Kelebihan dan Kekurangan KIA Picanto Cosmo

Kelebihan dan Kekurangan KIA Picanto Cosmo

Review Spesifikasi dan Harga KIA Picanto Cosmo  - Picanto mungkin salah satu dari model lama Kia, tapi sampai peluncuran Picanto baru pada tahun 2011, mobil ini masih banyak peminatnya. Diluncurkan pada 2004, Kia Picanto mampu menyihir cara pembeli mobil yang dulunya mind branded menjadi lebih cerdas. Tentu saja, harga murah yang menjadi kekuatan utama dan Picanto yang berhasil melemahkan kebanyakan mobil kecil lainnya, terutama dari segi perlengkapan fitur seperti stereo CD dan power window. 

Sejak kehadirannya dari tahun 2004, Kia Picanto tercatat melakukan major facelift pada tahun 2007 dimana lampu depan yang digunakan berbentuk bulat dan interior kabin menjadi lebih mewah dengan banyaknya penambahan fitur baru yang belum pernah diterapkan sebelumnya. Lampu belakang juga ikut dirubah dengan dua klaster bulat di bagian atas dan bawah.

Eksterior KIA Picanto Cosmo
Anda dapat berkomentar bahwa desain Kia Picanto terlihat lucu dan menggemaskan. Desain yang sering digunakan pada permulaan tahun millenium ini dapat dikenali dengan mudah. Meskipun begitu, desainnya tergolong long lasting dan sama sekali tidak tampak tua. Dengan hadirnya versi facelift, Anda tidak bisa tidak tersenyum setiap kali Anda menatapnya, terutama dengan lampu depan bulat dan kisi-kisi kecil ditengah grill depan. Desain menjadi semakin stylish dengan banyaknya warna cerah yang ditawarkan pada versi ini.
Kelebihan dan Kekurangan KIA Picanto Cosmo
Foto Eksterior KIA Picanto Cosmo 
Interior KIA Picanto Cosmo 
Interior lebih besar dari yang Anda pikirkan, terutama dengan teknologi modern dan penerapan ergonomi yang layak. Penataan konsol tengah di dashboard berada dalam jangkauan pengemudi dimana ini merupakan hal yang positif. Ruang kabin disediakan untuk empat orang dewasa dengan posisi duduk nyaman, akan tetapi terasa sempit untuk diduduki lima orang. Sedangkan kursi belakangnya dapat dilipat dengan mudah untuk menggandakan kapasitas ruang bagasi.
Kelebihan dan Kekurangan KIA Picanto Cosmo
Foto Interior Kabin KIA Picanto Cosmo 
Performa Mesin KIA Picanto Cosmo 
Picanto generasi pertama ini membawa mesin 1,0 liter dengan kode G4H6. Kapasitasnya memang kecil, namun tenaga yang dihasilkan sebesar 64 HP pada 5.500 RPM dan torsi 94 Nm pada 2.800 mampu menangani bodynya yang ringan dalam hal menyalip dan bermanuver. Teknologi tambahan yang diterapkan berupa teknologi Epsilon yang juga digunakan pada Hyundai Atoz lawas. 
Kelebihan dan Kekurangan KIA Picanto Cosmo
Foto Mesin KIA Picanto Cosmo 
Impresi dan Handling KIA Picanto Cosmo 
Berkat ukurannya yang mungil, handling Picanto menjadi sangat baik saat digunakan di jalanan yang sering mengalami kemacetan. Ini dikarenakan penggunaan sasis dan suspensi komunikatif yang mampu membuat Anda merasa nyaman dalam bermanuver. Hanya saja Anda harus sedikit berhati-hati ketika menemui jalan berlubang, suspensi jenis ini terkenal lemah terhadap bantingan keras.

Spesifikasi KIA Picanto Cosmo 
  • Mesin : 1,0 liter G4H6 4 silinder segaris 12 katup SOHC.
  • Power : 64 HP @5.500 RPM.
  • Torsi : 94 Nm @2.800 RPM.
  • Konsumsi bahan bakar: 11-14km / L (dalam kota), 15-18km / L (luar kota).
  • Transmisi : 5-speed manual, 4-speed otomatis
  • Suspensi: Depan McPherson strut independen,Belakang torsion axle beam.
  • Rival : Hyundai Hyundai Atoz, Kia Visto, Suzuki Karimun, Chery QQ, Chevrolet Spark.
  • Penjualan: 2004-2011

Harga Bekas dan Biaya Perawatan KIA Picanto Cosmo 
Dengan menyediakan budget 45 juta saja, Kia Picanto pre-facelift dapat Anda bawa pulang. Sedangkan versi faceliftnya sedikit lebih mahal, yaitu berkisar antara 60 juta untuk tahun 2007 dan 2008. Khusus untuk tahun keluaran 2009 dan 2010 dijual dengan rentang harga 80 juta hingga 90 juta.

Merawat Picanto bukanlah hal yang susah, selain irit BBM, mesin mobil ini juga tahan banting. Ketersiadaan suku cadang fast moving seperti bushing, suspensi, dan kampas rem pun cukup banyak. Dengan begitu, biaya perawatan yang harus Anda keluarkan tergolong minim.

Kelebihan KIA Picanto Cosmo 
  • Mudah diparkir.
  • Ukuran ringkas.
  • Fitur kabin lumayan lengkap.
  • Handling mumpuni.
  • Sparepart banyak.
  • Kabin luas untuk seukuran City car.

Kekurangan KIA Picanto Cosmo 
  • Minim fitur keselamatan.
  • Hanya cocok diduduki oleh empat orang.
  • Harga jual kembali rendah.
  • Suspensi keras namun lemah.
  • Peredaman kabin kurang bagus.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan KIA Picanto Cosmo. Bagi Anda yang memprioritaskan sensasi kabin yang nyaman, mobil ini adalah pilihan yang sangatlah bijak, khususnya bagi yang berjiwa muda. Siapa bilang mobil kecil tidak menyenangkan? Semoga membantu. Baca juga: