Kelebihan dan Kekurangan Honda Mobilio

Kelebihan dan Kekurangan Honda Mobilio

Ulasan Spesifikasi dan Harga Honda Mobilio - Untuk pertama kalinya, pabrikan besar asal Jepang yaitu Honda telah membuat sebuah gebrakan baru. Yaitu dengan meluncurkan MPV murah berkapasitas 7 penumpang yang bersaing di segmen MPV low entry bersama Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Chevrolet Spin, Nissan Grand Livina dan Suzuki Ertiga. Kesan yang ditimbulkan memang sedikit aneh, karena selama ini Honda lebih dominan meluncurkan produknya di segala segmen kasta premium.

Honda Mobilio diluncurkan pada Januari 2014 setelah dipamerkan pertama kali di pergelaran Indonesia International Motor Show September 2013. Saat itu, tercatat 20.000 orang telah menunggu daftar inden. Apresiasi yang sangat bagus untuk sebuah low entry MPV pendatang baru. 

Eksterior Honda Mobilio 
Honda menggunakan desain struktur tubuh triking untuk Mobilio, yang dilengkapi dengan sejumlah fitur untuk memberikan tampilan menawan. Dimulai dari profil depannya, Mobilio mengusung cluster lampu berdesain melengkung, yang digabungkan dengan lampu halogen yang kuat dan indikator di sisinya. Khusus untuk varian atas, Tipe RS, dilengkapi dengan lampu proyektor. Kisi-kisi grill berbentuk besar dengan tiga bilah dan logo H tegak berlapis krom di tengahnya.
Modifikasi Honda Mobilio
Eksterior Honda Mobilio
Tepat di bawahnya, terlihat bumper berwarna yang senada dengan body dan terdapat sebuah intake udara besar untuk pendinginan mesin. Intake udara ini diapit oleh sepasang lampu kabut berbentuk bulat untuk menambah visibilitas. Ada beberapa karakter garis terlihat pada kap, yang memberikan depan yang terlihat layak. Kaca depan besar menggunakan dari kaca berwarna hijau, yang disertai dengan satu set wiper intermittent. Sedangkan pada bagian belakangnya juga menggunakan kaca berukuran besar plus adanya wiper. Varian RS dilengkapi dengan defogger, sedangkan tipe lainnya fitur ini ditanggalkan. Lanjut ke lampu belakang, telah didukung oleh stoplamp berintensitas tinggi dan lampu indikator mundur bersama dengan indikator sein. Tailgate didesain cukup besar dengan banyaknya aksen krom. 

Honda Mobilio memiliki dimensi panjang keseluruhan 4386mm dan lebar total 1683mm. Sedangkan tingginya 1603mm, yang menjamin ruang kepala cukup lapang untuk semua penghuni kabin. Sumbu roda memiliki jarak 2652mm besar. Di sisi lain, Mobilio memiliki ground clearance yang tidak terlalu tinggi, yaitu 189mm.

Interior Honda Mobilio 
Mobilio memiliki interior yang lebih kurang mirip dengan Honda Brio. Pada varian tinggi, skema yang digunakan berupa two-tone dan varian rendah hingga menengah hanya menggunakan skema tunggal, warna beige. Dashboard diterapkan dengan warna hitam plus adanya aksen timbul dengan sisipan warna perak. Hal ini dilengkapi dengan aspek canggih seperti panel instrumen, unit AC, dan setir model 3 spok. Pada bagian kiri setir ini telah dilengkapi dengan tombol kontrol audio sehingga kenyamanan dalam berkendara semakin bertambah. 
Foto Interior kabin Honda Mobilio
Foto Interior Honda Mobilio
Kabin yang interior menggunakan jok empuk yang dilapisi dengan kain. Semua jok telah terintegrasi dengan penopang kepala untuk menambah kenyamanan. Kursi pengemudi memiliki fungsi elektrik adjustable sedangkan baris kedua memiliki fasilitas lipat 60:40. Pada saat yang sama, kursi baris ketiga memiliki fasilitas lipat 50:50, yang membantu untuk meningkatkan ruang bagasi. Ada banyak ruang kaki yang tersedia di baris kedua karena dirancang khusus pengaturan tempat duduk nya. Terakhir, semua varian telah dilengkapi beberapa aspek utilitas yang penting, seperti cup holder, glovebox, dan juga sunvisor yang dilengkapi dengan cermin.

Performa Mesin Honda Mobilio
Di Indonesia, Mobilio hanya dihadirkan dengan pilihan mesin tunggal, yaitu mesin 1.5 liter L15Z1 4 silinder segaris 16 katup i-VTEC. Mesin ini mampu memproduksi tenaga hingga 116 HP pada putaran 6.600 RPM. Sedangkan torsi puncaknya yaitu berkisar 148 Nm pada putaran 4.600. Sayangnya, pilihan mesin diesel seperti di India belum tersedia di tanah air hingga saat ini.
Foto Mesin Mobilio
Foto Mesin Mobilio
Impresi dan Handling Honda Mobilio
Honda Mobilio memiliki penanganan tergolong baik, meskipun masih sedikit berada di bawah rivalnya, Suzuki Ertiga. Hal ini ditunjang lagi oleh sistem penggereman yang mumpuni. Sehingga Anda tidak gelisah ketika menggebernya pada kecepatan tinggi. Suspensi depan menggunakan McPherson Strut seperti MPV kebanyakan, sementara bagian belakang menggunakan suspensi model torsion beam yang mampu menjaga mobil tetap stabil dan seimbang ketika mengangkut muatan berlebih.

Spesifikasi Honda Mobilio
  • Tahun penjualan : 2014-sekarang. 
  • Mesin : 1.5 liter L15Z1 4 silinder segaris 16 katup i-VTEC.
  • Tenaga maksimum : 116 HP @6.600 RPM. 
  • Torsi puncak : 148 Nm @4.600 RPM. 
  • Rasio kompresi : 73mm x 83,9mm
  • Bore x Stroke : 10,3:1
  • Berpenggerak roda depan. 
  • Konsumsi bahan bakar: 10-12km / L (dalam kota), 13-16km / L (luar kota) 
  • Transmisi : 5-speed manual, 4-speed otomatis. 
  • Suspensi : Depan McPherson strut independen, belakang torsion beam. 
  • Rival: Suzuki Ertiga, Datsun Go Plus, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Chevrolet Spin. 

Harga Baru
Tipe S Manual Rp. 168.500.000
Tipe E Manual Rp. 189.000.000
Tipe E CVT Rp. 200.000.000
Tipe Prestige CVT Rp. 208.500.000
Tipe RS Manual Rp. 212.000.000
Tipe RS CVT Rp. 222.500.000

Harga Bekas
Tipe S Manual Rp 148 juta
Tipe E Manual Rp 154 juta
Tipe E CVT Rp 142 juta
Tipe Prestige CVT Rp 140 juta
Tipe RS Manual Rp 175 juta
Tipe RS CVT Rp 185 juta

Kelebihan Honda Mobilio 
  • Interior lapang.
  • Legroom dan headroom cukup lega.
  • Irit BBM.
  • Layanan purna jual cukup baik.
  • Harga bekas bertahan.
  • Akselerasi mesin mumpuni.
  • Fitur keselamatan setara dengan pesaing lainnya.

Kekurangan Honda Mobilio  
  • Harga baru cukup tinggi.
  • Sparepart lumayan mahal.
  • Material interior dominan plastik.
  • Handling biasa saja.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Honda Mobilio. Berkat bagusnya respon dari masyarakat, menjadikan Honda Mobilio mendapat empat penghargaan sekaligus pada tahun 2014 yaitu Car of The Year 2014, Best of The Best MPV, Best Low MPV, dan Otoneters Car Favorite. Semoga berkenan. Baca juga beberapa ulasan dari kompetitornya sebagai berikut :