ke belakang 180 derajat, seperti van Amerika pada umumnya. Untuk melengkapi kenyamanan dalam bepergian, Toyota telah membekali Previa dengan tempat penyimpanan yang sangat banyak, termasuk cupholder. 
Ulasan Foto Interior Toyota Previa
Foto Interior Toyota Previa
Performa Mesin Toyota Previa
Sebenarnya, Toyota Previa yang masuk ke Indonesia hadir dengan dua pilihan mesin bensin, 2.4 liter dan 3.5 liter V6. Berhubung unit yang bermesin 2.4 liter yang paling banyak beredar, maka yang diulas kali ini hanya mesin 2.4 liter, yang diadopsi dari Camry tanpa perbedaan sedikit pun. Sehingga suku cadang dapat disubstitusi antara satu sama lainnya. Mesin ini mampu memproduksi tenaga hingga 157 HP pada putaran 5.700 RPM dan torsi puncak 225 Nm pada 4.000 RPM. Sayangnya, hanya satu pilihan transmisi yang disediakan, yaitu transmisi otomatis 4 percepatan.
Foto Mesin Toyota Previa
Foto Mesin Toyota Previa
Impresi dan Handling Toyota Previa
Berkat platform yang juga diadopsi dari Camry, MPV ini memiliki kenyamanan yang dapat dikatakan terdepan di kelasnya. Kenyamanan ini disuguhi oleh suspensi yang lembut dan tidak mudah limbung pada kecepatan tinggi, kecuali pada saat bermanuver. Ketika digunakan stop and go ketika macet, mobil ini terasa lamban, karena transmisi matic yang digunakannya kurang responsif jika dibandingkan Camry.

Spesifikasi Toyota Previa
  • Mesin: 2.4 liter 2AZ-FE Bensin 4 silinder segaris 16 katup.
  • Tenaga : 157 HP @5.700 RPM.
  • Torsi : 225 Nm @4.000 RPM.
  • Konsumsi BBM : 5-7km / L (dalam kota), 9-12km / L (luar kota).
  • Transmisi : Otomatis 4 percepatan.
  • Suspensi : Depan McPherson strut, belakang torsion beam.
  • Rival : Kia Sedona, Nissan Serena, Honda Odyssey dan Mitsubishi Grandis.
  • Tahun produksi : 2001-2006)

Harga Toyota Previa
Toyota Previa memiliki harga yang gelap di pasaran, kebanyakan pemilik mobil ini sangat mempertimbangkan harga jual yang terlalu rendah, kecuali ketika sedang kepepet. Begitulah kira-kira. Harga normal untuk mobil ini berada di kisaran 100 juta - 130 untuk tahun keluaran 2001, 2002 dan 2003. Sedangkan untuk tahun 2004, 2005 dan 2006 berkisar 140 juta hingga 170 jutaan.

Kelebihan Toyota Previa
  • Berpenggerak roda depan.
  • Interior sangat mewah.
  • Eksterior unik dan stylish.
  • Nyaman.
  • Handling seperti sedan.
  • Sparepart mesin dapat disubstitusi dengan Camry.
  • Pintu model geser.

Kekurangan Toyota Previa 
  • Ruang belakang agak sempit.
  • Transmisi kurang responsif.
  • Cluster instrumen terletak di tengah.
  • Sparepart lumayan mahal.
  • BBM tergolong boros.
  • Beberapa suku cadang selain mesin lumayan langka.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Toyota Previa. Bagi Anda yang sering berpiknik bersama keluarga pada akhir pekan, mobil ini adalah pilihan yang paling bijak. Hal ini dikarenakan beberapa fitur yang dibawanya merupakan terdepan di kelasnya, seperti dual moonroof, sliding door dan juga captain seat. Semoga membantu. Baca juga beberapa ulasan rivalnya sebagai berikut :