Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Grandis

Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Grandis

Review Mitsubishi Grandis - Jepang dan Eropa merupakan negara yang hampir seluruh penduduknya memiliki MPV ataupun minivan bagi yang telah menikah dan berkeluarga. Syarat utama bagi mereka adalah mobil dengan kabin yang luas khususnya pada bagian legroom dan headroom serta menampung seluruh anggota keluarga besar, dan yang paling penting, memiliki akses keluar masuk yang mudah kapan saja dan dimana saja. 

Bertujuan untuk menggantikan lini Chariot / Space Wagon (tidak masuk ke Indonesia, kecuali untuk kepulauan seperti Batam dan Sabang), Grandis diperkenalkan pada tahun 2003 dan dijual di berbagai negara Asia, Eropa, Oceania, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Mobil ini menggunakan desain  yang dapat digambarkan sebagai "bentuk triangled" dan bisa dikatakan sangat sporty namun tampak terlihat elegan. Desain tersebut dirancang oleh Oliver Boulay.

Mitsubishi Motors Corporation merilis kendaraan berdesain modern ini pertama kali di Indonesia pada tahun 2005. Awalnya, mobil ini ditujukan untuk memasuki kelas MPV premium yang hanya diisi oleh Honda Odyssey dan Toyota Wish. Meskipun mengendapankan desain yang futuristik dari para rival, namun rekor penjualannya tercatat sangat buruk hingga saat ini, mungkin harga yang ditawarkan untuk unit baru pada saat itu cenderung "overprice".

Eksterior  Mitsubishi Grandis
Anda mungkin akan setuju jika Topgir  bahwa MPV ini sangat stylish dan eksteriornya menyerupai telur. Kisi-kisi grill dengan lambang Mitsubishi seakan menyatu dengan seluruh bodynya. Desain moncong yang landai dan meninggi ke belakang mempertegas posisinya sebagai MPV yang aerodinamis. Namun sayangnya, pintu penumpang barisan kedua belum di menggunakan pintu model geser sehingga Anda mengaksesnya dengan kurang leluasa. 
Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Grandis
Foto Eksterior Mitsubishi Grandis
Interior Mitsubishi Grandis
Interiornya sangat sarat akan nuansa minivan khas Amerika. Tuas transmisi triptoniknya terletak pada bagian dashboard yang terpisah dengan batas kursi kiri dan kanan penumpang depan, sehingga menciptakan ruang kaki yang lebih. Banyaknya ruang penyimpanan menjadi hal yang sangat menarik, selain untuk menaruh benda kecil seperti handphone dan kacamata, Anda juga disuguhi dengan cupholder yang terdapat di seluruh bagian doortrim. Selanjutnya, MPV 7 kursi ini memiliki konfigurasi kursi yang dapat dilipat menjadi rata untuk barisan kedua dan ketiga. Dengan ini, Anda dapat membawa barang belanjaan tanpa ragu terhadap kapasitas bagasinya.
Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Grandis
Foto Interior Mitsubishi Grandis
Performa Mesin Mitsubishi Grandis
Hanya mengandalkan mesin bensin sebagai powertrain standarnya, mobil dengan kapasitas 2,4 liter berkode 4G69 ini mampu mengeluarkan output tenaga hingga 165 HP pada 6.000 RPM dan torsi sebesar 217 Nm pada 4.000 RPM, didukung dengan teknologi MIVEC. Mesin 4G69 adalah anggota dari keluarga mesin Mitsubishi Sirius yang telah digunakan dari 1970-an. Meskipun memiliki performa tarikan yang mantap pada putaran bawah, pada putaran atas mobil ini juga tidak akan kehilangan tenaganya berkat torsi high end nya yang melimpah.
Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Grandis
Foto Mesin Mitsubishi Grandis
Handling dan Kenyamanan Mitsubishi Grandis
Dengan ground clearance rendah, handling MPV premium ini sangat stabil pada kecepatan tinggi. Mungkin Anda akan lupa bahwa Anda sedang mengendarai sebuah MPV. Suspensi yang digunakan kurang lebih hampir sama dengan Honda Odyssey yang lebih mengedepankan handling, sehingga kenyamanan berkendara ketika menemui jalanan yang tidak rata akan sedikit berkurang.

Spesifikasi  Mitsubishi Grandis 
  • Mesin : 2,4 liter 4G69 4 silinder segaris 16 katup.
  • Tenaga maksimum : 165hp @6.000 RPM.
  • Torsi puncak : 217 Nm @4.000 RPM.
  • Konsumsi bahan bakar: 5-8km / L (dalam kota), 8-11km / L (luar kota)
  • Transmisi : 4-speed matic triptonic.
  • Suspensi: Depan independen McPherson strut dan belakang Semi-Trailing dengan coil spring.
  • Rival : Toyota Wish, Honda Odyssey dan Nissan Serena.
  • Penjualan: 2005-2011

Harga Mitsubishi Grandis
Berbicara masalah harga, Grandis bekas produksi tahun 2005 dijual mulai dari 110 jutaan, tahun 2006 120 jutaan, harga meningkat 10 jutaan untuk setiap tingkatan tahunnya, kecuali untuk model GT yang harganya lebih tinggi karena aksesoris bawaan lebih lengkap. Sebaiknya jangan hanya terpaku terhadap tahun produksi, karena bisa saja yang berumur lebih muda perawatannya kurang bagus dari pemilik sebelumnya.

Kelebihan Mitsubishi Grandis
  • Dinamika berkendara yang sangat baik.
  • Kenyamanan maksmimal.
  • Tarikan responsif hingga putaran atas.
  • Styling dan futuristik.
  • Tempat penyimpanan dalam kabin sangat banyak.

Kekurangan Mitsubishi Grandis
  • Tidak ada versi mesin diesel.
  • Belum sliding door.
  • Pajak mahal.
  • Sparepart mahal dan terbatas.
  • Minimal pertamax dan boros.
  • Harga jual kembali rendah.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Mitsubishi Grandis. Siapa bilang MPV membosankan untuk digunakan sehari-hari? Walaupun umurnya tergolong tidak lagi muda untuk edisi perdananya, Mitsubishi Grandis dapat membuktikan bahwa tidak semua MPV memiliki dinamika berkendara yang buruk seperti mobil sejuta umat masa kini. Semoga berkenan. Baca juga: