Kelebihan dan Kekurangan Toyota Corolla All New 1.6 AE111

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Corolla All New 1.6 AE111

Ulasan Spesifikasi Toyota Corolla AE111 - Toyota Corolla AE111 atau lebih akrab dikenal di Indonesia dengan sebutan Corolla All New merupakan generasi kedelapan dari seluruh keluarga Corolla di seluruh dunia. Semua komponen yang dibawanya masih dicangkok dari Great Corolla AE101. Perbedaannya hanya terletak pada sektor eksterior dan interiornya saja.

Pada dasarnya, mobil ini hadir di Indonesia pada tahun 1996 untuk menggantikan kiprah Great Corolla yang telah dijual selama 4 tahun. Penjualannya sendiri hanya dilakukan dua tahun, karena sejak diluncurkan, All New Corolla dinilai lebih jelek dari Great Corolla. Akhirnya pada tahun 1998 posisinya diganti oleh New Corolla AE112 yang mendapatkan penyegaran di seluruh sektor. Di pasar mobil bekas, Corolla ini menjadi pesaing bagi Honda Civic Ferio, Mitsubishi Lancer CK4, Mazda Lantis dan juga BMW 318i E36.

Eksterior Toyota Corolla AE111
Sejujurnya, tidak ada yang memuji tentang desain eksterior sedan kompak ini. Bahkan dalam jangka waktu yang sama, penjualan mobil ini kalah telak Honda Civic Ferio akibat desain eksterior yang terkesan jelek dan tidak bertahan lama. Hal ini sangat disayangkan, mengingat pendahulunya, Great Corolla, mampu menguasai pasar dan mengalahkan penjualan rivalnya, Honda Genio berkat desain eksterior yang begitu sedap dipandang mata.
Foto Modifikasi Eksterior Toyota All New Corolla 1.6 AE111
Foto Eksterior Toyota Corolla All New 1.6 AE111
Interior Toyota Corolla AE111
Beranjak ke dalam kabin, Anda dapat menilai langsung dari kualitas material interior yang digunakan, sama sekali tidak ada perbedaan dengan Great Corolla. Fitur yang dibawanya pun tidak ada yang mewah. Namun baiknya, bentuk dashboard telah di desain ulang dan lebih baik dari pendahulunya.
Foto Interior Toyota All New Corolla 1.6 AE111
Foto Interior Toyota Corolla All New 1.6 AE111
Ergonomi dan ruang kabin bukanlah titik kuat dari All New Corolla, meskipun ukurannya sedikit lebih luas dari Great Corolla. Bagi orang berpostur lebih dari 175cm, pasti akan merasa risih ketika duduk di kursi belakang karena legroom terlalu sempit.

Performa dan Kinerja Mesin Toyota Corolla AE111
Foto Mesin Toyota All New Corolla 1.6 AE111
Foto Mesin Toyota Corolla All New 1.6 AE111
Mesin yang ditawarkan masih sama dengan yang sebelumnya, hanya satu pilihan, 1.6 liter 4 silinder segaris dengan kode 4A-FE. Mesin ini dapat memproduksi tenaga hingga 110 HP pada 6.000 RPM dan torsi puncak 145 Nm pada 4.800 RPM. Kolaborasi antara tenaga dan torsi yang dihasilkan dirasa sangat cukup untuk menjelajah kota yang sering dilanda kemacetan. Selain itu, mesin 4A-FE terkenal sangat bandel dan daya tahannya yang begitu tinggi. Suku cadang fast moving dan slow movingnya pun tergolong murah.

Impresi dan Handling Toyota Corolla AE111
Generasi Corolla tahun 90-an terkenal sangat nyaman. Hal ini dikarenakan suspensi yang digunakan di depan dan belakang berupa tipe independen. Pada kecepatan rendah hingga menengah, gejala limbung dapat direduksi dengan baik. Namun pada kecepatan tinggi, gejala limbung mulai terasa. Selain itu, kehandalan bermanuver bukanlah kekuatan dari sebuah sedan Toyota, akibat dari penggunaan suspensi di atas.

Spesifikasi Toyota Corolla AE111 
  • Mesin : 1.6 liter 4A-FE 4 silinder segaris.
  • Tenaga : 110 HP @6.000 RPM.
  • Torsi : 145 Nm @4.800 RPM.
  • Konsumsi BBM : 8-12km / L (dalam kota), 10-13km / L (luar kota).
  • Transmisi : 5-speed manual, 4-speed otomatis.
  • Suspensi: depan dan belakang McPherson struts independen.
  • Rival : Mitsubishi Lancer CK4 (Evo 4), Honda Civic Ferio, Mazda 323 Lantis.
  • Penjualan: 1996 - 1997.

Harga Toyota Corolla AE111
Meskipun umurnya terbilang lebih muda dari Great Corolla, namun mobil ini harganya lebih murah. Ini dikarenakan modelnya yang terlanjur usang dan sepi peminat. Untuk tahun 1996, dapat Anda tebus sebesar 50 jutaan saja, dan 60 jutaan untuk tahun 1997.

Kelebihan Toyota Corolla AE111
  • Harga murah.
  • Biaya perawatan murah.
  • Sparepart murah dan melimpah.
  • Desain interior lumayan menarik.

Kekurangan Toyota Corolla AE111 
  • Tidak fun to drive.
  • Kabin semput.
  • Terkenal dengan penyakit power steering dan kaki-kaki.
  • Model jelek.
  • Interior hambar.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta Kelebihan dan Kekurangan Toyota Corolla All New 1.6 AE111. Berdasarkan artikel di atas, dapat disimpulkan bahwa mobil ini tidak lebih baik dari pendahulunya. Ada baiknya Anda memilih Great Corolla karena harga jualnya lebih bertahan. Semoga membantu, baca juga: