Kelebihan dan Kekurangan Nissan Murano

Kelebihan dan Kekurangan Nissan Murano

Ulasan Spesifikasi dan Harga Nissan Murano - Nissan Murano merupakan sebuah SUV yang diproduksi oleh Nissan untuk melengkapi lininya pada segmen SUV premium. Di Indonesia, nama Murano mungkin tidak terlalu bersinar, karena memang Nissan Murano tidak dijual secara resmi, melainkan masuk secara CBU melalui importir umum. Pada segmennya, Nissan Murano diposisikan untuk bersaing dengan Honda CRV, BMW X5, Toyota Harrier dan kembarannya, Lexus RX 350.

Nissan Murano pertama kali dikenalkan kepada publik pada tahun 2004 bersamaan dengan sedan Sport Nissan 350z. Penjualannya sendiri tergolong gelap, dimana harga unit baru pada saat itu terlalu tinggi sementara harga jual kembali sangat jatuh. Untuk membangkingkat selera konsumen, mobil ini mengalami peningkatan penampilan pada tahun 2008.

Eksterior Nissan Murano
Desainer di Nissan percaya pada filsafat "out of the box" untuk mendesain mobil sport mahal. Nissan seakan berhasil menggabungkan bentuk dan fungsi dalam satu paket pada produk akhirnya tanpa perbedaan dari apa yang mereka inginkan. Anda bahkan akan mengatakan kepada diri sendiri bahwa style Italia yang diterapkan pada mobil ini tergolong unik dan menarik. Berani tampil beda dari SUV lainnya.
Foto Eksterior Nissan Murano Indonesia
Foto Eksterior Nissan Murano bagian Depan
Desain luar Nissan Murano pada dasarnya dikonsepkan sebagai gabungan antara sebuah mobil keluarga sporty yang mampu melewati medan berat. Sepintas, Murano mampu memancarkan kesan dinamis ditambah lagi dengan nuansa futuristis tiada tara. Hal ini dapat terlihat dari desain bonnet dan buritan agresif dengan penggunaan headlamp model kaku dan menajam ke belakang mengikuti alur sisi depan mobil. Grill depan dirancang cukup lebar berbahan titanium. Beralih ke belakang, penerapan desain dari 350Z juga masih kental dimana stop lamp dan pilar C memiliki jendela dengan bentuk mengecil mengikuti lekuk buritan. 
Foto Eksterior Nissan Murano bagian Belakang
Foto Eksterior Nissan Murano bagian Belakang
Interior Nissan Murano
Nilai-nilai kenyamanan untuk penghuni kabin adalah prioritas yang paling diutamakan oleh Nissan. Hal ini terpancar dari penggunaan kursi berukuran jumbo, kualitas sistem pendinginan kabin yang diatas rata-rata, serta sistem peredaman kabin. Terbukti, SUV ini sangat nyaman dihuni oleh orang dewasa yang memiliki postur lebih dari 180 cm. Dijamin, semua penghuni dapat mengatur posisi duduk senyaman mungkin sesuai selera. Kursi pengemudi dapat diatur menggunakan tombol elektrik.
Foto Interior Nissan Murano Indonesia
Foto Interior Nissan Murano
Selama bepergian, Anda akan dimanjakan oleh Audio System dari BOSE yang kualitasnya telah diuji pada berbagai mobil mewah. Selain CD, MP3 dan radio, LCD berukuran 9 inci juga turut dibenamkan pada bagian tengah dasbor yang dilengkapi oleh tombol konsol AC dibawahnya. Namun satu hal yang cukup mengecewakan, fitur-fitur yang yang telah disebutkan kebanyakan menggunakan bahasa Jepang, cukup sulit untuk mengoperasikannya bagi Anda yang belum terbiasa. Selain ruang kabin yang sangat lega, tempat penyimpanan bagasi juga masih dapat memuat barang bawaan yang banyak karena ukuran volumenya yang besar.

Performa dan Kinerja Mesin Nissan Murano
Untuk pasar Indonesia, Nissan Murano dijual dengan dua pilihan mesin. Mesin pertama berkapasitas 2.5 liter QR25DE yang juga digunakan pada Nissan X-Trail gen1. Mesin berkonfigurasi 4 silinder segaris 16 katup ini mampu menghantarkan tenaga maksimum sebesar 180 HP pada 6.000 RPM dan torsi 245 Nm pada 4.000 RPM. Versi 2.5 liter berpenggerak FWD / roda depan.
Mesin Nissan Murano 2.5 liter Indonesia
Foto Mesin Nissan Murano 2.5 liter
Sedangkan mesin lainnya berkapasitas 3.5 liter dengan konfigurasi V6 24 katup. Mesin berkode VQ35DE ini dapat memproduksi tenaga hingga 245 HP pada 5.800 RPM dan torsi puncak 333 Nm pada 4.400 RPM. Kabar baiknya, versi ini didukung oleh sistem penggerak AWD.
Foto Mesin Nissan Murano 3.5 liter V6
Kedua jenis mesin yang telah disebutkan di atas didukung oleh teknologi pengaturan katup CVTC (Continuously Variable Valve Timing Control) dengan transmisi berteknologi CVT (Continuously Variable Transmission) yang memiliki kinerja halus ketika proses perpindahan gigi, khususnya ketika kick down. Selain itu, mesinnya juga dilengkapi oleh compact balancer shaft guna mereduksi getaran yang dihasilkan oleh mesin.

Impresi dan Handling Nissan Murano
Meskipun Nissan Murano memiliki ground clearance yang begitu tinggi sama seperti SUV lain pada umumnya, namun ia memiliki stabilitas yang begitu ketika bermanuver. Ini dikarenakan penggunaan suspensi berkarakter sport yang juga digunakan pada Nissan GT-R. Pengendaliannya juga cukup mudah, ketika digeber pada kecepatan tinggi, setir sama sekali tidak liar. Ketika menemui jalan kurang rata, suspensi sportnya juga cukup nyaman, minim getaran. Hal ini mematahkan argumen bahwa semua mobil dengan suspensi berkarakter sport tidak dapat memberikan kenyamanan maksimum.

Spesifikasi Nissan Murano
  • Mesin : 2.5 liter QR25DE dan 3.5 liter VQ35DE.
  • Tenaga : 180 HP @6.000 RPM (2.5) ; 245 HP @5.800 RPM.
  • Torsi : 245 Nm @4.000 RPM (2.5) ; 333 Nm @4.400 RPM.
  • Bore x Stroke : 89mm x 100mm (2.5) ; 95,5mm x 81,4mm (3.5).
  • Rasio kompresi : 9.5:1 (2.5) ; 10,3:1 (3.5).
  • Konsumsi BBM : 4-6km / L (dalam kota), 9-11km / L (luar kota).
  • Transmisi : Continuously Variable Transmission.
  • Suspensi : Depan MacPherson strut, belakang multi-link dengan coil spring.
  • Rival : Mazda CX-7, Toyota Harrier, Lexus RX Series, BMW X5.
  • Penjualan: 2004-2007 (gen1), 2008-2012 (gen2)

Harga Nissan Murano
Seperti yang telah disebutkan pada paragraf pertama, di pasar lokal Nissan Murano memiliki harga yang cukup gelap. Untuk gen1 unit keluaran tahun 2004 - 2007 bermesin 2.5 liter dapat Anda tebus mulai 180 juta hingga 220 jutaan. Khusus untuk mesin 3.5 liter untuk tahun yang sama, harga yang ditawarkan mulai dari 200 juta hingga 240 jutaan. Sedangkan untuk gen2 bermesin 2.5 liter harganya mulai dari 280 - 335 jutaan dan yang bermesin 3.5 liter mulai dari 380 - 520 jutaan.

Kelebihan Nissan Murano
  • Stylish.
  • Kabin lapang.
  • Kualitas interior superior.
  • Fitur interior menarik.
  • Fitur keselamatan sangat lengkap.
  • Stabil dan sangat nyaman.
  • Peredaman kabin bagus.
  • Performa mesin luar biasa (3.5 liter).
  • Transmisi responsif.

Kekurangan Nissan Murano 
  • Visibilitas ke belakang terhalangi kaca yang kecil.
  • Biaya perawatan mahal.
  • Sparepart terbatas (3.5 liter).
  • Tarikan lemah (2.5 liter).
  • Hanya dapat dihuni oleh lima penumpang.
  • Harga jual kembali sangat rendah.
  • Unit terbatas.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Nissan Murano. Secara keseluruhan, Nissan Murano adalah salah satu SUV yang cukup menarik untuk dikendarai, terlebih lagi karena unitnya yang tergolong langka sehingga Anda akan tampil beda di jalanan. Semoga berkenan. Baca juga: