Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Galant Lele / Paus

Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Galant Lele / Paus

Spesifikasi dan Harga Mitsubishi Galant Lele - Di antara sedan premium Jepang yang pernah masuk ke Indonesia pada pertengahan tahun 90-an, Galant lele merupakan kandidat terkencang jika dibandingkan dengan Honda Accord Cielo, Mazda Cronos ataupun Toyota Corona Absolute. Mengapa? Karena mesin yang diusungnya cukup badak, walaupun kapasitasnya hanya 2 liter, namun salah satu varian mesinnya telah menggunakan konfigurasi V6 yang mampu menyemburkan tenaga yang besar. Sangat jarang ada sedan premium Jepang dengan spesifikasi mesin V6 yang masuk ke Indonesia, karena pada saat itu mesin dengan konfigurasi ini hanya dipasok oleh pabrikan Jerman, seperti Mercedes-Benz ataupun BMW.

Galant generasi ketujuh ini atau lebih dikenal di Indonesia dengan nama Galant Lele atau Galant Paus. Hadir pada tahun 1993 untuk menggantikan posisi market Mitsubishi Eterna yang saat itu kenalkan bersama dengan Mitsubishi DanGan. Galant lele / Paus terus berkiprah pada kelas sedan premium hingga tahun 1998 dengan model generasi kedelapan menggantikannya, yaitu Mitsubishi Galant Hiu.

Eksterior  Mitsubishi Galant Lele
Di beberapa negara, mobil ini sering disebut sebagai "Ray-ban" oleh para penggemarnya karena lampu belakang memiliki bentuk yang memang mirip seperti kacamata. Sedangkan untuk desain lampu depan memang mirip dengan lele sehingga orang Indonesia sering menyebutnya sebagai Galant Lele. Secara keseluruhan desain Galant generasi ketujuh ini sangat elegan, sehingga cocok dimodifikasi ke aliran VIP style.
Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Galant Lele
Mitsubishi Galant Lele
Interior Mitsubishi Galant Lele
Berbicara mengenai interior, ruang kabin sangatlah luas. Sebagai penumpang, Anda tidak akan merasa kelelahan ketika melakukan perjalanan jauh. Desain dashboardnya membulat seperti bodi luarnya, cukup unik. Tombol konsol yang berada di dashboard tertata dengan rapi, namun bagi pengemudi, tombol-tombol tersebut sedikit susah untuk diraih karena berada di bagian bawah dan akan mengganggu konsentrasi. Namun sangat disayangkan, material yang digunakan berupa plastik yang rentan getas, sehingga menurunkan nilai kemewahan pada mobil ini.
Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Galant Lele
Foto Interior Mitsubishi Galant Lele
Mesin Mitsubishi Galant Lele
Mesin yang Dua mesin yang dibuat tersedia dari berbagai output silinder dan salah satunya adalah 4G63 1,997cc 4 silinder yang mampu memproduksi tenaga sebesar 136 HP pada 6.000 RPM dan torsi 180 Nm pada 3,000 RPM. Jika Anda menginginkan mesin dengan dengungan khas V6, Anda dapat memilih Galant V6 dengan kode mesin 6A12 1,998cc yang memompa tenaga hingga 145 HP pada 6.000 RPM dan torsi  179 Nm pada 4.000 RPM. Dengan tenaga sebesar itu plus konfigurasi V6, mesin ini akan memberikan senyum di wajah Anda saat mengemudi. Walaupun perawatannya sedikit lebih susah dibandingkan mesin yang satunya lagi, namun hal tersebut bukanlah halangan bagi Anda yang telaten dalam hal perawatan.
Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Galant Lele
Foto mesin Mitsubishi Galant Lele
Impresi dan Handling Mitsubishi Galant Lele
Berada di balik kemudi adalah pengalaman yang menyenangkan, terutama Galant V6 yang kental akan aroma balap. Ketika stop and go pada lampu merah di jalanan yang padat, Anda tidak akan kesusahan sedikitpun, hanya dengan menyentuh pedal gas sedikit saja, mobil langsung melesat. Hanya saja karena umurnya yang sudah tua, beberapa komponen mengenai kaki-kaki suspensi membutuhkan perawatan khusus. Jika memiliki budget lebih, gantilah semua komponen yang memang membutuhkan pergantian, jangan hanya mengakalinya, karena sewaktu-waktu komponen tersebut bisa saja rusak.

Galant Lele / Paus telah menggunakan suspensi multilink independen pada setiap titik rodanya. Suspensi ini terkenal mampu membuat mobil tetap ramah dengan lubang-lubang khas jalanan Indonesia, tanpa mengorbankan kinerja dari handling mobil ketika melahap berbagai tikungan.

Spesifikasi Mitsubishi Galant Lele
  • Tahun produksi : 1993 - 1997
  • Mesin : 2.0 liter 4G63 4 silinder segaris dan 2.0 liter 6A12 V6.
  • Tenaga maksimum : 136 HP @6.000 RPM (2.0 4 silinder) dan 145 HP @6.000 RPM (2.0 V6).
  • Torsi puncak: 180 Nm @3.000rpm (2,0 4 silinder) dan 179 Nm @4.000 RPM (2.0 V6).
  • Konsumsi bahan bakar: 6-9km / L (dalam kota), 8-10km / L (luar kota) (* perkiraan)
  • Transmisi : 5-speed manual, 4-speed otomatis.
  • Suspensi : depan dan belakang multi-link independen
  • Rival: Honda Accord Cielo dan Toyota Corona.

Harga Mitsubishi Galant Lele
Harga yang ditawarkan untuk mobil ini sangatlah terjangkau, dengan budget 40 - 50 jutaan, mobil ini bisa Anda dapatkan dengan kondisi yang sempurna. Berbeda dengan Honda Accord dari periode yang sama, bagian yang paling rentan rusak pada mobil ini adalah suspensinya, yang merupakan ciri khas sedan Mitsubishi 90-an, dan harganya pun tidak bisa dikatakan murah.

Kelebihan Mitsubishi Galant Lele
  • Oke buat kawula muda.
  • Untuk mesin V6 memiliki suara yang khas.
  • Kabin luas.
  • Kental dengan image mobil sport dalam bentuk sedan non coupe.

Kekurangan Mitsubishi Galant Lele
  • Material interior.
  • Umur yang sudah tidak muda maka banyak komponen yang harus diganti.
  • Biaya perawatan mahal.
  • Kaki-kaki lemah.
  • Boros.


Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Mitsubishi Galant Lele. Bagi Anda yang berminat untuk meminang mobil ini, pastikan komponen kaki-kakinya masih bagus. Tes drive bersama mekanik bengkel ahli merupakan salah satu cara untuk menghindari kesalahan ketika memilih mobil. Selamat berburu. Baca juga: