Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic FD1/FD2

Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic FD1/FD2

Review Spesifikasi dan Harga Honda Civic FD1/FD2 - Tak dapat dipungkiri, Honda Civic FD adalah satu sedan kompak yang begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia hingga mancanegara. Mengepankan penampilan yang mencolok dengan kesan sportinya, sehingga banyak para remaja ataupun eksekutif muda memilih mobil ini sebagai tunggangannya. Selain itu, biaya perawatan yang minim dan bahan bakar irit sangat ramah untuk dompet mahasiswa.

Setelah sambutan hangat dari Civic ES yang dijual hingga tahun pertengahan tahun 2005, akhirnya Civic FD diperkenalkan secara resmi kepada publik Indonesia pertama kali pada tahun 2006 dengan varian mesin 1,8 liter untuk FD1 dan mesin 2,0 liter untuk FD2. Untuk pertama kalinya, dua platform yang berbeda dibuat, satu untuk Eropa (tipe hatchback) dan satu untuk seluruh dunia (coupe dan versi sedan). Perbedaan antara keduanya? Model Eropa menggunakan suspensi belakang sederhana dari Honda Jazz, sementara non-Eropa memiliki pilihan dari dua pintu atau empat pintu dengan suspensi yang lebih baik.

Eksterior Honda Civic FD1/FD2 
Salah satu faktor pendongkrak image dan nilai jual dari Civic FD adalah desain eksterior. Eksterior Civic FD sangat sarat akan kesan aerodinamis, hal ini dapat terlihat dari lekukan dan garis pada bodi luarnya. Semua model menggunakan bumper depan yang mampu mengurangi turbulensi udara di dekat mesin. Desain ini yang diterapkan ini seakan didapat dari inspirasi robot-robot yang ada di film sci-fi. Hasilnya? Overhang depan pendek dan profil sampingnya terlihat ramping. Kaca depan yang lebar di desain landai dan dilengkapi dengan wiper yang mengusap kaca berlawanan arah. Sangat menarik!
Modifikasi Honda Civic FD1/FD2 2015 2016 2017
Foto Eksterior Honda Civic FD1/FD2
Interior Honda Civic FD1 / FD2
Tak hanya diluar, di dalam kabin mobil ini juga terlihat menarik dengan mengedepankan gaya futuristik dan berteknologi tinggi. Terdapat banyak tempat penyimpanan di dalamnya. Instrumen pengukur di desain dengan dua tingkat, satu untuk tachometer (yang menggunakan jarum konvensional) dan satu untuk speedometer ( menggunakan digital dan grafik batang bahan bakar dan termometer). Hal yang baik adalah istrumen ini tidak dapat dijangkau oleh cahaya matahari sehingga tidak silau.
Kabin Honda Civic FD1/FD2
Foto Interior Honda Civic FD1/FD2 
Roda kemudi dapat digenggam dengan nyaman dan memiliki feedback yang baik terhadap pengendalian. Awalnya, sebelum memasuki fase facelift mobil ini hanya menyediakan transmisi manual dan matic konvensional, namun pada tahun 2009, transmisi matic diupgrade dengan adanya tambahan pedal shift yang akan menambah sensasi fun to drive semakin kuat. Sebagai tambahan, Civic FD2 memiliki berbagai fitur menarik yang tidak diterapkan pada Civic FD1, antara lain fitur VSA dan kursi kulit.

Performa Mesin Honda Civic FD1/FD2
Civic FD yang diluncurkan hadir dengan dua varian mesin dan dua pilihan transmisi. Mesin pertama berkapasitas 1.8 liter R18A yang mampu memproduksi tenaga hingga 140 HP pada 6.300 RPM plus trosi puncak sebesar 177 Nm pada 4.200 RPM.
Mesin Honda Civic FD1 1.8 liter R18A
Foto Mesin Honda Civic FD1
Sedangkan mesin di lainnya berkapasitas 2.0 liter K20Z yang membawa tenaga maksimum 155 HP pada rev 6.000 RPM dan torsi puncak sebesar 192 Nm pada rev 4.200 RPM. Kedua mesin memiliki teknologi i-VTEC yang dilengkapi dengan torsi high-end.  
Mesin Honda Civic FD2 2.0 liter K20Z
Foto Mesin Honda Civic FD2
Impresi dan Handling Honda Civic FD1/FD2 
Honda memiliki tradisi membuat kendaraan fun-to-drive dengan suspensi hasil tuning yang sangat baik. Kinerja penanganan yang tepat dan tajam juga berkontribusi untuk menghindari kecelakaan ketika bermanuver dalam kecepatan tinggi. Suspensi depan menggunakan McPherson strut yang menggabungkan geometri baru dengan sudut caster tinggi demi stabilitas di jalan lurus bersamaan dengan peningkatan dinamika kontrol feedback dari setir. Sedangkan suspensi multi-link double wishbone di bagian belakang memfasilitasi peredam stroke yang lebih tahan lama dan meningkatkan posisi damper itu sendiri agar tidak kandas ketika mengangkut beban berlebih. Disini juga ditambahkan rebound stroke yang memungkinkan mobil untuk menyerap getaran dari gundukan dan permukaan jalan tidak rata.

Spesifikasi Honda Civic FD1 / FD2
  • Mesin : 1.8 liter R18A1 (FD1) dan 2.0 K20Z2 (FD2).
  • Konfigurasi : sama-sama 4 silinder segaris 16 katup SOHC.
  • Tenaga : 140 HP @6.300 RPM (FD1), 155hp @6.000 RPM (FD2).
  • Torsi : 177 Nm @4.200 RPM (FD1), 192 Nm @4.200 RPM (FD2).
  • Konsumsi BBM : 7-10km / L (dalam kota), 10-13km / L (luar kota).
  • Transmisi: 5-speed manual, 5-speed otomatis.
  • Suspensi : Depan McPherson strut independen, belakang independent double wishbone.
  • Rival : Toyota Corolla Altis, Mitsubishi Lancer EX, Chevrolet Cruze, Subaru Impreza, Hyundai Elantra, Mazda 3.
  • Penjualan : 2006-2011.

Harga Honda Civic FD1 / FD2
Berbicara masalah harga, Honda Civic FD1 maupun FD2 memiliki perbedaan harga yang tidak terlalu signifikan. Sebagai contoh, Civic FD1 manual tahun 2006 dijual dengan harga 170 jutaan dalam kondisi yang sangat sempurna, sedangkan Civic FD2 dengan tahun dan transmisi yang sama dijual dengan harga 180 - 190 jutaan. Harga ini biasanya meningkat 10 jutaan untuk setiap tingkatan tahun.

Kelebihan Honda Civic FD1 / FD2
  • Teknologi i-VTEC.
  • Kabin luas.
  • Speedometer dan konsol tengah futuristik.
  • Tenaga responsif.
  • Konsumsi BBM cukup efisien.
  • Handling mantap.
  • Interior modern.
  • Nyaman.

Kekurangan Honda Civic FD1 / FD2
  • Kursi depan agak keras.
  • Bising pada kecepatan tinggi.
  • Minim fitur (FD1).
  • Bantingan lumayan keras, efek dari handling.
  • Posisi kursi terlalu rendah.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Honda Civic FD1/FD2. Bagi Anda yang sering bepergian jauh, Topgir sangat menyarankan Anda untuk mengambil varian 2.0 karena fitur kabin cukup lengkap dan tenaga mesin lebih kuat. Selain itu, perbedaan antara FD1 dan FD2 pun tidak terpaut terlalu jauh. Baca juga :