5 Modifikasi Sederhana untuk Mobil Harian

5 Modifikasi Sederhana untuk Mobil Harian

Beberapa part modifikasi sederhana - Ada banyak modifikasi mahal yang dapat Anda lakukan untuk membuat mobil menjadi licah ketika dikendalikan dengan cara mengupgrade part mesin hingga melakukan engine swap. Hal-hal tersebut adalah kewajiban utama bagi yang berkecimpung dalam dunia kecepatan, seperti drag racing ataupun drift. Namun jika Anda hanya ingin memodifikasi mobil untuk penggunaan harian, hal itu tidak perlu dilakukan. Selain menghamburkan uang, tujuan penggunaannya pun tidak tepat sasaran.

Beberapa part modifikasi yang wajib Anda lakukan untuk mobil harian Anda antara lain :

1. Mengganti roda kemudi / setir
Sebuah roda kemudi yang bagus membuat kesan perbedaan besar ketika mobil dikendalikan. Kebanyakan setir standar menggunakan lingkaran yang besar dan menggunakan plastik murahan. Ketika dipegang, serasa kurang nyaman. Berbeda dengan setir aftermarket, karena telah dirancang dengan lingkaran yang kecil sehingga lengan Anda tidak perlu bergerak banyak untuk hal-hal teknis.
Setir sporty merk Sparco
Setir sporty
2. Mengganti Shift Knob
Pergantian shift knob adalah modifikasi yang paling mudah dilakukan khususnya bagi Anda yang masih pemula. Hanya dengan membuka tutup tombol standar, melepas sekrup, memasang shift knob baru lalu mengencangkan kembali sekrup tadi. Dan Anda telah selesai disini.

Ada ratusan brand aftermarket yang menyediakan shift knob dengan desain menarik. Semua pilihan ada di tangan Anda. Namun ada baiknya, Anda menggunakan shift knob dari pabrikan tuning official. Misalkan, menggunakan produk mugen bagi yang menggunakan mobil Honda, TRD untuk Toyota, dan  Nismo untuk Nissan.
Shif knob terbaik
Shif knob sporty
3. Menggunakan short shifter / shifter pendek 
Mungkin Anda masih bertanya-tanya, apa itu short shifter? Short shifter adalah tuas transmisi manual yang penggunaannya lebih ringkas dari tuas transmisi biasa. Dimana proses pergantian transmisi dapat dilakukan dengan lebih mudah, hanya dengan menggerakkannya ke depan ataupun ke belakang. Dengan menggunakan short shifter, tampilan mobil Anda terlihat lebih sporty.

Harga short shifter kit
Short shifter kit
4. Mengganti Jok
Bagi yang telah lama mengenal dunia modifikasi. Jok adalah hal pertama yang akan disentuh. Gunanya bukan hanya untuk gaya-gayaan saja, namun membantu estetika mengemudi menjadi lebih nyaman. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, karena unit bekasnya telah banyak didatangkan oleh berbagai bengkel modifikasi secara impor.
Jok sporty semi bucket
Jok kulit sporty
5. Mengganti Pedal
Biasanya, pedal bawaan mobil dirancang dengan bentuk dan ukuran yang kecil. Bagi Anda yang memiliki postur pendek dan berkaki kecil mungkin akan sedikit kesulitan ketika meraihnya karena seringkali tergelincit ataupun meleset. Sama halnya dengan shift knob di atas, Anda dapat menggantinya dengan menggunakan produk kepercayaan dari masing-masing brand mobil.
Pedal sporty
Pedal sporty

Demikian beberapa part yang dapat mendongkrak penampilan mobil Anda menjadi lebih sempurna. Jangan hanya menghamburkan uang untuk Audio saja, karena masih banyak yang dapat dilakukan untuk mempercantik mobil mobil Anda. Semoga membantu. Baca juga :