Cara Tepat Memilih Jenis Bohlam Mobil

Cara Tepat Memilih Jenis Bohlam Mobil

Jenis-Jenis Bohlam Mobil - Memilih bohlam atau lampu kendaraan yang tepat mungkin tampak seperti sebuah tantangan, terutama dengan banyaknya jumlah pilihan di pasar. Kesulitan tertentu dengan satu merek mungkin cenderung untuk mempengaruhi pembeli terhadap yang lain. Namun, konsumen lain mungkin hanya ingin tahu apa yang tersedia di pasar. Sebelum memilih bohlam, konsumen terlebih dahulu harus mengetahui apa saja jenis-jenis bohlam, fitur yang ditawarkan, dan tahu bagaimana cara memilih memilihnya.
 Tips dan Cara Memilih Bohlam Lampu Mobil
Macam-macam Bohlam Mobil
Mengetahui tentang jenis lampu dan apa yang harus dicari dapat membuat perbedaan besar ketika datang untuk membeli bohlam lampu. Beberapa bohlam mungkin menawarkan manfaat tertentu, seperti intensitas cahaya yang lebih tinggi atau terangnya sinar. Ada juga berbagai jenis yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu, dari halogen, HID hingga xenon. Beberapa lampu meningkatkan penampilan kendaraan dan visibilitas, sementara yang lain hanya memberikan cahaya yang dapat digunakan untuk keselamatan pengemudi dalam kondisi mengemudi gelap.

Jenis Bohlam Mobil
Ada berbagai jenis bohlam mobil di pasar. Sebagian besar mobil modern memiliki lampu yang lebih efisien, beberapa di antaranya lebih mahal daripada yang lain. Pilihan umum termasuk halogen, HID atau sering disebut lampu xenon.

1. Halogen
Lampu halogen adalah jenis paling umum di antara mobil-mobil di jalan. Lampu ini menghasilkan cahaya yang cukup dan cenderung lebih murah dibandingkan jenis lainnya. Beberapa orang mungkin merasa seolah-olah cahaya dari lampu halogen adalah rendah dibanding jenis lampu lain yang tampak lebih terang.

2. Xenon atau HID
Mobil mewah sering dipasangi HID (high intensity discharge), atau lampu xenon, tetapi lampu ini juga dapat menjadi pilihan pada mobil yang harganya lebih terjangkau. Jenis cahaya berbeda dari lampu halogen karena menggunakan busur tegangan tinggiuntuk menghasilkan cahaya daripada filamen logam, seperti halnya dengan lampu halogen. Beberapa lampu xenon dijual dalam kit / paket yang meliputi self cleaner dan self-leveling sistem. Karakteristik khas dari lampu HID adalah warna kebiru-biruan yang mereka hasilkan.

Fitur Bohlam Mobil
Mengetahui fitur yang ditawarkan vohlam tertentu dapat membuat keputusan pembelian sedikit lebih mudah. Misalnya, fitur lebih rumit sering datang dengan harga yang lebih tinggi. Salah satu contoh adalah bohlam dengan output tinggi. Bohlam yang seperti ini umumnya menghasilkan lebih banyak cahaya, sehingga meningkatkan visibilitas, tetapi berbanding terbalik dengan umur pemakaian yang cenderung lebih singkat.

Cara Memilih Bohlam Mobil
Menemukan bohlam yang memiliki kinerja optimal di pasar bisa aja menjadi hal yang sulit, tetapi ada cara untuk mempersempit kemungkinan ini. Sebagai contoh, harga merupakan masalah bagi banyak konsumen. Banyak konsumen mungkin ingin tahu lebih banyak tentang fitur tertentu yang ditawarkan setiap merk dan jenis bohlam, seperti warna atau jumlah cahaya yang mampu dikeluarkan. 

Bohlam Berdasarkan Produk dan Fitur yang ditawarkan
  • PIAA Intens (bohlam putih). Bohlam jenis ini bertipe halogen. Fiturnya antara lain memiliki cahaya berwarna putih tanpa adanya warna biru. Biasanya digunakan untuk lampu rendah, lampu dim, dual dim ataupun sebagai lamou kabut. Didesain untuk menjadi panas pada suhu dingin demi meningkatkan umur pemakaian.
  • Sylvania Silverstar 9007. Jenis halogen. Memiliki tingkat pencahayaan tinggi. Menawarkan visibilitas ke bawah dan melebar ke samping. Bohlam ini sangat cocok digunakan pada area perbukitan yang sering dilanda kabut pada saat cuaca dingin.
  • CIPA Alfas Intensitas Maksimum 9004. Sama halnya dengan jenis di atas, bohlam ini merupakan tipe halogen. Biasanya digunakan pada lampu HID, memiliki umur pemakaian hingga 800 jam dan memancarkan warna putih pekat.
  • PlasmaGlow. Ini merupakan satu-satunya bohlam yang masuk dalam tipe xenon. Cahaya yang dikeluarkan merupakan kombinasi unik dari xenon dan gas krypton untuk meningkatkan visibilitas dan membuat penampilan mobil lebih menarik. Biasanya memancarkan cahaya berwarna putih kebiru-biruan.

Demikianlah artikel singkat mengenai Cara Tepat Memilih Jenis Bohlam Mobil. Semoga membantu. Baca juga beberapa artikel mengenai tips menarik lainnya :