6 Velg yang Paling Cocok untuk Modifikasi JDM

6 Velg yang Paling Cocok untuk Modifikasi JDM

Velg untuk Modifikasi JDM - Pada kesempatan lalu, melalui artikel 5 Modifikasi Sederhana untuk Mobil Harian telah disebutkan beberapa part yang patut dilakukan pergantian agar tampilan mobil menjadi lebih sporty. Selain itu, velg yang bagus juga akan mendongkrak image mobil dimata teman-teman Anda, khususnya penggemar aliran JDM. Modifikasi JDM paling sering dijadikan pilihan utama karena biaya yang harus dikeluarkan tidaklah terlalu besar (jika dibandingkan dengan aliran modifikasi lain). Selain itu, faktor utamanya adalah mobil pabrikan Jepang sangat banyak beredar di pasar lokal, dan harganya relatif murah, mulai dari tahun tua hingga tahun yang lebih muda. 

Beberapa pilihan velg berikut merupakan velg yang paling populer digunakan oleh para tuner asal Jepang. Selain tampilannya yang memukau, daya tahannya juga sangat tinggi. Hal ini terbukti karena banyak digunakan pada ajang yang paling bergengsi di Jepang, yaitu Drifting.
Contoh Velg JDM
Contoh Velg JDM

Pilihan Velg Modifikasi JDM


1. Rota Grid V
Rota Grid V adalah pilihan yang sangat populer saat ini, dan hal itu tidak mengherankan. Memiliki pola sport enam spoke, alhasil velg ini lebih cocok untuk digunakan pada mobil yang fendernya berukuran kecil, khas sedan 90-an seperti Corolla Twincam, Great Corolla, Civic Genio dan juga Mitsubishi Lancer CB5 / Evo 3.
Foto Gambar Velg Rota V
Contoh Velg Rota V
2. Enkei RPF1
Tidak hanya diproduksi oleh salah satu produsen velg terbesar di dunia, tapi Enkei RPF1 juga terkenal akan daya tahannya berkat rancangan yang matang dan banyak digunakan dalam ajang balapan, termasuk drift. Terbukti, Enkei RPF1 adalah velg yang paling populer hingga saat ini. Kokoh, ringan, modis menjadikannya memiliki pesona yang memikat sehingga banyak tuner memburunya. Bahan yang digunakan untuk pembuatan velg ini berupa cor aluminium dengan proses yang disebut Enkei's MAT (Most Advanced Technology). Beberapa warna yang ditawarkan antara lain Hitam, Silver, Gold atau SBC (foto).
Foto dan Gambar Velg Enkei RPF1
Contoh Velg Enkei RPF1
3. RS Watanabe
Anda mungkin mengenali desain RS Watanabe dari Sprinter Trueno yang beraksi di bawah kendali Takumi Fujiwara pada film animasi Initial D. Desain kokoh dapat terlihat jelas dari desain retro yang digunakan. Datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, Anda akan menemukan sebuah Watanabe sesuai dengan kebutuhan Anda. Meskipun hanya disediakan dengan Perak dan Black, namun itu bukanlah alasan utama dalam urusan mempercantik tampilan mobil Anda. Sebagai tambahan, velg ini sangat cocok jika dipadukan dengan mobil retro seperti Corolla DX, Toyota Cressida, ataupun mobil retro lainnya yang telah disebutkan secara lengkap pada artikel Pilihan Sedan Drift 20 - 40 jutaan.
Foto dan Gambar Velg RS Watanabe
Contoh Velg RS Watanabe
4. Rota Slipstream
Jika Anda setelah sesuatu yang sedikit lebih di sisi minimalis, Rota slipstream adalah pilihan yang paling tepat. Dengan bobot mulai dari hanya 5.1 kg yang tergolong ringan ditambah lagi bentuknya yang kokoh, sehingga cocok untuk Anda yang sering cruising di jalan tol. Sama halnya Seperti Enkei RPF1 di atas, Rota Slipstream tidak hadir dengan pilhan warna yang banyak. Beberapa warna yang disediakan hanya ada 3, Hitam, Putih dan Silver. Desain 5 spoke mungkin lebih cocok untuk mobil dengan tahun produksi di atas 2000an.
Foto dan Gambar Velg Rota Slipstream
Contoh Velg Rota Slipstream
5. BBS RS
Banyak orang akan terbiasa dengan velg BBS RS yang terlihat pada mobil Eropa seperti BMW dan Volkswagen tua, tetapi velg ini seakan memberikan tampilan yang juga cocok untuk mobil Jepang. Hal ini terbukti dengan kehadiran MX5 generasi pertama yang ditawarkan dengan BBS RS sebagai paket penjualannya. Kelebihan BBS RS adalah lingkar bibirnya dapat dicopot dan dipasang kapan saja dengan menggunakan kunci khusus. Warna yang ditawarkan ada tiga, antara lain Emas, Perak dan hitam. Sedangkan lingkarnya berupa krom anti gores.
Foto dan Gambar Velg BBS RS
Contoh Velg BBS RS
6. Rota RT5
Desain Rota RT5 sangat mirip dengan Rota Grid V yang desainnya menggunakan 6 spoke. Namun tidak seperti Grid, velg ini sama sekali tidak cocok untuk mobil yang lingkaran fendernya kecil. Lebih cocok ke mobil yang memiliki gen sporty seperti Nissan 370Z, Toyota Celica, dan juga FT86. Seperti kebanyakan velg Rota, RT5 dihadirkan dengan berbagai warna, lebar dan offset.
Foto dan Gambar Velg Rota RT5
Contoh Velg Rota RT5
Itulah beberapa velg pilihan untuk modifikasi JDM. Velg adalah salah satu komponen yang harus Anda perhatikan demi keselamatan. Jangan hanya tergiur dari harga miring yang ditawarkan, karena bisa saja velg tersebut barang replika yang kualitasnya benar-benar buruk. Untuk menghindari hal ini, silakan membaca artikel Cara Mengetahui Velg Asli atau Palsu.