Kelebihan dan Kekurangan Ford Ranger Gen 1

Kelebihan dan Kekurangan Ford Ranger Gen 1

Review Spesifikasi dan Harga Ford Ranger - Pada mulanya, peredaran mobil Double Cabin di Indonesia tidaklah terkenal, beberapa diantarany yang hadir sebelum tahun millenium adalah Toyota Hilux yang didatangkan secara utuh (CBU) dan juga unitnya yang terbatas. Namun setelah tahun 2002, melihat sepinya kondisi pasar yang hanya diramaikan oleh Mitsubishi Strada, akhirnya Ford mencoba untuk memasuki segmen ini (selain pick-up pengangkut barang) dengan meluncurkan Ford Ranger Double Cabin perdana pada tahun 2002 dan diedarkan hingga tahun 2011 dengan melakukan beberapa update / facelift.

Akibat minimnya persaingan, pada saat itu Ford yang merupakan merk "baru" di Indonesia, hampir mampu menandingi penjualan Strada dari Mitsubishi sebelumnya yang telah mendarah daging di pasar lokal oleh bagusnya reputasi L300, Colt Diesel dan Fuso. Namun karena sedikitnya jaringan servis dan aftersales, mobil ini mendapat banyak cibiran. Semua hal tersebut mampu ditepis oleh Ford dengan pembuktiannya yang mampu bersaing dalam segmen ini hingga sekarang.

Eksterior  Ford Ranger Gen 1
Hingga akhir penjualan dari Ranger gen1 pada tahun 2011, Ford masih setia dengan desain bodynya sejak pertama kali dikenalkan. Desain yang dihadirkan pada Ranger ini terlihat sangat sarat akan nuansa truk Amerika. Inilah yang membuat tampilannya berbeda dari para penantangnya. Facelift pertama kali dilakukan pada tahun 2006 hingga 2009 dimana penggunaan lampu kristal depan dan belakang dengan bentuk yang sama sekali berbeda. Puncak dari reputasi Ford terdapat pada rentang tahun produksi ini. Namun facelift terakhir yang dilakukan pada tahun 2010 dan dijual hingga 2011 terkesan jelek karena penampilannya yang terkesan terlalu maskulin.
Kelebihan dan Kekurangan Ford Ranger Gen1
Foto Eksterior Ford Ranger Gen 1
Interior Ford Ranger Gen 1
Masuk ke dalam, kontrol yang mudah digunakan dan alat pengukur yang mudah dibaca terlihat dengan jelas. Sementara roda kemudi dan tuas transmisi dapat ditangani dengan mudah. Pada versi awal, kabin terasa sangat sempit khususnya pada baris belakang. Setelah adanya facelift, kabin belakang didesain ulang menjadi sedikit lebih besar guna menciptakan nuansa kabin yang lapang. Meskipun ditujukan sebagai mobil pekerja keras, namun fitur yang dibenamkan di dalamnya banyak diadopsi dari Ford Everest sebagai pembunuh rasa bosan ketika melakukan perjalanan jauh.
Kelebihan dan Kekurangan Ford Ranger Gen1
Foto Interior Ford Ranger Gen 1
Performa Mesin Ford Ranger Gen 1
Sejak kehadiran pertamanya hingga sekarang (khusus gen 1), Ford Ranger telah dibekali dengan dua macam mesin, yaitu mesin 2,5 liter turbo dan mesin 2,9 liter non turbo. Mesin 2,5 liter dengan turbodiesel ini dapat menggenjot tenaga hingga 143 HP pada 3.500 RPM dan torsi 330 Nm pada 1.800 RPM. Sedangkan mesin lainnya berkapasitas 2,5 liter non turbo memiliki tenaga 156 HP pada 3.200 RPM dan torsi 380 Nm pada 1.800 RPM.
Kelebihan dan Kekurangan Ford Ranger Gen1
Foto Mesin Ford Ranger Gen 1
Impresi dan Handling Ford Ranger Gen 1
Ford Ranger terkenal dengan kemampuan offroadnya yang di atas rata-rata, sehingga menjadi pilihan utana dari berbagai perusahaan tambang. Ini dikarenakan letak ECU yang ada di dalamnya diletakkan di tempat yang pas (baca : tinggi), dan jauh dari jangkauan air dan lumpur. Ditambah lagi dengan torsinya yang melimpah. Ford Ranger juga nyaman digunakan di perkotaan, namun Anda harus sedikit berhati-hati ketika ingin menyalip dalam kecepatan tinggi, karena feedback dari setirnya terlalu sensitif.

Spesifikasi Ford Ranger Gen 1
  • Mesin : 2,5 liter turbodiesel dan 2,9 liter diesel non turbo 4 silinder segaris.
  • Tenaga : 143hp @3.500 RPM (2,5), 156 HP @3.200 RPM (2.9).
  • Torsi : 330 Nm @1.800 RPM (2,5), 380 Nm @1.800 RPM (2.9).
  • Konsumsi BBM : 7-10km / L (dalam kota), 9-12km / L (luar kota).
  • Transmisi : 5-speed manual, 5-speed otomatis
  • Suspensi : Depan independent double wishbone, belakang axle rigid semi-eliptik.
  • Rival : Isuzu D-Max, Mazda BT-50, Mitsubishi Strada, Nissan Frontier, dan Toyota Hilux.
  • Penjualan : 2002-2011.

Harga Bekas dan Biaya Perawatan  Ford Ranger Gen 1
Untuk tahun 2002 - 2005, harga bekas Ford Ranger berada di rentang 80 juta - 100 juta, sedangkan untuk facelift pertama (2007 - 2009) harga bekasnya sekitar 110 - 140 juta dan untuk versi facelift terakhir (2009 - 2011) mulai dari 140 - 160 jutaan. Banyak orang mengatakan bahwa biaya perawatan Ford Ranger sedikit mahal, ini adalah opini yang salah, karena biaya perawatannya mirip dengan double cab atau pick-up lainnya yang membawa CRDi sebagai teknologi mesinnya.

Kelebihan Ford Ranger Gen 1
  • Raja offroad dan terbukti banyak digunakan di pertambangan.
  • Tahan banting.
  • Tenaga besar.
  • Fitur kabin lumayan.
  • Bantingan empuk.
  • Kapasitas kargo belakang besar.

Kekurangan Ford Ranger Gen 1
  • Interior sempit.
  • Jaringan aftersales minim.
  • Interior murahan.
  • Model facelift terbaru kurang macho.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Ford Ranger Gen 1. Bagi Anda yang sering bepergian bersama keluarga dengan barang bawaannya yang banyak ke daerah perbukitan, Ford Ranger adalah jawabannya.Selain harganya yang murah, kemampuan Ford Ranger di berbagai kondisi jalan tidak usah diragukan lagi. Baca juga :