Kesalahan Pemilik Mobil saat Servis dan Reparasi

Kesalahan Pemilik Mobil saat Servis dan Reparasi

Hal-hal yang Harus Diketahui saat Servis dan Reparasi Mobil - Servis adalah suatu hal wajib yang telah lumrah bagi semua pemilik mobil. Seiring berjalannya waktu, mobil akan membutuhkan perawatan rutin yang lebih dikenal dengan servis berkala. Jika kinerja mobil terasa sudah kurang fit dan berada dalam kondisi darurat, hal utama yang akan Anda lakukan adalah langsung menyerahkan mobil kepada bengkel terdekat dan membiarkan montir mengecek langsung ada atau tidaknya gangguan pada mesin ataupun komponen pendukung lainnya. 

Setelah sumber masalah ditemukan, para montir akan memberitahu Anda apa saja yang harus dilakukan, baik itu pergantian komponen ataupun mengakalinya agar dapat kembali bekerja normal. Telah menjadi kebiasaan, sebagian orang (biasanya pemilik mobil yang minim pengalaman) akan langsung setuju tanpa menanyakan sebab pasti gangguan disebabkan faktor apa. Setelah disetujui, montir tersebut akan melanjutkan pekerjaanya kembali. 

Pastinya, Anda disini berada dalam posisi sebagai korban, karena tidak semua montir bersikap jujur. Bisa saja mereka mengakali komponen yang seharusnya diganti (dalam artian komponen yang rusak tidak diganti dengan yang baru). Ujung-ujungnya, Anda dikenai biaya jasa ditambah lagi harga komponen yang harganya telah dilipat gandakan. Untuk mencegah hal tersebut, silakan membaca Tips Memilih Bengkel Mobil Berkualitas.
Perbaikan mobil di bengkel
Ilustrasi Perbaikan mobil di bengkel
Di bawah ini, Topgir telah merangkum beberapa tips yang harus Anda terapkan setiap kali mengunjungi bengkel reparasi mobil, antara lain :

Tidak berlangganan pada bengkel pertama yang Anda kunjungi
Kesalahan pertama yang banyak dilakukan pemilik mobil adalah langsung berlangganan pada bengkel pertama yang dikunjungi. Dengan alasan mereka dapat memperbaiki mobil Anda dengan baik, profesional dan biaya jasa yang murah. Kebiasaan ini harus Anda hilangkan, karena pada dasarnya setiap bengkel memiliki montir ahli. 

Sebelum langsung menyetujui untuk proses perbaikan, pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah bertanya mengenai gangguan pada mobil. Setelah jawaban tersebut Anda dapatkan, silakan mengunjungi bengkel lainnya dan menanyakan pertanyaan yang sama. Lakukan hal ini berulang-ulang hingga bengkel terakhir yang ada di kota Anda. Setelah itu, bandingkan jawaban setiap montir ahli pada bengkel yang telah dikunjungi. Pilihlah yang kira-kira jawabannya paling mengenai sasaran dan yang memiliki pelayanan paling baik. Jika sudah, silakan berlangganan pada bengkel tersebut.

Tidak menanyakan harga komponen dan biaya jasa perbaikan 
Kesalahan kedua, biasanya kita dihadapkan dengan kondisi keuangan yang sulit, namun Anda ingin mobil diperbaiki secepat mungkin karena ada keperluan penting lainnya yang membutuhkan transportasi pribadi. Karena waktu yang kepepet, Anda langsung setuju mobil diperbaiki tanpa menanyakan harga komponen yang harus diganti plus biaya pergantian sebelumnya. Setelah mobil diperbaiki, Anda akan terkejut karena biayanya yang mencekik leher, dan pada akhirnya, mobil tidak dapat dibawa pulang karena budget Anda sediakan tidak cukup.

Tidak menanyakan tentang ketersediaan suku cadang bekas
Jika mobil Anda peredarannya sedikit langka dan rusak dalam perjalanan serta membutuhkan pergantian suku cadang. Pastinya Anda akan sedikit kerepotan untuk mencarinya ke berbagai bengkel hingga ke pelosok. Kondisi darurat akan membuyarkan konsentrasi Anda dan memicu emosi berlebihan. Pilihan yang paling bijak adalah tidak hanya menanyakan suku cadang baru. Jangan lupa pula untuk menyakan suku cadang bekasnya. Memang agak terdengar konyol, namun bisa saja hal ini membantu Anda. Selain itu, harga yang ditawarkan juga sangatlah murah.

Itulah beberapa Kesalahan Pemilik Mobil saat Servis dan Reparasi Mobil. Tips-tips di atas sebagian besar dikutip dari pengalaman pribadi dan juga pengalaman dari para pemilik mobil yang sering mengeluhkan terhadap layanan bengkel di berbagai forum roda empat. Semoga membantu. Jangan lewatkan artikel bermanfaat lainnya: