Kelebihan dan Kekurangan Honda All New City GM6

Kelebihan dan Kekurangan Honda All New City GM6

Review Spesifikasi Honda All New City - Salah satu produsen mobil terkenal di pasar global, Honda, kini telah melengkapi lini sedan terbarunya melalui peluncuran Honda All New City. Sebagaimana yang telah kita ketahui, lini Honda City merupakan sedan yang bersaing dengan Toyota Vios, Hyundai Accent Verna dan Suzuki Ciaz dalam segmen sedan subkompak. Kisah sukses Honda City begitu fenomenal di pasar lokal dan meningkat di setiap peluncuran versi terbarunya.  Hingga sekarang, City terus mendominasi pasar untuk sekitar satu dekade menempel di bawah posisi Toyota Vios sebagai leader market. 

Pada versi terbaru ini, Honda All New City telah dibekali dengan berbagai fitur mumpuni dan lebih lengkap dari generasi sebelumnya. Konsumsi BBM diklaim lebih irit. Di dalam kabin telah dipasangkan sebuah layar LCD dengan panel touchscreen yang didukung dengan konektivitas Bluetooth, navigasi satelit, CD / DVD playback dan juga sebagai monitor untuk tampilan kamera belakangnya. 

Eksterior Honda All New City
Honda All New City memiliki struktur tubuh aerodinamis, yang dilengkapi dengan sejumlah fitur untuk memberikan tampilan menawan. Hal ini dirancang dengan sejumlah garis karakter yang kuat, yang menambah keanggunan. Pada bagian depan, ia dirancang dengan kisi-kisi radiator yang berani, yang dilengkapi dengan beberapa bilah krom berlapis. Grille ini tertanam dengan logo Honda di tengahnya. Grille ini diapit oleh cluster lampu melengkung, yang digabungkan dengan lampu halogen yang kuat dan indikator lampu sein di sisinya. Di bawahnya, bumper diwarnai selaras dengan body dan  mampu menampung udara banyak sebagai intake untuk pendinginan mesin. Intake ini diapit oleh sepasang lampu kabut berbentuk bulat, yang berfungsi untuk menambah visibilitas. 
Foto Gambar Modifikasi Honda All New City Indonesia
Foto Eksterior Honda All New City Tampak Depan
Kap mesin disertai dengan underguard, yang mencegah kendaraan dari kerusakan ringan. Ada beberapa karakter garis terlihat pada kap, yang memberikan depan yang terlihat menawan. Kaca depan besar yang terdiri dari kaca berwarna hijau, yang disertai dengan satu set wiper intermittent. Datang ke profil sisinya, gagang pintu dibaluti dengan krom sedangkan spion elektrik dirancang berwarna selaras dengan body.
Foto Gambar Honda All New City Indonesia
Foto Eksterior Honda All New City Tampak Belakang
Selanjutnya, velg berukuran 15 inci ditutupi dengan ban tubeless radial kinerja tinggi, yang memberikan pegangan superior pada setiap kondisi jalan. Pilar B dan pilar C bersama dengan ambang jendela memiliki warna hitam mengkilap mengukuhkan profil sisi penampilan yang layak. Kaca belakang terintegrasi dengan defogger, di bagian tengahnya terdapat mount stop lamp tinggi yang sangat berfungsi bagi keselamatan. Untuk klaster lampu belakang telah didukung oleh bohlam halogen. Sedangkan tailgatenya cukup besar dan memiliki banyak sisipan krom di bawah lambang Honda yang memanjang dari kiri hingga kanan. Pada bumper belakang turut diikutsertakan sepasang reflektor.

Interior Honda All New City
Honda telah merefresh interior baru City dan memiliki lebih banyak ruang dan fitur dari generasi yang telah ada. Sekarang luas kabinnya hampir menyerupai Honda Civic. Bagian dalam dari sedan ini dirancang dalam skema two-tone. Dashboard dibuat dengan plastik kualitas tinggi dengan skema warna hitam yang telah dilengkapi dengan aspek canggih seperti panel instrumen, unit AC, 3 spoke steering wheel dan sistem audio mahir.
Interior Honda All New City Indonesia
Foto Interior dan Kabin Honda All New City
Roda kemudi dengan sisipan aksen perak dan sebuah logo Honda ini telah terintegrasi dengan fitur kontrol audio yang menambah kenyamanan. Ada banyak ruang kaki yang tersedia di baris kedua karena dirancang khusus pengaturan tempat duduknya. Kursi yang digunakan cukup empuk dengan balutan kulit (trim tertinggi). Kursi pengemudi memiliki fungsi elektrik adjustable, sedangkan baris kedua memiliki fasilitas yang dapat dilipat 60:40. Selain itu, wheelbase panjang dari sedan ini membuat kabin cukup luas untuk menampung 5 penumpang dengan mudah. Kenyamanan Honda All New City semakin bertambah berkat banyaknya tempat penyimpanan untuk barang pribadi.

Performa Mesin Honda All New City
Honda City versi lokal hanya dijual dengan mesin bensin 1,5 liter VTEC, sayangnya versi diesel seperti di India belum hadir di Indonesia. Mesin bensin yang berkapasitas 1497 cc ini memiliki kemampuan mengaduk-aduk tenaga maksimum hingga 117 HP pada putaran 6.600 RPM dengan kombinasi output torsi puncak 145 Nm pada 4.600 RPM . Mesin ini dikawinkan dengan dua gear box yaitu transmisi manual dan otomatis CVT, tergantung pada varian. Pendistribusian tenaga dilangsungkan ke roda depan dan memberikan kinerja yang mengesankan. Honda juga telah memberikan mekanisme pengereman canggih, yang kemudian ditambah oleh adanya sistem pengereman anti penguncian (ABS) bersama dengan distribusi kekuatan rem elektronik. Sistem suspensi juga cukup efisien dan membantu dalam menjaga mobil agar tetap seimbang dan stabil sepanjang waktu. 
Mesin Honda All New City Indonesia
Foto Mesin Honda All New City
Impresi dan Handling Honda All New City
Produsen telah memberikan seri sedan ini mekanisme pengereman mahir dan roda depan dilengkapi dengan satu set rem cakram padat, sedangkan roda belakang telah dilengkapi dengan satu set rem tipe drum yang kokoh. Mekanisme pengereman ini lebih lanjut ditambah dengan ABS (anti penguncian sistem pengereman) bersama dengan EBD. As roda depan ditopang oleh suspensi McPherson strut, sementara as roda belakang dilengkapi dengan jenis double wishbone. Kedua as roda ini lebih dibantu oleh pegas koil dan anti roll bar. Hal ini digabungkan dengan gerakan adaptif sistem power steering elektronik, yang cukup responsif dan membuat penanganan cukup nyaman. Radius putar minimum Honda All New City adalah sebesar 5,3 meter, yang cukup baik dalam kelasnya.

Spesifikasi Honda All New City
  • Kode sasis : GM6
  • Mesin : 1,5 liter 4 silinder segaris 16 katup SOHC i-VTEC.
  • Power : 117 HP @6.600 RPM.
  • Torsi :  145 Nm @4.600 RPM.
  • Konsumsi bahan bakar: 11-14km / L (dalam kota), 15-18km / L (luar kota).
  • Transmisi : 6-speed manual, 5-speed otomatis dengan CVT.
  • Suspensi: Depan McPherson strut independen, belakang independent double wishbone.
  • Profil ban : 175/65 R15
  • Rival : Toyota All New Vios, Hyundai Accent Verna, dan Suzuki Ciaz.
  • Penjualan: 2014-sekarang.

Harga Honda All New City 
  • Honda CITY S M/T Rp 285.500.000
  • Honda CITY S CVT A/T Rp 295.500.000
  • Honda CITY E M/T Rp 300.000.000 
  • Honda CITY E CVT A/T Rp 310.000.000
  • Honda CITY ES CVT A/T Rp 330.000.000

Kelebihan Honda All New City 
  • Konsumsi BBM cukup irit.
  • Ramping dan stylish.
  • Fitur interior dan keselamatan lengkap.
  • Akselerasi bagus.
  • Layanan aftersales cukup memuaskan.
  • Kabin luas dengan banyak aspek kenyamanan.

Kekurangan Honda All New City  
  • Sulit untuk menangani kondisi lalu lintas yang padat.
  • Kurangnya sistem navigasi.
  • Desain interior masih perlu ditingkatkan.
  • Peredaman kabin buruk.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Honda All New City GM6. Bagi Anda yang memprioritaskan mobil baru dengan konsumsi BBM yang irit, Honda All New City patut Anda pertimbangkan. Semoga membantu. Baca juga: