Kelebihan dan Kekurangan Suzuki SX4

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki SX4

Review Spesifikasi dan Harga Suzuki SX4 - Suzuki SX4 adalah hatchback lima pintu yang memadukan karakteristik kompak sporty yang dicontohkan oleh Swift dan juga sebagai alternatif dari Suzuki Vitara yang masuk ke segmen SUV. Perpaduan yang menggabungkan dinamika berkendara yang responsif, kemampuan daya jelajah tinggi berkat ground clearance yang mumpuni dan juga tingginya tingkat kepraktisan dan styling yang mengikuti arus zaman.

Selain Swift dan Grand Vitara, SX4 adalah model strategis yang dijual secara global oleh Suzuki. Mobil ini merupakan hasil kesepakatan bersama antara Suzuki dan pengembang Fiat Auto, di mana Suzuki bertanggung jawab untuk manajemen proyek dari konsep hingga ke produksi massal. Pada tahun 2007-2008, SX4 juga digunakan pada ajang World Rally Championship yang membuat imagenya semakin bertambah bagus.

Eksterior Suzuki SX4
Suzuki SX4 ditata untuk terlihat baik dalam kondisi apapun. Dinamisme SUV tampak melekat pada model hatchback yang diusungnya. Desain luar meninggi dari depan hingga belakang, kaca segitiga di atas spion memberikan kesan yang kuat dan sporty. Sedangkan penggunaan ban lebar menambah stabilitas dan traksi terhadalap jalur. Secara keseluruhan, desain Suzuki SX4 menunjukkan potensi khas Suzuki yang tidak ditemukan di hatchback konvensional lainnya.
Kelebihan dan Kekurangan Suzuki SX4
Foto Eksterior Suzuki SX4
Interior Suzuki SX4
Interior luas menawarkan banyak ruang kaki dan ruang bahu, bahkan untuk penumpang kursi belakang. Akan tatapi, ruang lapang bukanlah satu-satunya faktor dalam memastikan kenyamanan interior, yang terpenting adalah bentuk dan posisi kursi. Kursi dirancang untuk mendukung postur alami yang merupakan faktor kunci dalam perjalanan nyaman jarak jauh. Selain itu, ketinggian kursi yang ideal, bukaan pintu besar, dan ground clearance tinggi membuat akses mudah untuk semua di papan. Kursi belakang ditetapkan sedikit lebih tinggi, yang berarti penumpang di belakang dapat melihat ke depan dengan jangkauan luas.
Kelebihan dan Kekurangan Suzuki SX4
Foto Interior Suzuki SX4
Interior two-tone didominasi warna hitam, disorot dengan aksen metalik berwarna dan motif berbentuk baji dengan tampilan yang memukau. Desain ergonomis panel instrumen menjamin visual dan kontrolnya mudah dipahami. Sebuah gaya baru, LCD kecil yang berisi informasi penting mengenai kondisi kendaraan dan konsumsi BBM turut ikut  ditambahkan di tengah klaster yang memiliki motif melingkar dari outlet sisi udara dan kontrol lainnya. 

Performa Mesin Suzuki SX4
Suzuki SX4 yang dijual di Indonesia menggunakan mesin 1.5 yang juga digunakan pada Suzuki Swift. Mesin ini mampu memproduksi  tenaga 110 HP pada putaran 6.000 RPM dengan torsi puncak 143 Nm pada 4.000 RPM. Sayangnya, peningkatan sama sekali tidak dilakukan oleh pihak Suzuki sehingga performa mesin jauh di bawah Swift. Ini disebabkan karena bobot dari SX4 lebih berat dari Swift. Namun berkat ground clearance yang tinggi, mobil ini memiliki daya jelajah lebih baik dari Swift.
Kelebihan dan Kekurangan Suzuki SX4
Foto Mesin Suzuki SX4
Spesifikasi Suzuki SX4
  • Mesin : 1.5 liter M15A 4 silinder segaris 16 katup DOHC MPFI VVT.
  • Tenaga maksimum : 110 HP @6.000 RPM.
  • Torsi puncak: 143Nm @4.000 RPM.
  • Bore x Stroke : 78 mm x 78 mm.
  • Rasio kompresi : 9.5:1.
  • Konsumsi bahan bakar: 9-11km / L (dalam kota), 13-15km / L (luar kota)
  • Transmisi : 5-speed manual, 4-speed otomatis.
  • Suspensi : Depan McPherson strut independen, belakang torsion beam.
  • Rival : Honda Jazz, Toyota Yaris, Ford Fiesta, Mazda2, dan KIA Rio.
  • Tahun penjualan : 2007- pertengahan 2012.

Harga Bekas Suzuki SX4
Rentang produksi yang lumayan panjang membuatnya memiliki harga yang bervariasi. Untuk Suzuki SX4 termurah dengan tipe X-Road tahun rendah dijual dengan harga 100 jutaan dan untuk tipe X-Over harga termahalnya 130 jutaan untuk tahun tinggi.

Kelebihan Suzuki SX4
  • Ground clearance cukup tinggi
  • Kabin dan bagasi cukup lapang
  • Bantingan cukup nyaman

Kekurangan Suzuki SX4
  • Fitur minim
  • Performa mesin kurang baik
  • Konsumsi BBM agak boros
  • Handling kurang lincah

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Suzuki SX4. Bagi Anda yang memprioritaskan sensasi kabin yang nyaman, mobil ini adalah pilihan yang sangatlah bijak, khususnya bagi yang berjiwa muda. Semoga membantu. Baca juga: