Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza Gen 1

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza Gen 1

Ulasan Spesifikasi dan Harga Toyota Avanza - Toyota Avanza merupakan mobil keluarga yang diposisikan pada segmen low MPV, setingkat di bawah Toyota Innova yang memasuki segmen mid MPV. Mobil ini sebenarnya dirancang oleh Daihatsu, atau bisa dikatakan sebagai rebadge dari Daihatsu Xenia. Daihatsu melakukan peranan yang sangat penting dalam mendesain kendaraan ini, dan hasilnya adalah Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. Di kaca jendela pada seluruh bagiannya, Anda akan melihat dengan jelas sebuah logo Daihatsu yang artinya mobil ini merupakan proyek kerjasama antara kedua manufaktur tersebut. MPV ini pertama kali diluncurkan di tanah air pada tahun 2004 dan beberapa di antaranya di ekspor ke pasar Asia Tenggara seperti Filipina dan Malaysia. Selain itu, beberapa negara berkembang di Afrika, Amerika Tengah dan Asia Selatan juga mengimpor mobil ini secara utuh.

Pada saat itu, Toyota Avanza diluncurkan secara bersamaan dengan Toyota Innova yang berperan untuk menggantikan Kijang Kapsul / Krista. Karena perbedaan harga baru yang ditawarkan di antara kedua mobil ini berada di rentang yang cukup jauh, akhirnya orang-orang banyak memilih Avanza. Mengapa? Yang pasti karena orang berasalan bahwa harga baru Avanza hampir sebanding dengan harga mobil bekas, sebut saja Kijang Kapsul serta beberapa rivalnya. Selain itu, Avanza juga mampu mengangkut tujuh penumpang.

Trim yang ditawarkan dari tahun 2004 hingga 2006 hanyalah tipe E dan tipe G yang menggunakan mesin 1.3 liter. Namun karena banyaknya pemilik yang mengeluhkan tenaga underpower, akhirnya pada tahun 2007 Avanza dihadirkan dengan penambahan trim tipe S yang mengusung mesin 1.5 liter. 

Eksterior Toyota Avanza
Dari luar, Avanza versi pertama produksi 2004 memang tampilannya agak sedikit mengecewakan, khususnya untuk yang tipe E yang hanya cocok untuk dijadikan mobil operasional, sangat jauh dari kata "bagus". Fitur yang dibawanya hanyalah wiper belakang, sedangkan spionnya masih manual, seperti spion mobil pengangkut barang. Untuk tipe G, fiturnya sudah lumayan lengkap, dilengkapi dengan spion elektrik, lampu kabut, serta palang pada bagian belakangnya.

Pertama kali mendapatkan jatah facelift pada tahun 2006, perbedaannya hanya dari lampu belakang yang telah menggunakan model kristal. Pada tahun berikutnya, 2007, facelift dilakukan untuk kedua kalinya meliputi penggantian bumper depan dan belakang yang terlihat lebih manis dan aerodinamis. Tak lupa pula, spion telah disisipkan sebuah lampu LED yang berfungsi sebagai lampu sein. 
Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza 1st Gen
Foto Eksterior Toyota Avanza Lawas
Interior Toyota Avanza
Jangan terlalu berharap lebih untuk mobil yang satu ini. Karena harganya yang sangat terjangkau, opsi pemangkasan fitur standar pun dilakukan. Interiornya dibuat menggunakan bahan plastik keras. Posisi roda kemudi juga tidak bisa diatur sesuai keinginan pengemudi. Namun baiknya, konfigurasi kursi sangat efisien, khususnya pada baris ketiga karena dapat dilipat ke depan. Berbeda dengan Innova yang hanya dapat dilipat ke samping sehingga memakan ruang untuk bagasi. 
Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza 1st Gen
Foto Interior Toyota Avanza Lawas
Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza 1st Gen
Foto Kabin Toyota Avanza Lawas
Performa Mesin Toyota Avanza
Seperti yang telah disebutkan di atas, Toyota Avanza telah dihadirkan dengan dua pilihan mesin. Opsi pertama menggunakan mesin 1.3 liter berkode K3-VE  yang memiliki tenaga maksimum sebesar 92 HP pada 6.000 RPM dan torsi puncak 120 Nm pada 4.400 RPM. Sedangkan untuk opsi kedua, mesin 1.5 liter nya dengan kode 3SZ-VE mampu memuntahkan tenaga maksimum sebesar 109 HP pada 6.000 RPM dan torsi puncak 141 Nm pada 4.400 RPM. Mesin 1,3 liter memiliki kemampuan yang sangat baik pada putaran bawah hingga putaran menengah pada kecepatan rendah, namun ketika digeber hingga 100 - 120 km / jam di jalan tol, mesinnya seakan kehabisan tenaga. Berbeda dengan mesin 1.5 liter yang memiliki kemampuan sedikit lebih baik dari mesin 1.3 liter.
Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza 1st Gen
Foto Mesin Toyota Avanza 1.3 Lawas
Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza 1st Gen
Foto Mesin Toyota Avanza 1.5 Lawas
Handling / Pengendalian dan Kenyamanan Toyota Avanza
Kendaraan ini sangat ideal digunakan dalam kota yang sering mengalami kemacetan. Berkat ukurannya yang mungil, Anda tidak akan kesusahan mencari tempat parkir. Pengaturan suspensi yang digunakan seakan kurang cocok untuk ukurannya yang jangkung karena gejala body roll akan sering didapatkan ketika menemui tikungan tajam. Bagi Anda yang sering bepergian ke puncak, Topgir menyarankan agar tidak membeli mobil ini.

Spesifikasi Toyota Avanza
  • Mesin: K3-VE 1,3 liter dan 3SZ-VE 1,5 liter.
  • Tenaga : 92 HP @6.000 RPM (1,3) dan 109 HP @6.000 RPM (1,5).
  • Torsi : 120 Nm @4.400 RPM (1,3) dan 141 Nm @4.400 RPM (1,5).
  • Konsumsi BBM : 8-10km / L (dalam kota), 10-13km / L (luar kota).
  • Transmisi : manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.
  • Suspensi : Depan McPherson strut dengan coil spring + stabilizer, belakang 4-link dengan coil spring.
  • Rival : Suzuki APV, Nissan Grand Livina, Honda Mobilio, Chevrolet Spin.
  • Penjualan: 2004-2011

Harga Toyota Avanza Bekas
Harga yang ditawarkan untuk Avanza bekas dari 2004 hingga 2011 sangatlah beragam. Untuk tahun 2004, mobil ini ada yang dijual dengan harga 80 jutaan. Sedangkan untuk tahun-tahun berikutnya baik itu tipe E, G atau S ditawarkan dengan harga 90 jutaan dan termahal di kisaran 120 jutaan.

Kelebihan Toyota Avanza
  • Harga murah.
  • Mobil sejuta umat.
  • Bisa menampung hingga tujuh penumpang.
  • Irit BBM.
  • Double blower, kecuali tipe E.
  • Sparepart melimpah dan harganya murah.
  • Harga jual kembali sangat stabil.

Kekurangan Toyota Avanza
  • Kualitas pembuatan buruk.
  • Suspensi acak adut.
  • Pelat body tipis.
  • Minim fitur keselamatan.
  • Kursi baris ketiga sempit.
  • Sangat tidak nyaman.
  • Tercatat sebagai mobil dengan rekor persentase kecelakaan paling tinggi di Indonesia.


Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Toyota Avanza 1st Gen. Dengan segenap kelebihan dan kekurangan yang telah disebutkan di atas, tentunya pilihan ada di tangan Anda. Jangan lupa untuk membandingkannya dengan beberapa mobil berikut :