Kelebihan dan Kekurangan Toyota Camry Gen 2

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Camry Gen 2

Ulasan Spesifikasi dan Harga Toyota Camry Gen 2 - Untuk elit Indonesia yang menyukai sedan premium dengan perawatan murah tidak akan asing dengan mobil yang satu ini, Toyota Camry. Toyota Camry dengan kode sasis XV40 ini hadir pada tahun 2006 untuk mengganti posisi pendahulunya (XV30) yang telah dipasarkan selama kurang lebih 6 tahun.

Camry XV40 dijual secara global namun dengan model yang berbeda antara pasar Amerika, Jepang dan Asia. Camry yang masuk ke Indonesia menggunakan model yang sama dengan Thailand, Malaysia, dan Filipina. Perakitannya sendiri dilakukan di Thailand. Di pasar lokal, Camry XV40 bersaing dengan Honda Accord yang telah resmi menjadi rivalnya sejak gen pertama dikenalkan. Trim level yang tersedia adalah 2,4 G dan V dan dengan penggunaan mesin sama dan satunya lagi tipe Q sebagai trim teratas dengan mesin berkapasitas 3.5 liter V6.

Eksterior Toyota Camry Gen 2
Eksterior terlihat sangat subjektif dan karena itu tidak akan dibahas secara mendalam. Berdasarkan pendapat pribadi Topgir, Camry tidak cantik tapi cenderung agak membosankan. Sangat berbeda dengan Honda Accord, dimana rancangan eksterior yang diterapkan sangat menarik, benar-benar berbeda dengan pendahulu yang pernah hadir sebelumnya. Dalam kasus ini, sepertinya Toyota sengaja memilih untuk bermain aman demi menghindari penampilan radikal. 
Foto Gambar Modifikasi Toyota Camry Gen 2
Foto  Toyota Camry Gen 2
Interior Toyota Camry Gen 2
Beranjak ke dalam kabin, kesan mewah kurang melekat, karena tata letak dashboard yang terkesan konvensional. Beberapa aksen panel kayu tersemat di beberapa bagian dashboard. Khusus pada bagian konsol panel digunakan warna silver untuk membuat nuansa cerah. Tidak ketinggalan, tombol audio turut dihadirkan pada sisi kiri setir guna memudahkan pengemudi mengatur audio dengan mudah. Ada kompartemen penyimpanan yang cukup dengan cover tutup pada konsol tengah. Rem tangan telah diganti dengan rem kaki, sehingga memberikan ruang lebih pada konsol tengah. Namun sayangnya, klaster instrumen cenderung hambar, tidak ada sesuatu yang modern dan spesial. 
Foto Gambar Interior Toyota Camry Gen 2 2006 2007 2008
 Foto Interior Toyota Camry Gen 2
Camry baru adalah mobil dengan ukuran yang begitu besar. Otomatis, kabinnya cukup lapang. Kursi depan mampu memberikan sensasi nyaman tetapi tidak adanya dukungan lumbar. Anda mungkin perlu untuk meregangkan badan setelah melakukan perjalanan panjang. Lalu kursi belakang yang diusungnya cenderung tidak nyaman karena terlalu tegak. Kabar baiknya, sedan premium ini mampu menampung 3 orang dewasa tanpa berdesakan.

Performa dan Kinerja Mesin Toyota Camry Gen 2
Seperti yang telah disebutkan pada bagian permulaan di atas, Camry gen 2 telah dibekali denga dua tipe mesin. Tipe pertama (trim G dan V) berkapasitas 2,4 liter dengan kode 2AZ-FE yang memiliki tenaga 167 HP pada 6.000 RPM dan torsi puncak sebesar 224 Nm pada 4.000 RPM. Kinerja dari mesin ini tergolong cukup baik untuk menopang bobotnya yang berat.
Foto Gambar Mesin Toyota Camry Gen 2 2.4 liter Indonesia
Foto Mesin Toyota Camry Gen 2 2.4 liter
Namun bagi Anda yang merasa tenaga sebesar itu masih kurang, dapat memilih tipe mesin kedua (trim Q) berkapasitas 3,5 liter V6 berkodekan 2GR-FE yang mampu memproduksi tenaga hingga 277 HP pada 6.200 RPM dan torsi puncak 346 Nm pada 4.700 RPM.
Foto Gambar Mesin Toyota Camry Gen 2 3.5 liter V6 Indonesia
Foto Mesin Toyota Camry Gen 2 3.5 liter V6
Salah satu komponen yang tak kalah penting untuk diulas adalah mengenai sistem percepatan. Gearbox Toyota Camry dapat bekerja dengan lancar dan responsif. Perubahan gigi tidak terasa sama sekali, karena hentakannya dapat diredam dengan baik. 

Impresi dan Handling Toyota Camry Gen 2
Camry lebih mengutamakan kenyamanan penumpang dibandingkan sensasi fun to drive. Berbeda dengan Accord yang lebih mengutamakan kenyamanan supir. Camry cukup nyaman digunakan ketika melibas permukaan jalan kurang rata khas Indonesia berkat kinerja dari suspensi yang begitu maksimal. Namun ingat, suspensi ini terlalu empuk untuk bermanuver di sudut tikungan. Memang disinilah kelemahan dari beberapa sedan Toyota, kekurangan ini begitu terasa disaat Anda melewati kelokan bukit dan turunan terjal menikung. Ketangkasan Anda dalam menyekolahi kaki kanan sangatlah dibutuhkan. 

Spesifikasi Toyota Camry Gen 2
  • Mesin: 2.4 liter 2AZ-FE  dan 3.5 liter 2GR-FE.
  • Konfigurasi : 4 silinder segaris 16 katup (2,4) ; VVT-i ; V6 VVT-i (3,5).
  • Tenaga : 167 HP @6.000 RPM (2,4) ; 277 HP @6.200 RPM (3.5).
  • Torsi : 224 Nm @4.000 RPM (2,4) ; 346 Nm @4.700 RPM (3.5).
  • Konsumsi BBM : 6-8km / L (dalam kota), 7-10 km / L (luar kota).
  • Transmisi : otomatis 5-speed dan 6-speed otomatis (model V6).
  • Suspensi : Depan MacPherson strut independen, belakang independen strut dual link.
  • Rival : Honda Accord, Nissan Teana, Hyundai Sonata, BMW E90, Mercedes Benz C Class, Audi A4
  • Penjualan: 2006 - 2012.

Harga Toyota Camry Gen 2
Camry memang terkenal sebagai mobil mewah di Indonesia, namun untuk harga bekasnya, tidak lebih mahal dari Corolla Altis yang diposisikan satu tingkat di bawahnya. Untuk tahun 2006 bermesin 2.4 liter, dapat Anda tebus dengan menyediakan budget sebesar 140 jutaan dan 170 jutaan untuk mesin 3,5 liter dengan tahun yang sama. Kenaikan harga untuk setiap tingkatan tahunnya berkisar 10 hingga 15 jutaan tergantung dari kondisinya.

Kelebihan Toyota Camry Gen 2
  • Nyaman.
  • Peredaman kabin sangat bagus.
  • Kualitas material interior baik.
  • Interior lapang.
  • Bagasi luas.
  • Harga terjangkau.
  • Image mobil mewah.

Kekurangan Toyota Camry Gen 2
  • Pendukung pembalakan liar akan membenci mobil ini (karena panel kayu palsu).
  • Tidak menyenangkan untuk dikendarai.
  • Feedback setir kurang maksimal.
  • Kursi penumpang kurang nyaman.
  • Minim fitur interior dan fitur keselamatan kurang lengkap.
  • Boros.
  • Perawatan dan pajak mahal.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Toyota Camry Gen 2. Pada beberapa kasus, mobil ini kalah telak dari rival terbesarnya, yaitu Honda Accord CP2, dimana eksterior dan interior yang ditawarkan sangatlah prestis. Semoga berkenan. Baca juga: