Spesifikasi dan Harga Toyota All New Corolla Altis

Spesifikasi dan Harga Toyota All New Corolla Altis

Ulasan Spesifikasi dan Harga Toyota All New Corolla Altis - Kiprah Corolla di sepanjang karir kesuksesan Toyota memang menimbulkan decak kagum bagi siapa saja. Sejak diumumkan pada tahun 2013 bahwa ia telah terjual 40 juta, kepercayaan konsumen kembali bangkit. Sebagaimana yang kita ketahui, generasi Corolla Altis (mulai dari tahun 2001)  memiliki tantangan terbesar pada proses penjualannya, dimana Honda Civic seakan selangkah lebih maju dalam hal perancangan eksterior maupun interiornya.

Toyota All New Corolla Altis yang merupakan gen ketiga dari Altis sekaligus gen ke sepuluh dari Corolla, kini telah berevolusi menjadi lebih baik, setidaknya ini terlihat dari desain yang digunakan lebih terlihat sporty, seakan mengikuti jejak All New Civic. Sedangkan pendahulunya lebih kental ke nuansa elegant. 

Eksterior Toyota All New Corolla Altis
Generasi ke sebelas dari Corolla ini terlihat gemuk namun ramping, lebih tajam, lebih bersih dengan menggabungkan beberapa garis kurva. Berdasarkan prototipe Furia yang pertama kali ditampilkan di 2013 New York Auto Show, versi produksinya terlihat mirip dengan konsep kaca depan miring, atap, dan kap mesin serupa.
Spesifikasi Eksterior Depan Toyota All New Corolla Altis 2016 Indonesia
Foto Eksterior Depan Toyota All New Corolla Altis
Dari depan, Corolla Altis ini terlihat tipis. Grill depan krom dipadukan dengan garis kap mesin dari atas berlanjut ke bawah yang diikuti oleh lampu ramping dan sudut rapi dan indah. Untuk menambah dimensi, grill ini dirancang menonjol dan berbaur dengan fender bawah. Pada bagian kiri dan kanan bumper dilengkapi sepasang lampu kabut dengan aksen hitam di sekelilingnya.
Spesifikasi Eksterior Belakang Toyota All New Corolla Altis 2016 Indonesia
Eksterior Belakang Toyota All New Corolla Altis
Beranjak ke bagian belakang, Corolla Altis terbaru ini mengusung lampu yang hampir menyerupai Camry, namun lebih lancip dengan sudut yang tajam. Di atas dudukan plat nomor diberi sentuhan krom demi menambah kesan mewah. Pada gambar di atas, dapat terlihat dengan jelas adanya sepasang reflektor yang berguna untuk memantulkan cahaya dari sinar mobil lain di belakangnya. 

Interior Toyota All New Corolla Altis
Bonus besar datang dalam kabinnya. Ruang interior menjadi lebih lapang berkat dimensi luar yang membengkak. Ruang kepala, ruang bahu dan ruang kaki bertambah, dengan begitu siapa saja yang masuk ke kabinnya akan merasa nyaman, khususnya penumpang di baris belakang. Kabar baiknya, pada edisi kali ini, Corolla Altis telah diproduksi dengan skema interior two-tone, yaitu warna badge pada garis tengah dan selebihnya dikelilingi oleh warna hitam. Jelas, ini adalah sebuah peningkatan dimana edisi sebelumnya hanya hadir dengan interior skema warna tunggal.
Interior Toyota All New Corolla Altis 2016 Indonesia
Interior Toyota All New Corolla Altis
Untuk dashboard, Corolla Altis terlihat menggunakan desain dashboard yang juga digunakan pada SUV RAV4 terbaru, termasuk beberapa hiasan serat karbon mewah. Di tengahnya, sebuah head unit double din turut dipasangkan, dengan fitur  Bluetooth, Audio jack 3,5 mm dan port USB. Meskipun masih sederhana tapi fiturnya dapat dikatakan cukup untuk menemani Anda selama perjalanan.

Performa dan Kinerja Mesin Toyota All New Corolla Altis
Sayangnya, All New Corolla Altis hanya dibekali dengan pilihan mesin tunggal berkapasitas 1.8 liter. Hal ini tentunya akan mengundang rasa kecewa dari para penggemarnya dimana pada Corolla Altis gen 2 telah dilengkapi dengan dua pilihan mesin yang berkapasitas berbeda. Mesin yang digunakannya pun masih sama, yaitu mesin 2ZR-FE Dual VVT-i. Mesin dengan konfigurasi 16 katup DOHC ini mampu memberikan daya maksimum hingga 149 HP pada 6.400 RPM dan torsi puncak sebesar 190 Nm pada 4.000 RPM.
Mesin Toyota All New Corolla Altis 2016 Indonesia
Mesin Toyota All New Corolla Altis 
Impresi dan Handling Toyota All New Corolla Altis
Penanganan dan handling dari Toyota All New Corolla Altis terkesan biasa saja. Hampir sama dengan pendahulunya. Karena sejatinya Altis lebih mengedapankan kenyamanan sehingga handling menjadi taruhannya. Sistem kemudi yang disematkan juga masih terlalu ringan, nyaman digunakan di dalam kota namun akan menyusahkan ketika melaju dalam kecepatan tinggi.

Spesifikasi Toyota All New Corolla Altis
  • Mesin :2ZR-FE Dual VVT-i.
  • Konfigurasi : 4 silinder segaris 16 katup.
  • Tenaga : 149 HP @6.400 RPM.
  • Torsi : 190 Nm @4.000 RPM 
  • Bore x Stroke : 80,5 mm x 88,3 mm.
  • Konsumsi bahan bakar: 7-10km / L (dalam kota), 9-13km / L ( luar kota)
  • Transmisi: manual 6-speed dan CVT Triptonic 7 percepatan.
  • Suspensi: Front McPherson strut independen, Belakang torsion beam.
  • Rival : Honda Civic FB, Mitsubishi Lancer, dan Chevrolet Cruze.
  • Penjualan: 2015-sekarang.

Harga Toyota All New Corolla Altis

Harga baru :
All New Corolla Altis 1.8 G M/T : Rp. 401.300.000,00
All New Corolla Altis 1.8 V A/T : Rp. 436.800.000,00

Harga Bekas : -

Kekurangan Toyota All New Corolla Altis
  • Mewah.
  • Nyaman.
  • Interior modern.
  • Kompartemen banyak.
  • Fitur keselamatan lengkap.

Kekurangan Toyota All New Corolla Altis
  • Tidak ada pedal shift.
  • Harga mahal.
  • BBM tidak terlalu irit.
  • Fitur kabin biasa saja.
  • Limbung ketika bermanuver.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Toyota All New Corolla Altis. Secara keseluruhan, mobil ini memiliki sisi fungsionalitas yang luar biasa bagi Anda yang telah berkeluarga dan menginginkan kenyamanan lebih dalam sebuah sedan middle class. Beberapa peningkatan yang dilakukan patut Anda jadikan alasan untuk meminang mobil ini. Semoga membantu. Baca juga: