Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Vitara 2.0 & 2.4

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Vitara 2.0 & 2.4

Review Spesifikasi dan Harga Suzuki Grand Vitara 2.0 & 2.4 - Suzuki adalah produsen mobil terkenal karena hampir memenuhi segmen mobil yang ada di dunia. Di Indonesia, Suzuki lebih condong memasukkan produknya ke segmen jip offroad ataupun SUV. Contohnya Jimny, Katana dan Escudo yang merupakan pemain segmen yang disebutkan di atas dan buktinya mampu bersaing dengan rivalnya. Awal tahun 90-an, bisa dikatakan Suzuki mampu memikat hari masyarakat Indonesia yang lebih condong ke arah mobil multifungsi dibandingkan sedan. Disaat itulah brand Suzuki menjadi salah satu brand terpercaya di pasar lokal. 

Namun begitu memasuki abad millenium, sedikit demi sedikit image tersebut menjadi runtuh. Pemain di segmen SUV hanya diisi oleh Escudo gen 2 dan Katana. Setelah lebih dari satu dekade pause memasok produk Vitara, akhirnya proyek pengembangan Vitara kembali dihadirkan, yaitu pada tahun 2006 dengan memasarkan produk teranyarnya, Grand Vitara. Jika sebelumnya gen Vitara hanya sekedar pengembangan lanjut dari Escudo, namun pada generasi kedua benar-benar berbeda, meliputi perbedaan drivetain, sasis dan body yang digunakan. Seakan menciptakan karakter mobil ini bukan lagi bagian dari keluarga escudo.

Eksterior Suzuki Grand Vitara 2.0 & 2.4
Munculnya seri SUV trendi dengan banyak elemen ini membuatnya terlihat cukup menarik. Terdapat multi-reflektor dengan lampu halogen ditambah proyektor dipasang sebagai lampu utamanya. Di bawah, telah dibenamkan sepasang lampu kabut yang ditawarkan di depan serta bagian belakang kabin. Lampu ini membantu untuk menambah visibilitas yang lebih baik dalam kondisi cuaca berkabut terutama ketika hujan turun. Selain itu, kaca belakang memiliki defogger terintegrasi. Semua pintu dilengkapi dengan jendela gelap yang berwarna hijau. 
Spesifikasi Suzuki Grand Vitara 2.0 & 2.4
Eksterior Grand Vitara
Spion elektrik, bumper depan, bumper belakang dan sideskirt dicat sewarna dengan bodi. Hal ini memperkaya daya tarik keseluruhan  dari Grand Vitara karena penampilannya terlihat lebih menyatu. Velg yang digunakan memiliki ukuran 17 inci yang dibalut oleh ban radial tubeless. Dan sebagai tambahan, ban cadangan diletakkan di bagian tengah pintu belakang dan dilengkapi dengan penutup. Berbicara mengenai dimensi, Grand Vitara memiliki panjang 4500 mm, lebar 1810mm, tinggi 1695mm dan wheelbase 2640mm. Sedangkan ground clearancenya yaitu setinggi 200mm.

Interior Suzuki Grand Vitara 2.0 & 2.4
Bagian dalam kompartemen seri teranyar ini juga diperbarui dengan banyak unsur, yang membuat kabin terasa lebih nyaman dan lebih mewah. Untuk sumber cahaya, di dalam kabin telah dipasang lampu yang cukup lengkap dan banyak, meliputi satu di bagian depan, satu di bagian tengah, tiga di bagian belakang dan dua di bagian bagasi. Untuk menyediakan ruang penyimpanan yang baik, empat pemegang cangkir ikut ditawarkan. 
Spesifikasi Interior Suzuki Grand Vitara 2.0 & 2.4
Interior Grand Vitara
Selanjutnya, jok yang digunakan tercatat memiliki kualitas yang baik meskipun masih menggunakan bahan biasa. Ditambah lagi dengan adanya tiga sandaran kepala bagi penumpang di barisan kedua, dimana hal ini meningkatkan kenyamanan bagi penghuninya. Secara keseluruhan, kabin Grand Vitara cukup lapang dan mampu mengangkut lima orang dewasa dengan nyaman tanpa berdesakan. Bagasi memiliki kapasitas 398 liter, jika kursi belakang diangkat kapasitasnya akan bertambah menjadi 758 liter, dan ketika dilipat penuh akan menghasilkan ruang maksimal hingga 1.386 liter.


Performa Mesin Suzuki Grand Vitara 2.0 & 2.4
Mesin berkapasitas 2.0 liter pada generasi awal Grand Vitara dengan kode J20A mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 144 HP pada rev 6.800 RPM dan torsi 183 Nm pada 4.000 RPM. Bagi Anda yang merasa tenaga kurang maksimal dapat memilih varian mesin 2.4 liter berkode J24B yang dapat memproduksi tenaga hingga 166 H pada 6.000 RPM dan torsi 225 Nm pada 4.000 RPM. Kedua jenis mesin yang ditawarkan sama-sama berkonfigurasi 4 silinder segaris 16 katup dan dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan.
Mesin Suzuki Grand Vitara 2.0 & 2.4
Mesin Suzuki Grand Vitara 2.0
Impresi dan Handling Suzuki Grand Vitara 2.0 & 2.4
Salah satu aspek yang paling penting dari setiap kendaraan terletak pada sistem pengereman dan suspensi. Grand Vitara telah dilengkapi dengan mekanisme suspensi efisien, yang terdiri dari McPherson strut untuk roda depan nya dan multilink di roda belakang untuk menciptakan keseimbangan yang lebih baik. Penggereman roda depan menggunakan cakram berventilasi dan tromol di roda. Selain itu, sistem pengereman dilengkapi dengan fungsi-fungsi lanjutan seperti sistem anti penguncian rem/ Anti-lock Brake System (ABS) dan Electric Brake System (EBD) guna mendistribusikan kekuatan rem secara elektrik. Pengereman ini juga didukung dengan brake assist, yang dapat menjadi sistem pendukung untuk penanganan yang lebih baik.

Spesifikasi Suzuki Grand Vitara 2.0 & 2.4
  • Mesin : 2.0 liter J20A (2006-2011) dan 2.4 liter J24B (2009 hingga sekarang).
  • Konfigurasi : 4 silinder segaris 16 katup.
  • Tenaga : 144 HP @ 6.800 RPM (2.0), 166 HP @ 6.000 RPM (2.4)
  • Torsi : 183 Nm @4.000 RPM (2.0), 225 Nm @4.000 RPM (2.4)
  • Konsumsi BBM : 7-9km / L (dalam kota), 10-12km / L (luar kota).
  • Transmisi : 5-speed manual, 4-speed otomatis.
  • Suspensi : Depan McPherson Strut with Coil Spring, belakang Multi Link.
  • Rival : Honda CRV, Nissan X-Trail dan Mitsubishi Outlander Sport.
  • Penjualan : 2006-2011 (2.0), 2009-2015 (2.4).

Harga Suzuki Grand Vitara 2.0 & 2.4
  • Harga baru 348 juta.
  • Harga bekas 2.0 tahun 2007 - 2011 120 - 180 juta.
  • Harga bekas 2.4 tahun 2009 - 2015 160 - 260 juta.

Kelebihan Suzuki Grand Vitara 2.0 & 2.4
  • Sistem pengereman sangat efisien.
  • Ruang penyimpanan banyak.
  • Mesin dan suspensi tangguh.
  • Desain long lasting.
  • Harga bekas sangat terjangkau.
  • Fitur interior lengkap (khusus 2.4).

Kekurangan Suzuki Grand Vitara 2.0 & 2.4
  • Relatif boros.
  • Tidak ada varian diesel dan 4WD.
  • Ground clearance tergolong rendah di kelasnya.
  • Desain masih model lama, hanya sebatas facelift.
  • Harga baru mahal.
  • Harga jual rendah.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Suzuki Grand Vitara 2.0 & 2.4. Rentang penjualan Suzuki Grand Vitara hingga saat ini tercatat hampir 10 tahun lamanya, dengan begitu, Anda yang memiliki budget minim dapat membawa pulang Grand Vitara tahun rendah dan mengupdate tampilan luarnya semirip mungkin dengan yang tahun tinggi. Paket facelift banyak ditawarkan di berbagai forum mobil dan harganya juga tergolong murah. Semoga membantu, dan baca juga beberapa review menarik lainnya :