Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Captiva Bensin/Diesel

Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Captiva Bensin/Diesel

Ulasan Spesifikasi dan Harga Chevrolet Captiva - Meningkatnya penjualan mobil pada segmen SUV kompak di Indonesia membuat pihak Chevrolet melihat adanya peluang yang begitu besar. Ya, peningkatan ini didasari oleh perubahan mindset kebanyakan orang yang dulunya menyukai mobil keluarga yang mampu menampung kapasitas bawaan yang banyak ke arah mobil nyaman dan serba bisa. Itulah salah satu ciri khas sebuah mobil SUV, selain itu, fitur kabin melimpah, handling yang mumpuni, kenyamanan seperti sedan dan mesin yang bertenaga adalah kewajiban setiap pabrikan yang ingin bermain dalam segmen ini.

Di Indonesia, Chevrolet Captiva pertama kali hadir pada tahun 2007 dengan varian mesin bensin 2,4 liter bertransmisi manual. Lalu beberapa bulan setelahnya varian otomatis turut ditambahkan. Melihat bagusnya respon konsumen akhirnya pada tahun 2008 Chevrolet kembali menghadirkan varian tambahan dengan mengusung mesin diesel yang berkapasitas 2,0 liter VCDi bertransmisi otomatis. Beberapa fitur yang dibawanya telah diupgrade dan juga tampilan interior kabin tampak lebih elegan. 

Tak lama setelah peluncuran Captiva bermesin diesel, akhirnya General Motor Indonesia (GMI) selaku agen tunggal Chevrolet di Indonesia kembali melengkapi lini SUVnya dengan menghadirkan Captiva Diesel berpenggerak empat roda atau lebih dikenal dengan AWD (All Wheel Drive). Tipe ini adalah varian terakhir dari Captiva non-facelift sebelum Captiva mengenalkan versi faceliftnya yang dilakukan pada tahun 2011 dengan perubahan pada eksterior, interior dan performa mesin.

Eksterior Chevrolet Captiva 
Dari luar, Captiva terlihat sporty, tangguh, kokoh dan maskulin mirip dengan kompetitor terdekatnya, yaitu Honda CRV gen 3, namun pastinya dengan ukuran yang berbeda. CRV gen 3 sedikit lebih pendek dan kurang tinggi jika dibandingkan dengan body bongsor Captiva. Untuk versi pre-facelift, lampu utama masih menggunakan model runcing dan membulat. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Eksterior Chevrolet Captiva Bensin/Diesel pre-facelift
Foto Eksterior Chevrolet Captiva pre-facelift
Sedangkan eksterior Captiva facelift, telah mengusung grill besar dan bumper lebih sporty. Lampu depan di desain ulang dan maih menggunakan lampu proyektor halogen. Tampilan meluas ke fasia belakang. Secara keseluruhan, penampilan luar dari Captiva facelift sangat kental dengan ciri khas mobil Amerika.
Eksterior Chevrolet Captiva Bensin/Diesel Facelift
Foto Eksterior Chevrolet Captiva Facelift
Interior Chevrolet Captiva 
Chevrolet Captiva mengusung interior yang telah dibekali berbagai fitur menarik, seperti tempat penyimpanan yang banyak, cruise control, control audio di setir dan adanya kursi pada baris ketiga. Namun sayangnya, pada versi pre-facelift pada konsol tengahnya belum dilengkapi MID berupa layar LCD seperti pada versi facelift. Sebagai gantinya, dudukan tersebut diisi oleh seperangkat tape dan dibagian bawahnya ditambahkan tempat penyimpanan koin. 
Interior Chevrolet Captiva Bensin/Diesel pre-facelift
Foto Interior kabin Chevrolet Captiva pre-facelift
Beralih ke versi facelift, interior yang diusung masih menggunakan desain yang persis sama. Perbedaan yang paling kentara dengan versi pre-facelift adalah adanya MID seperti yang telah disebutkan di atas. Namun upgrade tersebut masih dirasa kurang, karena material yang digunakan terkesan biasa saja, berupa plastik yang rentan terkena goresan. Bagi Anda pecinta nuansa kemewahan mungkin akan menilai mobil ini jauh dari kesan mewah, karena opsi wood panel tidak dihadirkan bahkan pada Captiva Prime yang merupakan tipe tertinggi dan termahal. Selain itu, ventilasi AC hanya ada di bagian dashboard depan.
Interior kabin Chevrolet Captiva Bensin/Diesel Facelift
Foto Interior kabin Chevrolet Captiva Facelift
Performa Mesin Chevrolet Captiva 
Pada versi pre-facelift, Captiva dilengkapi oleh mesin bensin 2,4 liter DOHC yang mampu memproduksi tenaga hingga 141 HP pada rev 5000 RPM dan torsi puncak 212 Nm pada rev 2200 - 4000 RPM. 
Foto Mesin Bensin Chevrolet Captiva pre-facelift
Foto Mesin Bensin Chevrolet Captiva pre-facelift
Sedangkan untuk mesin turbo diesel 2,0 liter common rail SOHC mampu memuntahkan tenaga hingga 152 HP pada putaran mesin 4000 RPM dan torsi puncak 310 Nm pada putaran 2000 RPM. Mesin diesel ini juga digunakan pada versi penggerak AWD yang diluncurkan pada tahun 2009.
Foto Mesin Diesel Chevrolet Captiva pre-facelift
Foto Mesin Diesel Chevrolet Captiva pre-facelift
Dikarenakan keterbatasan yang Topgir akhirnya ulasan mengenai mesin hanya terbatas pada versi pre-facelift saja. Beberapa fakta menyebutkan versi facelift masih menggunakan kedua kapasitas mesin yang sama seperti pendahulunya, namun teknologi yang dibawanya telah uptodate sehingga tenaga yang mampu dihasilkan oleh kedua varian mesin ikut bertambah dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien.

Impresi dan Handling Chevrolet Captiva 
Meskipun telah disuguhi dengan kedua mesin yang bertenaga mumpuni, namun disinilah faktor utama kelemahan Chevrolet Captiva pre-facelift. Hal ini dikarenakan penggunaan profil ban yang kurang cocok dimana velg 17 inci dibalut dengan ban berukuran 215/70. Sehingga pengendalian mobil ketika bermanuver di tikungan menimbulkan body roll ataupun limbung. Namun ban ini telah dikoreksi pada versi facelift yang kini menggunakan profil ban 235/60 yang membuat pengendaliannya menjadi lebih sempurna.

Spesifikasi Chevrolet Captiva 
  • Mesin : 2.4 liter bensin DOHC dan 2,0 liter turbodiesel SOHC.DOHC MPFI VVT.
  • Tenaga maksimum : 141 HP @5.000 RPM (bensin), 152 HP @4.000 RPM (diesel).
  • Torsi puncak : 212 Nm @2.200 - 4000 RPM (bensin), 310 Nm @2000 RPM (diesel).
  • Konsumsi  BBM bensin : 7-8km / L (dalam kota), 9-11km / L (luar kota).
  • Konsumsi  BBM diesel : 9-10km / L (dalam kota), 11-13km / L (luar kota)
  • Transmisi : 6-speed manual, 6-speed otomatis.
  • Suspensi : Depan McPherson strut independen, belakang torsion beam.
  • Rival : Hyundai Santa Fe, Kia Sorento, Nissan X-Trail T31, Mazda CX-7, Suzuki Grand Vitara, Mitsubishi Outlander Sport dan Honda CRV.
  • Tahun penjualan : 2007- 2015.

Harga Chevrolet Captiva Baru 
2.4 AT – Rp. 380.900.000,-
2.4 AT Sugar White Metallic – Rp. 386.900.000,-
2.0 AT FWD (Diesel) – Rp. 398.000.000,-
2.0 AT FWD Sugar White Metallic (Diesel) – Rp. 404.000.000,-
2.0 AT AWD (Diesel) – Rp. 456.200.000,-
2.0 AT AWD (Diesel) Sugar White Metallic – Rp. 462.200.000,-

Harga Chevrolet Captiva Bekas 
Captiva pre-facelift bekas mesin bensin tahun 2007 hingga 2010 dijual di kisaran harga 140 - 180 jutaan, sedangkan yang bermesin diesel untuk tahun yang sama biasanya lebih mahal 10 jutaan. Ini dikarenakan banyaknya konsumen yang memilih varian diesel sehingga harga jualnya lebih bertahan dari varian mesin bensin. Untuk versi facelift bekas bermesin bensin tahun 2011 hingga 2015 dijual di rentang harga 200 - 340 juta dan untuk versi diesel perbedaan harganya bisa mencapai 20 jutaan dari mesin bensin.

Kelebihan Chevrolet Captiva 
  • Tenaga responsif (mesin diesel).
  • Konsumsi BBM efisien, kecuali mesin bensin.
  • Legroom baris kedua lapang.
  • Adanya pilihan penggerak AWD.
  • Torsi untuk kedua mesin tergolong besar.
  • Mesin minim getaran.
  • Tempat penyimpanan banyak.
  • Fitur standar memadai.
  • Dilengkapi dengan kursi barisan ketiga.

Kekurangan Chevrolet Captiva 
  • Kabin kurang ergonomis.
  • Suspensi keras.
  • Kualitas interior biasa saja.
  • Profil ban janggal.
  • Penggereman buruk.
  • Transmisi matic agak lemot.
  • Biaya sparepart dan perawatan mahal.
  • Kursi baris ketiga sempit, hanya cocok diduduki oleh anak-anak.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Chevrolet Captiva Bensin maupun diesel. Chevrolet Captiva merupakan pilihan bijak bagi Anda yang menyukai yang memiliki tendangan torsi yang besar. Penggunaannya pun sangat cocok di dalam kota yang sering dilanda kemacetan. Baca juga beberapa ulasan rivalnya sebagai berikut :