Kelebihan dan Kekurangan Honda All New Accord 2.4 VTi-L CR2

Kelebihan dan Kekurangan Honda All New Accord 2.4 VTi-L CR2

Review Honda Accord 2.4 VTi-L CR2 - Honda Accord CR2 merupakan gen ke 9 dari sedan premium Honda yang hadir di Indonesia. Desain dan seluruh perlengkapan yang dihadirkan benar-benar berbeda dari generasi sebelumnya, meliputi mesin, powertrain, kelistrikan, hingga fitur keselamatan. Dimensi body menjadi lebih pendek 3 inci dari pendahulunya, namun legroom penumpang bertambah sekitar 1,3 inci, dan kapasitas bagasi juga bertambah beberapa liter.

Perubahan yang paling besar pada Accord ini adalah teknologi yang disematkan pada sektor sasisnya. Sasis yang diusung menggunakan besi berkualitas dengan grade tinggi. Perubahan ini berimbas pada meningkatnya struktur rigid sasis dan mengurangi bobot kendaraan sehingga impresi berkendara dan handling juga ikut meningkat. Selain itu, yang paling menarik adalah konsumsi bahan bakar juga dapat ditekan dengan sangat efisien. Cukup menarik bukan?

Eksterior Honda Accord CR2
Cantik dan ramping, itulah kata yang paling cocok untuk mendeskripsikan tampilan luarnya. Dilihat sekilas, tampilannya juga lebih bagus dari Toyota Camry baru yang merupakan rival bebuyutannya semenjak Camry hadir pada awal tahun 2001. Headlampnya telah dibekali dengan LED dan DRL yang menyala dengan cantik ketika mobil dinyalakan. Di sisi kiri dan kanan, spionnya juga telah dipadukan dengan LED yang akan berfungsi sebagai lampu sign. Grill depan dengan tambahan chrome menambah aura mewah mobil ini.

Tidak ketinggalan, Multi-Angle Rearview Camera juga turut ikut serta di bagian belakang. Dengan hadirnya camera ini, Anda akan menjadi lebih mudah memakirkan hanya dengan melihat gambaran belakang yang tampil pada layar 8 inci di dashboard. Meskipun terlihat cantik, elegan dan mewah secara keseluruhan, namun kesan "tua" sangat melekat pada mobil ini. Bagi Anda yang masih lajang, mungkin semua orang akan menganggap mobil ini adalah mobil orang tua Anda. 
Review, Kelebihan & Kekurangan Honda All New Accord 2.4 VTi-L CR2 2014
Eksterior Honda All New Accord 2.4 VTi-L CR2 2014
Interior Honda Accord CR2
Simpel namun fungsional, itulah ciri khas Honda dalam finishing interior pada semua lininya. Honda lebih menyampingkan kemewahan. Namun untuk Accord teranyarnya ini, Honda seakan ingin menambahkan kemewahan sebagai ciri khas barunya. Hal tersebut dapat terlihat dari kualitas desain dashboardnya yang hampir mendekati sedan kualitas Eropa. Dashboard di desain tinggi yang diikuti oleh doortrim depan dan belakang yang akan membuat driver dan penumpang depan seakan "dibalut" dan memberikan rasa aman.

Untuk Accord VTi-L, layar LCD yang diterapkan pada dashboard ada dua, dengan ukuran yang berbeda, yaitu 8 inci dan 5 inci dan terintegrasi dengan head unit (i-MID), bluetooth, dan navigasi. Disamping dashboardnya yang terlalu tinggi, setir yang digunakan juga terlampau besar dan posisinya terlalu tegak. Anda yang memiliki tinggi badan di bawah 170 cm akan sedikit kesusahan agar mendapatkan posisi duduk yang pas dan nyaman untuk memegang setir, sehingga dibutuhkan kecermatan dalam mengatur adjusment kursi elektriknya.
Review, Kelebihan & Kekurangan Honda All New Accord 2.4 VTi-L CR2 2014
Foto Interior Honda All New Accord 2.4 VTi-L CR2 2014
Performa Mesin Honda Accord CR2
Mesin K24W3 EarthDream yang diklaim Honda irit BBM dengan teknologi yang mutakhir, mampu mengeluarkan tenaga hingga 190 HP pada putaran mesin 6.700 RPM dan torsi puncaknya sebesar 251 Nm pada putaran 3.900 RPM. Meskipun performanya sedikit turun beberapa HP dari gen sebelumnya Accord CP2, namun berkat dukungan sasis baru dan bobot lebih ringan 25 kg mobil ini mampu mengalahkan performa dari Accord CP2. Sayangnya, opsi mesin V6 tidak di Indonesia.
Review, Kelebihan & Kekurangan Honda All New Accord 2.4 VTi-L CR2 2014
Foto Mesin Honda All New Accord 2.4 VTi-L CR2 2014
Handling Honda Accord CR2
Kombinasi mesin dan grade logic yang sangat sinkron membangkitkan akselerasi yang lembut. Efek hentakan seperti gen sebelumnya sama sekali tidak terasa pada Accord ini. Penggunaan velg 18 inci masih mampu menciptakan kenyamanan yang juga lebih dari Accord CP2. Bantingannya terasa lebih lembut namun tidak mengurangi efek handling disaat menikung tajam. Pada kecepatan tinggi, suara dari ban dan angin dari luar nyaris tidak terdengar, sangat nyaman. Ditambah lagi dengan penggunaan sasis yang paling mutakhir, mobil dengan bobot yang lumayan berat ini hampir mengimbangi handling dari Honda Civic yang bobotnya lebih ringan.

Spesifikasi Honda Accord CR2
  • Kode sasis : CR2.
  • Mesin : 2,4 liter dengan kode  K24W3 EarthDreams, 4 silinder segaris 16 katup DOHC i-VTEC.  
  • Tenaga maksimum : 190 HP @6.700 RPM.
  • Torsi puncak : 251 Nm @3.900 RPM.
  • Bore x stroke : 87 mm x 99.1 mm.
  • Rasio kompresi : 11.1:1
  • Konsumsi BBM: 8-9 km / L (dalam kota); 11-13km / L (luar kota).
  • Transmisi: 5-speed manual, 4-speed otomatis.
  • Suspensi: Depan McPherson Strut dan belakang multilink.
  • Fitur : ECON,  Start/Stop button, LED Projector Head Light, LED Daytime Running Light, Rear Audio Control, Auto Rain Sensing, Active Noise Cancellation , kursi depan electric seat, Rear Sunshade,  Tailgate Electric Button, Rear Combination Lamp with LED Stop Lamp, Front & Rear Parking Sensor.
  • Rival : Toyota Camry, Mazda 6 , dan Hyundai Sonata.
  • Tahun penjualan: 2014 - sekarang.

Harga Honda Accord CR2
Honda Accord CR2 ini dilepas ke pasar lokal pertama kali pada25 April 2013 lalu oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi di Jakarta. Dengan membawa teknologi yang paling mutakhir di seluruh lini Honda, mobil ini ditawarkan dengan harga baru berkisar 506 juta untuk tipe VTi dan 556 juta untuk tipe VTi-L. Sedangkan untuk Accord bekas tahun 2013 dan 2014, dijual di rentang harga 435 hingga 520 jutaan khusus untuk tipe VTi-L dan tipe VTi dihargai lebih murah 40 jutaan. Harganya bertahan disebabkan oleh kurs dolar yang melambung tinggi beberapa waktu silam.

Kelebihan Honda Accord CR2
  • Mesin baru dengan karakter yang responsif pada putaran bawah.
  • Kabin sangat lega.
  • Kenyamanan tinggi.
  • Karakter engine yang smooth dan torsi yang cukup di RPM bawah
  • Fitur canggih yang melimpah.
  • Tempat penyimpanan dalam kabin sangat banyak.
  • Handling bagus, walaupun masih kurang jika dibandingkan dengan gen sebelumnya.
  • Harga bertahan, karena melemahnya nilai rupiah terhadap dolar.

Kekurangan Honda Accord CR2
  • Kualitas audio kurang bagus untuk kelasnya sebagai sedan premium.
  • Zero steering feedback.
  • Transmisi konvensional.
  • Material interior terkesan murahan.
  • Finishing interior kurang bagus.
  • Ukuran setir terlalu besar dan tegak.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Honda All New Accord 2.4 VTi-L CR2 2014. Sedan mid-size dengan konsumsi BBM yang irit, kabin luas, nyaman dan juga mewah Topgir rasa sangat cocok untuk bagi Anda yang telah berkeluarga. Baca juga beberapa review dari rivalnya berikut ini: