Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ciaz

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ciaz

Ulasan Spesifikasi dan Harga Suzuki Ciaz - Suzuki Ciaz adalah upaya terarah dari produsen Suzuki untuk memenuhi keinginan konsumen dengan produk yang tidak hanya menarik untuk dilihat namun juga cukup fungsional. Suzuki telah meninggalkan line-up Suzuki Baleno yang telah lama berkiprah di Indonesia dan beberapa negara berkembang di Asia lainnya. Sepintas, Suzuki Ciaz mengikatkan Kita terhadap pendahulunya, Suzuki Baleno Next-G yang telah kehilangan pamor dalam beberapa tahun terakhir yang mengusung desain eksterior yang sangat agresif ditambah memiliki ground clearance yang terbaik dalam segmennya. 

Di Indonesia, Suzuki Ciaz pertama kali diperkenalkan kepada publik melalui di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 tepatnya pada Agustus 2015. Sedangkan untuk versi produksinya, diluncurkan pada 4 November 2015 oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) guna menggantikan posisi dari Suzuki Neo Baleno. Secara garis besar, Suzuki Ciaz merupakan varian teranyar dari keluarga Baleno yang mengedepankan unsur kualitas desain, efisiensi bahan bakar serta performa berkendara. Dengan begitu, tidaklah berlebihan Suzuki membuat tagline “Make A Smart Way” untuk produknya ini. Sebagai sedan kompak, Suzuki Ciaz akan bersaing melawan para rivalnya seperti Honda All New City dan All New Toyota Vios

Eksterior Suzuki Ciaz
Suzuki Ciaz mengedapankan desain aerodinamis dengan ujung depan memiliki kap yang terlihat besar. Di sampingnya, terdapat lampu utama model proyektor, yang merupakan pertama kalinya digunakan pada produk Suzuki. Kehadiran grill chrome 4 garis ditambah dengan logo Suzuki pada bagian tengahnya. Pada bagian bawah bumper terdapat sepasang lampu anti kabut yang dikelilingi oleh tempat masuknya asupan udara ke bagian mesin. Sebuah garis melintang dari pintu depan memanjang dan meninggi hingga ke pintu belakang melewati gagang pintu chrome. Untuk spion telah dilengkapi dengan sebuah indikator lampu LED yang berfungsi sebagai lampu sein tambahan.
Review Spesifikasi dan Harga Suzuki Ciaz
Eksterior Depan Suzuki Ciaz
Beranjak ke bagian belakang, saat pertama kali melihatnya Anda akan teringat dengan salah satu generasi Honda City terbaru karena desain lampu belakangnya sangatlah mirip. Logo Suzuki diletakkan tepat di tengah pintu akses bagasi dengan sebuah badge Suzuki di bagian kiri dan badge Ciaz di bagian kanannya. Elemen yang paling menarik perhatian adalah pada bagian bawah bumper belakang terdapat sepasang reflektor yang dikelilingi oleh plastik aksen hitam. Dilihat sepintas, mirip dengan bagian bawah Honda Mobilio, sangat sangat mirip. Secara keseluruhan dalam desain eksteriornya, Suzuki Ciaz terlihat mengikuti arus modernitas yang telah dicanangkan sebelumnya oleh para pesaingnya. 
Review Spesifikasi dan Harga Suzuki Ciaz
Eksterior belakang Suzuki Ciaz
Interior Suzuki Ciaz
Selain eksterior, faktor glamor juga terlihat pada interiornya. Panel pintu terdiri dari tombol kontrol power window, central lock dan juga tombol pengontrol spion dari dalam. Gagang pintu hadir dengan aksen chrome untuk varian tertinggi dan aksen hitam untuk varian rendah. Roda kemudi menggunakan setir model 3 spoke dengan kontrol audio dan konektivitas bluetooth yang akan membantu Anda dalam berkomunikasi ketika mengemudi sehingga menjadi lebih aman karena tidak mengganggu konsentrasi. 
Review Spesifikasi dan Harga Suzuki Ciaz
Interior Suzuki Ciaz
Cluster instrumen terdiri dari dua panel besar melingkar, satu sebagai speedometer dan lainnya sebagai meteran RPM. Di tengahnya telah dilengkapi dengan indikator pengukur suhu dan tingkat bahan bakar melingkar bersama dengan tampilan digital kecil yang berfungsi untuk  memberikan informasi penting seperti jarak yang ditempuh, efisiensi dan sisa bahan bakar yang tersedia di dalam tangki. Kisi-kisi AC diletakkan di tengah dashboard dengan dikelilingi oleh aksen chrome yang sedap dipandang.
Review Spesifikasi dan Harga Suzuki Ciaz
Instrumen cluster Suzuki Ciaz
Tepat di bawahnya, terdapat sistem pengontrol AC yang menyediakan dua tombol bulat untuk mengontrol suhu dan kecepatan kipas. Lanjut ke bawahnya lagi, terdapat penutup plastik yang berguna sebagai cup holder, serta adanya sebuah tempat penyimpanan kecil yang disekelilingnya ditambahi Aux-in & port USB. Selanjutnya laci penyimpanan pada bagian kiri ukurannya cukup besar, mampu  menyimpan semua dokumen penting. Daya tarik interior semakin bertambah karena diseluruh panel pintu telah disediakan tempat penyimpanan botol air mineral. Bagian tengah depan arm rest terasa kokoh dan menawarkan ruang untuk menyimpan lebih banyak untuk barang bawaan sedangkan arm rest belakang menawarkan beberapa cupholder bersama dengan utilitas kenyamanan bagi penumpang belakang. 
Review Spesifikasi dan Harga Suzuki Ciaz
Dashboard Suzuki Ciaz
Menimbang bahwa dasar roda adalah terbaik di kelasnya, Ciaz menawarkan ruang kabin yang sangat baik. Melihat ke berbagai aspek seperti ruang kepala, ruang bahu dan  ruang kaki depan dan belakang cukup luas sehingga penumpang dapat duduk dengan nyaman di dalamnya.
Review Spesifikasi dan Harga Suzuki Ciaz
Kabin penumpang Suzuki Ciaz
Performa Mesin Suzuki Ciaz
Berbeda dengan di India yang hadir melalui varian mesin bensin dan diesel, di Indonesia mobil ini hanya hadir dengan pilihan mesin tunggal. Yaitu mesin K14B berkapasitas sebesar 1.4 liter yang mampu  memberikan output daya maksimum 92 HP pada putaran 6.000 RPM bersamaan dengan torsi puncak 130 Nm pada 4.000 RPM. Tenaga dan torsi mesin ini yang juga digunakan pada Suzuki Ertiga lantas dikirimkan ke roda penggerak deoan melalui pilihan transmisi manual 5 percepatan atau matic 4 percepatan.
Foto Mesin Suzuki Ciaz
Foto Mesin Suzuki Ciaz
Handling dan Impresi Berkendara Suzuki Ciaz
Meskipun hanya masuk pada segmen sedan kompak, handling Suzuki Ciaz tergolong sangat bagus, lebih bagus dari Suzuki Baleno Next-G dan Suzuki SX-4. Para insinyur tampaknya sangat detail dalam merancang mobil ini. Namun sayangnya, kemampuan manuver ketika menemui tikungan terkesan kurang bagus. Dari perspektif tersebut, impresi berkendara menggunakan Suzuki Ciaz cukup nyaman pada kecepatan rendah hingga kecepatan tinggi di jalan lurus, namun Anda harus lebih berhati-hati mengatur kecepatan pada tikungan tajam. 

Harga Suzuki Ciaz
Dikutip dari situs Cardekho, Suzuki Ciaz atau sering disebut dengan Maruti Ciaz di India dijual di antara rentang harga 170 jutaan hingga 225 jutaan on the road untuk masing-masing pilihan mesin diesel dan bensin. Sedangkan di Indonesia hanya hadir melalui varian bensin dengan harga 265 juta untuk transmisi manual dan 275 juta untuk transmisi matic (OTR Jakarta).

Spesifikasi Suzuki Ciaz
  • Mesin : K14B 4 silinder segaris 16 katup DOHC.
  • Tenaga : 92 HP @6.000 RPM.
  • Torsi : 130 Nm @4.000 RPM.
  • Rasio kompresi : 11:1.
  • Bore x stroke : 73 mm x 82 mm.
  • Konsumsi BBM : 10-13 km/L (dalam kota) ; 15-18 km/L (luar kota).
  • Transmisi : manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan.
  • Suspensi : Depan MacPherson strut, belakang torsion beam.
  • Rival : Honda All New City dan All New Toyota Vios

Kelebihan Suzuki Ciaz
  • Desain eksterior dan interiornya yang menawan.
  • Adanya LCD touchscreen 'SmartPlay' (varian tertinggi).
  • Harga sangat kompetitif.
  • Irit BBM.
  • Kenyamanan dan fitur keselamatan setara dengan pesaing lainnya.
  • Fitur dan tempat penyimpanan dalam kabin melimpah.

Kekurangan Suzuki Ciaz
  • ABS dengan EBD belum hadir sebagai standar untuk semua varian.
  • Headunit dengan touchscreen hanya ada pada varian termahal / tertinggi.
  • Ground clearance rendah.
  • Mesin diesel berisik pada kecepatan tinggi.
  • Fitur eksterior terkesan menjiplak dari kompetitor lain.
  • Peredaman kabin kurang maksimal.
  • Belum fun to drive.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Suzuki Ciaz. Desain modern, fitur keselamatan dan fitur kabin yang lengkap dapat dipastikan akan mampu menyaingi tren pasar terhadap kedua rivalnya tersebut. Semoga bermanfaat. Baca juga: