Kelebihan dan Kekurangan Nissan Evalia

Kelebihan dan Kekurangan Nissan Evalia

Review Spesifikasi dan Harga Nissan Evalia - Nissan memiliki bakat dalam melakukan sesuatu pengembangan inovasinya, salah satu yang dilakukan adalah memproduksi mobil keluarga yang memiliki kapasitas besar, mampu menampung 8 orang sekaligus plus barang bawaan yang banyak. Inovasi ini adalah suatu terobosan yang diyakini akan berkembang dari waktu ke waktu, sekarang hal itu terbukti dan menjadi buah manis untuk Nissan sendiri. 

Nissan Evalia adalah sebuah mobil MPV yang dikembangkan untuk beberapa negara Eropa dan Asia Tenggara. Sama halnya dengan Indonesia, di Eropa juga banyak orang sangat menyukai mobil dengan karakter people carrier, body besar dengan kabin luas, dan irit bahan bakar. Di tanah air mobil ini sering digunakan sebagai mobil pribadi dan mini kargo, sedangkan di Eropa khususnya Perancis, mobil ini banyak digunakan sebagai armada taksi.

Eksterior Nissan Evalia
Struktur luar kendaraan ini terdiri dari banyak unsur yang rumit ditempatkan untuk membuat kendaraan ini terlihat seperti tubuh dan besar. Bumper, bagian depan dan belakang dilapisi dengan warna yang selaras dengan warna bodi mobil, sedangkan grill depan dan logo Nissan ditengahnya dilapisi krom. Desain setiap sisi terlihat mencolok dan benar-benar berbeda dengan rivalnya, hal ini dapat terlihat dari desain pintu depan yang mengikuti karakter minivan Eropa. 
Kelebihan dan Kekurangan Nissan Evalia
Foto Eksterior Nissan Evalia
Gagang pintu juga dicat sama dengan warna bodi, hal ini datang sebagai standar pada setiap trim. Berlanjut ke belakang, kaca belakangnya telah dilengkapi dengan wiper dan defogger yang terintegrasi. Pintu belakang diberi sentuhan krom agar terlihat lebih mewah. Yang paling membedakan setiap trim varian adalah dari velg yang digunakan. Untuk varian dasar dan tinggi dibekali dengan velg bergaya. Sedangkan trim bawah menggunakan velg besi dengan penutup roda, karena lebih ditujukan sebagai mobil komersil sekaligus memangkas biaya produksi.

Interior Nissan Evalia
Dengan body luarnya yang besar maka berpengaruh terhadap bagian dalamnya. Kabin Nissan Evalia terlihat cukup besar dan luas, dan sarat dengan fitur. Bahkan kualitas finishing interiornya patut diacungi jempol, jauh dari kesan murahan. Penggunaan pintu model geser akan menambah kenyamanan bagi siapa saja yang duduk di bangku belakang, karena akses keluar masuk menjadi mudah. Instrumen cluster dipasang di dashboard tepat di area pengemudi berdampingan dengan tachometer dan tripmeter. 
Spek spesfikasi Nissan Evalia
Foto Interior Nissan Evalia
Kenyamanan interior Nissan Evalia menjadi bertambah dengan adanya Audio 2 Din dengan AM/FM, CD, MP3, dan USB yang dapat dinikmati melalui empat speaker yang dipasang pada setiap sisi. Central locking system tersedia di semua trim kecuali untuk varian rendah. Pada varian tertinggi, di dalamnya telah dilengkapi dengan spion anti silau. Sayangnya, kaca pada baris kedua mengusung model geser pada bagian tengah kaca, ukurannya pun cukup kecil. Jika Anda bepergian jauh dengan penumpang penuh tanpa menyalakan AC, penumpang belakang akan kepanasan karena angin dari luar tidak masuk secara maksimal.

Performa Mesin Nissan Evalia
Nissan Evalia telah dibekali dengan mesin bensin berkapasitas 1,5 liter yang juga dicangkokkan pada Nissan Livina. Mesin dengan kode HR15DE ini mampu menyemburkan tenaga maksimum hingga 109 HP pada putaran 6.000 RPM dan torsi puncak sebesar 148 Nm pada 4.400 RPM. Tingkat kebisingan dan getarannya tergolong rendah. Mesin ini dikawinkan dengan dua macam gearbox, yaitu transmisi manual 5 percepatan dan transmisi matic konvensional 4 percepatan.
Spek Spesifikasi Mesin Nissan Evalia
Foto Mesin Nissan Evalia
Impresi dan Handling Nissan Evalia
Evalia merupakan satu-satunya MPV yang mengusung suspensi daun tunggal dengan pegas di bagian belakangnya. Kenyamanan yang ditawarkan cukup berbeda dengan para rivalnya, bisa dikatakan satu tingkat lebih nyaman, karena suspensi jenis ini mampu menyerap guncangan dan getaran dengan maksimal. Berkat suspensi ini, gejala body roll dapat tereduksi dengan baik untuk ukurannya yang bongsor. Namun kinerja pada tikungan ataupun ketika menyalip sedikit berkurang karena terlalu empuk.

Spesifikasi Nissan Evalia
  • Mesin : 1,5 liter HR15DE 4 silinder segaris 16 katup DOHC.
  • Power : 109 HP @6.000 RPM.
  • Torsi : 148 Nm @4.400 RPM.
  • Konsumsi BBM : 8-12km / L (dalam kota), 12-15km / L (luar kota).
  • Transmisi : 5-speed manual, 4-speed otomatis
  • Suspensi: Depan McPherson strut, belakang per daun dengan pegas.
  • Rival : Daihatsu Grandmax, Daihatsu Luxio, Suzuki APV dan Toyota Avanza.
  • Penjualan: 2012-sekarang.

Harga Baru Nissan Evalia
  • Evalia S Rp 145.000.000,-
  • Evalia SV Rp 173.000.000,-
  • Evalia XV Rp 188.000.000,-
Sedangkan harga bekas Nissan Evalia hingga saat ini cukup terjangkau, dengan menyediakan budget sebesar 120 - 140 juta saja, Anda dapat membawa pulang Nissa Evalia tipe XV yang merupakan tipe terlengkap. Sedangkan untuk varian menengahnya harganya sebesar 100 - 110 juta, dan varian terendah sekitar 80 jutaan.

Kelebihan Nissan Evalia
  • Konsumsi BBM irit.
  • Harga baru terjangkau.
  • Kualitas interior bagus.
  • Kabin luas dengan menyediakan banyak ruang untuk kaki dan bahu.
  • Sudah mengusung pintu geser.
  • Adanya fitur keselamatan meski belum terlalu lengkap.

Kekurangan Nissan Evalia
  • Beberapa fitur interior dipangkas pada trim rendah.
  • Glovebox tidak memiliki tutup.
  • Kurang nyaman.
  • Eksterior terlalu mengkotak.
  • Harga jual rendah.
  • Manuver di jalan kota sedikit sulit karena limbung.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Nissan Evalia. Nissan Evalia dibangun berdasarkan seluruh karakter masyarakat Asia Tenggara khususnya Indonesia. Dengan fakta tersebut, semua keinginan Anda dipastikan dapat terpenuhi dengan baik. Semoga membantu. Baca juga: