Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic ES VTi / VTi-S

Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic ES VTi / VTi-S

Spesifikasi dan Honda Civic ES  VTi / VTi-S - Setelah lima tahun peredaran Honda Civic Ferio, akhirnya pada akhir tahun 2001 pihak ATPM Honda menghentikan peredaran mobil ini dan digantikan dengan Honda Civic ES atau yang lebih akrab disebut Civic VTi ataupun VTi-S. Sedan ini merupakan generasi ketujuh dari keluarga Honda Civic yang terkenal dengan nuansa sportinya. Ukuran keseluruhan mobil ini sedikit lebih besar dengan model sebelumnya, hanya saja terdapat peningkatan pada sisi interior serta penggunaan suspensi depan tipe double wishbone dan suspensi belakang menggunakan tipe McPherson strut. 

Catatan penjualan dari mobil ini sendiri tidaklah mulus, bahkan lebih jelek dari penjualan suksesornya, Honda Civic FD yang dikenalkan pada akhir tahun 2006. Maka jangan heran jika Anda jarang menjumpai sedan ini di jalananan. Dikarenakan penjualannya yang kurang bagus, maka banyak orang yang lebih memilih Toyota Altis, sampai sekarang Topgir sendiri belum tau alasannya mengapa. Padahal jika dilihat sekilas, desain eksterior dan interior mobil ini lebih futuristik. Peredarannya bisa dikatakan cukup singkat, dimulai pada tahun 2001 dan berakhir pada tahun 2005, namun pada awal tahun 2006 juga masih tetap dijual, yang merupakan unit sisa dari tahun sebelumnya.

Eksterior  Honda Civic ES  VTi / VTi-S
Dari style luarnya, sedan yang berukuran lebih besar dari generasi sebelumnya sudah pasti akan memberikan manfaat bagi penumpang karena dimensi interior juga ikut meningkat. Namun kali ini mari kita membicarakan mengenai eksteriornya. Lampu depannya memiliki bentuk yang sama dengan model sebelumnya tetapi dalam bentuk segitiga dan memiliki desain reflektor yang juga berbeda. Jika sebelumnya terdapat lipatan beltline, tapi sekarang selaras dengan pintu.
Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic ES VTi / VTi-S
Eksterior Honda Civic ES VTi / VTi-S
Facelift yang dilakukan pada mobil ini tercatat sebanyak dua kali, yaitu pada awal tahun 2003 dan akhir tahun 2004. Untuk tipe VTi dan VTi-S yang merupakan versi awal penjualan, velg yang digunakan merupakan velg Enkei Modullo S5 palang 5, sedangkan untuk versi facelift pertama adanya peningkatan pada bumper depan, grill serta penambahan foglamp (lampu kabut). velg yang digunakan berubah menjadi cabang tujuh, tak lupa pula adanya penambahan side skirt + side moulding. Lanjut ke facelift kedua, pada versi teranyar ini desain lampu depannya telah meruncing dan lebih terlihat manis namun elegan, selain itu lampu belakangnya berubah menjadi model kristal. Velg yang digunakan masih sama, berupa velg palang 7. Yang sangat membedakan yaitu fender, grill, hood, side skirt dan side mouldingnya ikut berubah menjadi lebih sporty.

Interior Honda Civic ES  VTi / VTi-S
Beranjak ke dalam kabin, sensasi yang akan Anda rasakan jauh berbeda dengan model sebelumnya, khususnya pada bagian penumpang. Lantai di desain menjadi rata, sehingga ruang untuk lutut dan kaki menjadi lebih luas. Seperti biasa, kontrol untuk AC dan audio (menggunakan sistem stereo aftermarket) yang terletak dalam jangkauan pengemudi. Selain itu, adanya card holder akan memudahkan Anda untuk meletakkan berbagai kartu, khususnya kartu tol. Namun yang sangat disayangkan, material interior masih menggunakan bahan plastik yang terkesan murahan.
Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic ES VTi / VTi-S
Interior Honda Civic ES VTi / VTi-S
Mesin Honda Civic ES  VTi / VTi-S
Mesin yang digunakan pada Civic ini berbeda dengan mesin sebelumnya yang hanya menggunakan mesin 1,6 liter. Penambahan kapasitas menjadi 1,7 liter diyakini oleh Honda akan membantu akselerasi untuk membopong bobotnya yang kian berat. Mesin tersebut berkode D17A5 dengan konfigurasi 4 silinder dengan 4 katup per silindernya. Tenaga yang mampu dihasilkan oleh mesin yaitu sebesar 130 HP pada putaran mesin 6.500 RPM dan torsi puncaknya sebesar 165 NM pada putaran 6.500 RPM. Torsi tersebut tergolong besar untuk seukuran sebuah sedan kompak.
Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic ES VTi / VTi-S
Mesin Honda Civic ES VTi / VTi-S
Handling Honda Civic ES  VTi / VTi-S
Impresi berkendara dari mobil ini tidak ada yang spesial, bahkan tidak jauh berbeda dengan Civic Ferio. Gejala understeer akan sering Anda dapati ketika melalui jalan berkelok seperti di puncak. Seharusnya hal ini tidak ada pada keluarga Civic, karena suspensi yang digunakan lebih mengarah ke sport, berbeda dengan rivalnya Toyota Altis yang lebih mengutamakan bantingan yang lembut dengan mengorbankan handlingnya.

Spesifikasi Honda Civic ES  VTi / VTi-S
  • Tahun produksi : 2001- 2005.
  • Mesin D17A5 1,7 liter 4 silinder segaris 16 katup VTEC.
  • Bore x Stroke : 74.98 mm x 94.4 mm.
  • Rasio kompresi : 9.5:1.
  • Tenaga maksimum : 130 HP @6.500 RPM.
  • Torsi : 165 NM @4.500 RPM.
  • Konsumsi BBM : 9-11km / L (kota), 10-12km / L (luar kota ) (* perkiraan dan bervariasi)
  • Transmisi : 5-speed manual, 4-speed otomatis.
  • Suspensi : Depan McPherson strut independen, belakang independent double wishbone
  • Fitur : Grade Logic transmision, Flat deck, PS, PW, 4 disc brake, Audio double din.
  • Fitur keselamatan : ABS, SRS Airbag (VTi) dan Dual SRS Airbag, ABS, EBD (VTi-S)
  • Rival : Toyota Corolla Altis dan Mitsubishi Lancer.

Harga Honda Civic ES  VTi / VTi-S
Setara dengan beberapa compacts dari era yang sama, untuk Civic ES tahun VTi 2004 memiliki harga 110 Jutaan, sedangkan untuk tipe VTi-S yang fiturnya lebih lengkap berada di rentang harga 115Jutaan. Disini Topgir sangat menyarankan Anda untuk meminang minimal tahun 2005 dikarenakan versi facelift ini memiliki tampilan yang lebih memikat ketimbang model facelift sebelumnya. Cukup menyediakan budget sebesar 130 Jutaan, Anda akan mendapatkan mobil dengan kondisi yang sangat sempurna.

Kelebihan Honda Civic ES  VTi / VTi-S
  • Ruang interior mengesankan.
  • Hemat bahan bakar.
  • Bisa menggunakan premium.
  • Handling mumpuni.
  • Performa mesin bagus.
  • Minim power loss.
  • Interior dan bagasi luas.
  • Transmisi maticnya responsif.
  • Flat deck (lantai belakang rata) sehingga leg room menjadi lebih luas.

Kekurangan Honda Civic ES  VTi / VTi-S
  • Bobot berat.
  • Material interior murahan.
  • Peredaman kabin kurang bagus.
  • Bantingan keras, efek dari handling yang mumpuni.
  • Bahan interior murah.
  • Kaki-kaki depan sedikit ringkih.


Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, keunggulan dan kelemahan Honda Civic VTi / VTi-S. Sebenarnya pada masa produksinya pada tahun 2002, terdapat line-up sangat terbatas, yaitu tipe VTi-S Limited R dengan mesin hasil racikan mugen dan kosmetik luar dalam menggunakan kit dari Modulo, namun dikarenakan keterbatasan informasi yang Topgir dapatkan, maka review yang dilakukan hanya sebatas pada tipe yang paling banyak beredar di Indonesia. Baca juga: