Review Spesifikasi dan Harga Hyundai Creta

Review Spesifikasi dan Harga Hyundai Creta

Review Spesifikasi Hyundai Creta - Artikel ini ditulis berdasarkan review yang dilakukan oleh salah satu website otomotif ternama di India yaitu CarDekho. Di website tersebut disebutkan bahwa Hyundai telah menjadi sorotan ketika pertama kali mengumumkan SUV kompaknya yang memasuki segmen Crossover. Adalah Hyundai Creta, yang akan meramaikan pasar otomotif India dengan bersaing secara ketat dengan para rivalnya, Ford Ecosport dan juga Renault Duster. Poin terbesar yang dicanangkan Hyundai terhadap mobil ini adalah fiturnya yang lengkap serta impresi berkendara yang benar-benar akan membuat Anda merasa takjub.

Hadir dengan tiga pilihan powertrain, dua dengan basis diesel dan satunya lagi dengan mesin berbasis bensin. Pada basis diesel, Trim S dan S plus dilengkapi dengan mesin diesel 1.4 liter CRDi, sementara yang satunya lagi dilengkapi dengan mesin diesel 1.6 liter plus dukungan VGT. Di sisi lain, mesin bensin dihadirkan dengan satu pilihan yaitu berkapasitas 1.6 liter Dual VTVT yang disediakan pada trim S dan SX Plus. Semuanya dikawinkan dengan gearbox manual enam kecepatan dengan mekanisme penggerak roda depan. Hyundai juga menawarkan varian SX Plus dengan transmisi otomatis enam percepatan. 

Eksterior Hyundai Creta
SUV kompak ini telah memenangkan hati banyak penggemar mobil dengan gaya eksterior dan fitur yang menakjubkan. Memiliki wajah depan yang berani dan gagah dengan menampilkan tiga baris grill chrome. Di sampingnya terdapat lampu utama yang dilengkapi oleh proyektor dan lampu LED.
Bumper depan memiliki desain berotot yang menampilkan bagian asupan udara. Selain itu, Hyundai Creta dilengkapi dengan foglamp yang diposisikan secara vertikal, gunanya untuk memberikan tampilan yang berbeda dengan mobil lain. 
Review Spesifikasi dan Harga Hyundai Creta
Eksterior Hyundai Creta
Kesan sporty kian terasa pada setiap sudutnya berkat penggunaan fender berukuran besar dan bingkai jendela yang bersudut tajam hingga pintu belakang. Terdapat aksen chrome pada bagian atas pintu, sedangkan sisanya sewarna dengan body mobil. Kusen jendela, pilar A dan pilar B menggunakan profil berwarna hitam yang meningkatkan penampilan modern. Beranjak ke bagian belakang, struktur khas SUV Hyundai masih diterapkan pada mobil ini. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan lampu belakang yang hampir mirip dengan kakaknya, Hyundai Santa Fe. Kaca depan belakang terlihat kecil, tetapi disertai dengan tailgate besar ditambah dengan hadirnya spoiler belakang. Konsol plat nomor ditempatkan di atas bumper dan dihiasi dengan lapisan chrome.
Review Spesifikasi dan Harga Hyundai Creta
Eksterior belakang Hyundai Creta
Dari segi dimensi, kendaraan utilitas ini memiliki panjang total 4270 mm dan lebarnya 1780 mm. Tinggi secara keseluruhan terhitung setinggi 1630 mm, sedangkan wheelbase memiliki struktur panjang 2590 mm. Selain itu, jarak antara bagian bawah mesin dan tanah tercatat memiliki ketinggian 200mm. Dengan ground clearance sebesar itu, Hyundai Creta mampu melewati medan apapun tanpa khawatir mobil tersangkut.
Review Spesifikasi dan Harga Hyundai Creta
Sisi Samping Hyundai Creta
Interior Hyundai Creta
Para desainer di perusahaan Hyundai telah melakukan pekerjaan yang cukup baik dengan desain interiornya, karena mereka telah mengembangkan kabin yang kaya fitur namun luas. Hal ini dilakukan dalam skema warna hitam dan krem, yang dilengkapi dengan aksen metalik. Varian tertinggi dilengkapi dengan kulit premium, yang meliputi pelapis untuk jok, roda kemudi, tombol perpindahan transmisi, sandaran tangan pada kursi dan juga sandaran tangan pada pintunya. Meskipun varian lain belum dilengkapi dengan kulit premium, akan tetapi kualitasnya tergolong bagus. 
Review Spesifikasi dan Harga Hyundai Creta
Interior Hyundai Creta
Untuk urusan desain dashboard, mobil memiliki aura yang begitu memikat. Pada bagian tengahnya telah dipasangkan headunit yang dilengkapi layar LCD beresolusi tinggi plus beberapa switch control. Setir yang digunakan berupa model 3 spoke konvensional dengan penambahan tombol pengatur audio yang memiliki sentuhan aksen metalik. Konsol di kokpit berukuran sangat besar dan dilengkapi dengan kompartemen penyimpanan serta tuas transmisi. Tak lupa bahwa kursi dirancang sedemikian rupa agar ergonomis, yang merupakan salah satu syarat penting untuk menambah rasa nyaman ketika bepergian. 

Performa Mesin Hyundai Creta
Saat ini, SUV terbaru ini tersedia dengan tiga alternatif drive train yang berbeda. Model dasar dan menengah didukung oleh mesin diesel CRDi 1.4 liter  empat silinder dan didasarkan pada konfigurasi katup camshaft overhead ganda. Ia memiliki kemampuan untuk menghasilkan kekuatan 88.7bhp di 4000rpm yang menghasilkan torsi 219.7 Nm antara 1500 hingga 2750 rpm. Sisanya didukung oleh mesin diesel 1,6 liter yang juga memiliki konfigurasi 4 silinder yang sama dan berjalan pada common rail sistem pasokan bahan bakar injeksi langsung. Mesin ini mampu melepaskan tenaga maksimum 126.3 bhp di 4000 rpm yang menghasilkan torsi 259.8 Nm antara tahun 1900 sampai 2750 rpm. 
Review Spesifikasi dan Harga Hyundai Creta
Mesin Hyundai Creta
Di sisi lain, versi bensin berkapasitas 1.6 liter dilengkapi dengan VTVT. Mesin ini terintegrasi dengan multi-point fuel injection system yang membantu untuk pendistribusian tenaga secara optimal. Tenaga yang mampu diproduksi yaitu sebesar 121.3 bhp pada 6400 rpm dan menghasilkan torsi 154.9 Nm pada 4850 rpm. Semua mesin telah dikawinkan dengan enam kecepatan transmisi manual dengan mekanisme penggerak roda depan. Khusus untuk trim diesel SX Plus memiliki transmisi otomatis enam percepatan.

Handling dan Kenyamanan Hyundai Creta
Produsen Hyundai merancang SUV ini dengan sistem suspensi unggul yang dapat menjaga stabil kendaraan dan memberikan pengalaman berkendara yang nyaman. As roda depan dirakit dengan McPherson struts, sedangkan bagian belakang menggunakan torsion beam axle. Selain itu, kedua as roda juga dilengkapi dengan pegas koil, yang akan meningkatkan kemampuan. 

Harga Hyundai Creta
Dengan banyaknya ragam pilihan mesin dan trim yang disediakan, membuat harga Hyundai Creta memiliki harga yang kian beragam. Sebagai contoh, disini Topgir mengambil salah satu modelnya yang bermesin diesel dengan trim tertinggi, yaitu trim 1.6 CRDI AT SX Option. Di India, untuk trim ini dijual dengan harga 14,3 lakh atau sebesar 1.430.000 rupee. Jika dirupiahkan maka harganya menjadi cukup tinggi, yaitu sekitar akan menjadi 315 juta rupiah.

Kelebihan Hyundai Creta
  • Garansi tiga tahun tanpa batasan jarak tempuh,
  • Dilengkapi dengan fitur keselamatan yang canggih.
  • Tampilan luar sangat modern.
  • Ruang dalam kabin besar.
  • Mesin responsif.
  • Konsumsi BBM sangat ekonomis.

Kekurangan Hyundai Creta 
  • Kualitas plastik interior kurang bagus.
  • fitur ESC dan VSM dan jok kulit hanya tersedia pada varian tertinggi.
  • Hanya ada satu pilihan transmisi otomatis.
  • Harga baru terbilang mahal.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Hyundai Creta. Dengan banyaknya varian dan trim yang dihadirkan mungkin akan sedikit membuat para calon pembeli menjadi bingung. Namun belum pasti semua trim akan hadir di tanah air. Jika memang telah diris secara resmi, alangkah baiknya Anda terlebih dahulu mencicipi unit test drive yang disediakan. Semoga bermanfaat. Baca juga beberapa review rival Hyundai Creta yang ada di Indonesia :