5 Cara Merawat Mobil agar Bertahan Lama

5 Cara Merawat Mobil agar Bertahan Lama

Cara Menghindari Mobil Cepat Rusak - Peredaran mobil bekas di Indonesia terkenal sangat laris, bahkan di beberapa pulau dengan pelabuhan bebas seperti Sabang dan Batam, mobil bekas khusus ex-Singapura adalah pilihan bagi siapa saja. Mulai dari kalangan mahasiswa hingga pegawai negeri. Hal ini dikarenakan harganya yang sangat murah, bahkan lebih murah dari harga sepeda motor baru. Selain itu, mobil ex-Singapura juga terkenal sangat bagus, khususnya pada sektor mesin, karena bahan bakar yang digunakan disana memiliki kadar oktan minimum 92 atau setara dengan pertamax.

Banyaknya dari kita yang dihadapkan dengan kendala keuangan yang sulit, maka mobil yang telah dimiliki wajib bertahan lama dan terhindar dari kondisi rusak. Meskipun mobil secara khusus diproduksi dengan tujuan penggunaan beberapa puluh tahun, ada hal-hal yang dapat Anda lakukan sebagai pemilik untuk memastikan bahwa mobil Anda bertahan lebih lama dari yang ditargetkan oleh setiap produsen.
Bubble Body Cover / Cover Balon
Bubble Body Cover / Cover Balon
Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut : 

Cara Merawat Mobil agar Tahan Lama dan Tidak Cepat Rusak


Pergantian oli mesin secara berkala
Salah satu cara di mana Anda dapat membuat mobil Anda lebih tahan lama adalah dengan membiasakan pergantian oli mesin secara berkala dan teratur. Hal ini sangat berpengaruh terhadap baik atau tidaknya kondisi mesin mobil ketika mobil digunakan setiap hari. Biasanya pergantian oli mesin disarankan setelah periode lima ribu kilometer; namun hal ini dapat bervariasi tergantung pada oli mesin yang Anda gunakan. Pengecekan oli mesin juga harus dilakukan setiap minimal tiga hari sekali. Ini bertujuan untuk memeriksa ada atau tidaknya kebocoran oli yang biasanya ditandai oleh adanya rembesan ataupun oli berkurang ketika dilakukan pengecekan. 

Mencuci mobil hingga ke bagian bawah 
Cara membuat mobil agar bertahan lama selanjutnya adalah mencuci mobil hingga ke bagian kolong bawahnya. Ini adalah hal yang paling sering dilupakan oleh pemilik mobil yang sering mencuci mobil di rumah. Setelah musim hujan, lumpur yang menempel di bawah kolong lama kelamaan akan mengeras dan akan menimbulkan karatan jangka panjang. Jika hal ini terus berlanjut, maka karatan akan meluas ke bagian lain dan akibatnya mobil menjadi cepat rusak. Meskipun pada dasarnya lapisan permukaan lantai dasar mobil telah dilapisi dengan cat anti karat, namun pada kasus mobil yang telah berumur lebih dari 10 tahun cat anti karat ini akan terkikis. Daya tahannya sebagai anti karat pun menjadi berkurang. Jika memang Anda jarang mencuci mobil ke doorsmeer, alangkah baiknya Anda melapisi ulang cat anti karat ini pada ahlinya setiap 5 tahun sekali.

Pemeriksaan tekanan angin ban
Tips lain yang tidak kalah penting untuk diingat adalah bahwa Anda harus memastikan ban mobil Anda selalu penuh dengan tekanan angin ban yang benar dan sesuai. Tekanan angin ban yang tidak sesuai akan menghasilkan ketegangan pada suspensi dan bantalan mobil. Akibatnya, daya suspensi akan melemah dengan cepat. Untuk alasan ini sangat penting bahwa semua ban mobil Anda diisi dengan tekanan ban yang benar. Pastikan Anda secara teratur memeriksa tekanan ban mobil Anda minimal seminggu sekali.

Membersihkan interior 
Membersihkan interior adalah sama pentingnya dengan membersihkan bagian luar mobil. Selain akan menambah faktor kenyamanan, mobil yang bagian dalamnya selalu bersih pastinya akan memiliki pesona yang lebih bagi siapa saja yang menumpanginya. Jika Anda ingin membersihkan bagian interior, pastikan menggunakan produk pembersih yang sesuai dengan material interior. Misalkan semprotan untuk jok kulit akan berbeda dengan jok yang berbahan kain ataupun berbahan fabric. Untuk lebih lengkap, Anda dapat membacanya pada artikel Tips Membersihkan Interior Mobil.

Mobil tidak disimpan dalam waktu yang terlalu lama
Tips terakhir agar mobil tahan lama dan terhindar dari kerusakan dalam waktu yang singkat adalah tidak membiarkan mobil tidak digunakan dalam waktu yang terlalu lama. Jika memang Anda terpaksa meninggalkan mobil ketika ke luar kota bersama rekan-rekan ada baiknya menyimpan mobil dengan keadaan diselimuti ataupun dimasukkan ke dalam cover balon khusus seperti gambar yang tertera di atas. Pada awalnya, balon ini hanya tersedia untuk mobil balap ataupun koleksi mobil klasik dan harganya mahal. Namun seiring berjalannya waktu, para produsen telah mengembangkan produknya untuk dapat digunakan oleh masyarakat umum dengan spesifikasi berbeda agar dapat dijual dengan harga murah. Selain itu, jika mobil tidak digunakan hingga waktu dua minggu, pastikan mencopot kabel yang terhubung dengan aki agar daya aki tidak terbuang sia-sia.

Demikian beberapa tips 5 Cara Merawat Mobil agar Bertahan Lama. Baca juga tips penting lainnya sebagai berikut :