Kelebihan dan Kekurangan Isuzu D-Max Rodeo Gen 1

Kelebihan dan Kekurangan Isuzu D-Max Rodeo Gen 1

Review Spesifikasi dan Harga Isuzu D-Max -  Dalam dunia otomotif, Isuzu memiliki beberapa link dengan General Motors. Terutama beberapa kendaraan Isuzu yang dijual sebagai Chevrolet, Buick, GMCs, atau Holden. Hal ini memastikan kehadiran Isuzu di dan waktu yang sama, mengisi kekosongan dari merek lain dengan rebadge yang melibatkan Suzuki dan Subaru sebelumnya. Peran paling penting dari Isuzu adalah sebagai pemasok mobil dengan mesin diesel untuk kendaraan mereka sendiri.

Satu kendaraan populer yang Isuzu di berbagai negara kecuali Indonesia adalah pickup atau D-Max Double Cabin. Yang perlu diingat, mobil ini adalah versi yang dijual di seluruh dunia (versi rebadged) sementara yang lain dipasarkan di Amerika Serikat sebagai Chevrolet Colorado / GMC Canyon / Isuzu i-Series akan tetapi menggunakan platform yang sama. Terlepas dari lencana Isuzu, D-Max juga dijual dengan logo Chevrolet dan Holden di seluruh dunia kecuali Amerika Serikat.

Eksterior Isuzu D-Max Gen 1
Pada generasi pertamanya ini yang dijual selama sepuluh tahun, tak ada banyak yang berubah dari desainnya, kecuali sebatas minor facelift meliputi lampu depan dan lampu belakang. Namun secara keseluruhan, body yang digunakan masih menganut desain "boxy" yang menimbulkan kesan klasik. Facelift untuk Isuzu D-Max tercatat tiga kali dilakukan, meliputi lampu depan, lampu belakang, bumper dan penambahan grill krom. 
Kelebihan dan Kekurangan Isuzu D-Max Rodeo Gen 1
Foto Eksterior Isuzu D-Max Rodeo Gen 1
Interior Isuzu D-Max Gen 1
Pendekatan sederhana dilakukan di D-Max interior dengan tombol push 4WD yang terletak dalam jangkauan pengemudi, bersamaan dengan kontrol AC dan panel konsol lainnya. Headunit yang digunakan merupakan produk aftermarket stereo dimana menunya sedikit membingungkan. Konektivitas USB dan audio jack tambahan hadir sebagai standar pada facelift tahun 2007 dan pada model-model berikutnya. Penumpang depan mendapatkan ruang kaki yang layak sementara ruang belakang sedikit sempit plus posisi kursinya yang terlalu tegak.
Kelebihan dan Kekurangan Isuzu D-Max Rodeo Gen 1
Foto Interior Isuzu D-Max Rodeo Gen 1
Performa Mesin Isuzu D-Max Gen 1
Awalnya, dapur pacu yang dicangkokkan pada D-Max di pasar Indonesia hanya satu jenis, yaitu mesin 3,0 liter dengan kode JH1. Mesin yang mampu menenggak solar non gizi ini mampu memproduksi tenaga hingga 130 HP pada 3.800 RPM dan torsi 294 Nm pada 2,000 RPM. Pada tahun 2007, facelift yang dilakukan merambah ke bagian mesin. Kali ini mesin yang digunakan masih berkapasitas sama dengan versi sebelumnya namun kodenya di ubah menjadi 4JJ1, perbedaannya terletak pada teknologi yang digunakan dimana terdapat tambahan Common Rail Direct Injection atau sering disingkat dengan CRDi. Dengan adanya teknologi ini, tenaga yang dihasilkan menjadi lebih besar yakni 146 HP pada 3.800 RPM, sementara torsi masih tetap sama. Hanya saja mesin ini membutuhkan bahan bakar minimal pertadex. Sebagai catatan, kedua mesin yang diusungnya berkonfigurasi sama, 4 silinder segaris dan 16 katup.
Kelebihan dan Kekurangan Isuzu D-Max Rodeo Gen 1
Foto Mesin Isuzu D-Max Rodeo Gen 1
Impresi Berkendara dan Handing Isuzu D-Max Gen 1
Pada kecepatan rendah, D-Max memiliki handling yang hampir sama dengan sedan, namun tidak berlaku di tikungan. Mobil ini juga terasa sangat mudah diparkirkan karena setirnya ringan, berbeda dengan Hilux yang terkenal setirnya kaku. Poin ini merupakan kelebihan yang hanya dimiliki oleh Isuzu D-Max.

Spesifikasi Isuzu D-Max Gen 1
  • Mesin : 3.0 liter 4JH1 (2004-2007) dan 3.0 liter 4JJ1 (2007 dan seterusnya)
  • Tenaga : 130 HP @ 3.800 RPM (2004-2007), 146 HP @ 3.800 RPM (2007 dan seterusnya)
  • Torsi : 294 Nm @2.000 RPM (2004-2007), 294 Nm @1.400-3.400 RPM (2007 dan seterusnya)
  • Konsumsi BBM : 8-10km / L (dalam kota), 10-13km / L (luar kota).
  • Transmisi : 5-speed manual, 4-speed otomatis.
  • Suspensi : Depan independent double wishbone, belakang axle rigit dengan per semi daun.
  • Rival : Toyota Hilux, Ford Ranger, Nissan Frontier, Mitsubishi Strada, dan Mazda BT.
  • Penjualan : 2003-2013.

Harga Bekas Isuzu D-Max Gen 1
Sebagaimana yang diketahui, D-Max memiliki harga yang terjangkau, untuk keluaran awal, harga yang ditawarkan berada di rentang harga 130 hingga 140 juta. Sedangkan versi selanjutnya yang dimulai dari tahun 2007 hingga 2012 harganya dapat mencapai 160 juta hingga 200 jutaan.

Kelebihan Isuzu D-Max Gen 1
  • Perpindahan roda penggerak dapat diatur dengan push button 4WD.
  • Fitur lengkap.
  • Mesin dilengkapi dengan turbodiesel intercooler.
  • Konsumsi BBM irit.
  • Tangguh dan mampu diajak offroad.
  • Setir ringan.

Kekurangan Isuzu D-Max Gen 1
  • Mesin berisik.
  • Sparepart mahal dan jarang, berbeda jauh dengan Isuzu Panther.
  • Penampilan membosankan.
  • Harga jual kembali rendah.
  • Peredaran di pasaran masih kalah dari rivalnya.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Isuzu D-Max Rodeo Gen 1. Dengan harga yang murah, mobil ini merupakan pilihan yang sangat tepat bagi Anda yang menginginkan Hilux atau Strada namun terganjal oleh budget yang terbatas. Selain itu, konsumsi BBMnya juga tergolong sangat irit untuk sekelas mesin yang berkapasitas 3.000 cc. Baca juga review menarik lainnya: