Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga

Ulasan Spesifikasi dan Harga Suzuki Ertiga - Suzuki Ertiga adalah salah satu model terlaris produksi Suzuki yang dimasukkan pada segmen kendaraan utilitas (MPV). Sejak diluncurkan, Ertiga telah memberikan kontribusi yang sangat bagi Suzuki untuk mencapai posisinya sebagai produsen mobil terkemuka di tanah air setelah Toyota dan Daihatsu. 

Beberapa waktu silam, Suzuki telah memamerkan model Ertiga Facelift pada bulan Agustus 2015 pada gelaran Indonesia International Motor Show. Peningkatan yang dilakukan hanya sebatas minor facelift yang meliputi kostumisasi eksterior dan interior. Fitur interior yang dibawanya masih sama dengan model yang akan diulas kali ini, hanya terdapat perubahan skema warna yang dulunya cerah sekarang menjadi coklat gelap. Sementara itu, tenaga mesin malah turun menjadi 2-3 HP. Cukup disayangkan, mengingat para kompetitor sudah selangkah lebih maju dalam hal peningkatan tenaga mesin. 

Eksterior Suzuki Ertiga
Pada bagian luar, Ertiga menggunakan grill depan dengan bilah horizontal berwarna hitam dengan tambahan logo Suzuki di tengahnya. Klaster lampu depan yang besar dilengkapi dengan halogen. Sedangkan bendungan udara di bumper depan cukup besar yang berfungsi untuk memasok udara lebih sebagai pendingin mesin. Tipe menengah dan tipe tertinggi dilengkapi dengan lampu kabut terintegrasi di bumper yang dikelilingi oleh bezel.
Modifikasi Keren Suzuki Ertiga
Foto Eksterior Suzuki Ertiga 
Melangkah ke bagian sisinya, profil Ertiga terlihat cukup stylish mengingat pilarnya diwarnai hitam gelap. Gagang pintu dan spion luar yang dilengkapi indikator lampu sein dicat sewarna dengan body. Seperti bagian depan dan samping, profil belakangnya juga terlihat cukup menarik. Disini, Ertiga memiliki tailgate besar yang dihiasi dengan aksen krom di atasnya. Sayangnya, klaster lampu belakang terlalu kecil dan terlihat terlalu polos.

Suzuki Ertiga diberkati dengan dimensi yang baik dan ini membantu membuat interior menjadi cukup luas. Panjang keseluruhan tercatat sekitar 4265mm, lebar 1695mm, dan tinggi 1685mm. Dan yang tak kalah penting adalah ground clearance yang ditawarkan, cukup layak, yaitu 185mm.

Interior Suzuki Ertiga
Ini adalah pertama kalinya Suzuki membangun sebuah MPV kompak yang didasarkan pada platform Suzuki Swift, berbeda dengan saudaranya yang lain yaitu APV. Kabinnya cukup lapang pada baris pertama dan kedua, ditambah lagi dengan proses finishing interior yang rapi. Bahkan lebih baik dari perkiraan harga yang telah Anda bayar. Namun desain dashboard yang diterapkan tidak terlalu berkesan, karena bukan lagi suatu hal yang baru. Beberapa  fitur yang ditawarkan menyerupai para kompetitornya.
Interior kabin Suzuki Ertiga Facelift
Foto Interior kabin Suzuki Ertiga
Dashboard menggunakan skema warna two-tone, dimana disekelilingnya menggunakan aksen metalik. Pada bagian panel instrumen, telah dilengkapi dengan beberapa tampilan informasi, antara seperti pengingat kondisi pintu terbuka dan indikator BBM. Kursi yang digunakan cukup nyaman karena dilengkapi dengan headrest yang dapat diatur. Kenyamanan semakin bertambah dengan banyaknya tempat penyimpanan yang ditawarkan untuk barang bawaan kecil dan pemegang botol (cup holder). 

Performa Mesin Suzuki Ertiga
Suzuki Ertiga versi Indonesia hanya disediakan dengan pilihan mesin tunggal berbahan bakar bensin. Mesin dengan kode K14B 4 silinder segaris 16 katup berkapasitas 1.4 liter ini mampu memproduksi tenaga hingga 95 HP pada 6.000 RPM dan torsi puncak sebesar 130 Nm 4.000 RPM. Meskipun tenaganya tergolong kecil, namun berkat berpenggerak roda depan Suzuki Ertiga memiliki performa yang baik, karena tenaga dari mesin dapat langsung didistribusikan ke roda secara sempurna. Buktinya, Ertiga dapat melaju hingga 100 kph hanya dalam waktu 14 detik saja, sedangkan topspeednya 160 kph.
Foto Mesin Suzuki Ertiga Facelift
Foto Mesin Suzuki Ertiga
Impresi dan Handling Suzuki Ertiga
Ukurannya yang besar bukan berarti Ertiga memiliki handling yang buruk. Ertiga telah dibekali dengan suspensi mumpuni yang menawarkan stabilitas yang baik. Pada bagian depan menggunakan suspensi McPherson strut dan belakang rigid axle plus torsion beam. Mungkin Anda tidak akan percaya jika MPV ini handlingnya seperti hatchback dan menjadi yang terbaik di kelasnya dibandingkan para kompetitor.

Spesifikasi Suzuki Ertiga
  • Tahun penjualan : 2012-sekarang. 
  • Mesin : 1.4 liter K14B 4 silinder segaris 16 katup DOHC VVT. 
  • Tenaga maksimum : 95 HP @6.000 RPM. 
  • Torsi puncak : 130Nm @4.000 RPM. 
  • Rasio kompresi : 1:10. 
  • Bore x Stroke : 73mm x 82mm 
  • Berpenggerak roda depan. 
  • Konsumsi bahan bakar: 10-13km / L (dalam kota), 14-17km / L (luar kota) 
  • Transmisi : 5-speed manual, 4-speed otomatis. 
  • Suspensi : Depan McPherson strut independen, belakang torsion beam. 
  • Rival: Honda Mobilio, Datsun Go Plus, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Nissan Grand Livina. 

Harga Baru
Suzuki Ertiga Tipe GA M/T : Rp. 171.500.000
Suzuki Ertiga Tipe GL M/T : Rp. 188.000.000
Suzuki Ertiga Tipe GX M/T : Rp. 199.500.000
Suzuki Ertiga Tipe GL A/T : Rp. 200.500.000
Suzuki Ertiga Tipe GX A/T : Rp. 212.000.000
Suzuki Ertiga Tipe Sporty M/T : Rp. 199.000.000
Suzuki Ertiga Tipe Sporty A/T : Rp. 212.000.000
Suzuki Ertiga Tipe GX Ellegant M/T : Rp. 219.000.000
Suzuki Ertiga Tipe GX Ellegant A/T : Rp. 231.000.000
*) Harga oktober 2014

Harga Bekas
Banyaknya tipe yang dihadirkan membuat harga bekasnya sangat beragam. Untuk unit tipe tertinggi dengan kondisi yang fit, ditawarkan dengan harga 160 jutaan. Sedangkan untuk tipe terendah yang sangat minim fitur, dapat ditebus dengan budget 120 jutaan saja. Harga tersebut berlaku untuk tahun keluaran pertama (2012). Untuk tahun-tahun berikutnya harga naik 10 jutaan / tahun.

Kelebihan Suzuki Ertiga
  • 7 seater.
  • Berkonfigurasi penggerak roda depan.
  • Konsumsi BBM irit.
  • Kabin luas dengan legroom dan headroom yang lega.
  • Rasio transmisi panjang.
  • Fitur keselamatan lebih lengkap dari para kompetitor.
  • Nyaman dan handling mumpuni.
  • Bagasi besar.
  • Sparepart melimpah.

Kekurangan Suzuki Ertiga
  • Varian terendah minim fitur.
  • Akselerasi biasa saja.
  • Kursi baris ketiga kurang praktis.
  • Pelapis trim pintu mudah kotor.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Suzuki Ertiga. Kenyamanan Ertiga tidak perlu dirgukan lagi, harga yang terjangkau plus banyaknya unit yang berseliweran di jalanan akan menjamin sparepart mobil ini akan selalu tersedia. Baca juga beberapa ulasan dari kompetitornya sebagai berikut :