Kelebihan dan Kekurangan Honda Accord 2.4 VTi-L CM5

Kelebihan dan Kekurangan Honda Accord 2.4 VTi-L CM5

Review Honda Accord 2.4 VTi-L CM5 Sama seperti manusia (menurut teman kita Charles Darwin, yang dapat dilihat dalam Sejarah dan Discovery Channels), Honda Accord telah menghadapi tahap evolusi. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1976 hanya sebagai hatchback kompak, namun untuk jenis sedan, coupe, dan juga wagon ditambahkan pada tahun 1981 secara bertahap. Dengan model generasi keenam yaitu Honda Accord Cielo tahun produksi 1994 hingga 1997, Honda akhirnya masuk ke segmen sedan ukuran menengah. Platform dasar tersebut terus berlanjut hingga produksi Accord yang akan di review ini, akan tetapi untuk meningkatkan daya saing terhadap rivalnya, akhirnya pada tahun 2008 memperbesar kembali ukuran sedannya ini ke sedan ukuran penuh (full size sedan) dengan pengujian di bawah klasifikasi Environmental Protection Agency (EPA) di Amerika Serikat.

Accord generasi ketujuh ini diluncurkan pada tahun 2002 dengan dua versi yang tersedia; satu varian untuk pasar Eropa dan satunya lagi untuk Jepang (meskipun dijual di Australia dan Selandia Baru sebagai Accord Euro dan sebagai Acura TSX di Amerika Utara). Untuk membedakan keduanya, versi Jepang memiliki chassis generasi sebelumnya tetapi memakai body baru. 

Rekor penjualan generasi Accord tidaklah semulus line-up sedan Honda lainnya seperti Honda City ataupun Civic, namun tercatat cukup tinggi dalam kompetisinya dalam meraih pangsa pasar sedan premium untuk melawan Toyota Camry ataupun Nissan Teana. Secara global, sedan full size ini hadir dengan menggunakan tiga jenis mesin, antara mesin 2.0 K20 yang berasal dari CR-V gen 2, mesin  4 silinder 2.4 liter dan juga mesin 3.0 V6. Namun yang masuk ke pasar lokal hanyalah satu jenis dengan mengusung mesin 2,4 liter. Facelift pertama kali dilakukan pada tahun 2006 dengan desain yang sama persis seperti Honda Inspire di Jepang. Penjualannya terus dilakukan hingga tahun 2007 sebelum Accord VTi-L gen 8 selanjutnya hadir.

Eksterior Honda Accord 2.4 VTi-L CM5
Untuk desain luarnya, mobil ini memiliki inspirasi desain dari seekor hewan yang mampu berlari dengan kecepatan yang sangat tinggi yaitu Cheetah. Accord gen 7 ini mungkin memiliki sudut mobil mewah tapi masih terlihat kurang mewah jika dibandingkan gen sebelumnya. Jika Anda memeriksa lebih dekat yang akan Anda lihat adalah jejak isyarat desain cheetah di Accord, khususnya di bagian belakang, seakan kurang "sreg". Pada versi faceliftnya, desain pada bagian belakang berubah menjadi lebih kecil seperti model coupe di Amerika, yang bisa diartikan sebagai lebih jelek.
Kelebihan dan Kekurangan Honda Accord 2.4 VTi-L 2003
Eksterior Honda Accord 2.4 VTi-L 2003
Interior Honda Accord 2.4 VTi-L CM5
Interiornya memang terlihat biasa saja dengan penambahan wood panel yang menggunakan bahan plastik. Tidak spesial namun juga tidak norak. Begitulah kira-kira. Panel konsol dapat dibaca dengan jelas dan mudah untuk dijangkau ketika bepergian seorang diri. Hal yang paling menarik dari mobil ini adalah kabinnya lebih luas dari gen sebelumnya, sehingga penumpang belakang tidak akan mengeluh untuk legroom dan headroom. Adanya penambahan tombol fungsi audio pada setir juga akan sangat membantu Anda untuk mengontrol volume tanpa harus mengontrolnya langsung dari head unit (khusus VTi-L).
Kelebihan dan Kekurangan Honda Accord 2.4 VTi-L 2003
Foto Interior Honda Accord 2.4 VTi-L 2003
Mesin Honda Accord 2.4 VTi-L CM5
Untuk pasar lokal, Accord gen 7 ini hanya disediakan dengan menggunakan satu jenis mesin saja, yaitu mesin 2,4 liter dengan kode K24A. Berbeda dengan pasar Filipina yang dihadirkan dengan tiga jenis mesin, 2,0 liter K20A, 2,4 liter K24A dan mesin 3,0 liter J30A4 V6. Mesin versi lokal ini (K24A) mampu mengeluarkan tenaga maksimum hingga 161 HP pada putaran mesin 5.500 RPM dan torsi puncak 220 Nm pada putaran 4.000 RPM. Mesinnya sendiri membutuhkan bahan bakar minimum RON 92 untuk menghindari anti-knocking, atau setara dengan pertamax. 
Kelebihan dan Kekurangan Honda Accord 2.4 VTi-L 2003
Foto Mesin Honda Accord 2.4 VTi-L 2003
Handling Honda Accord 2.4 VTi-L CM5
Tidak semua sedan eksekutif atau premium yang menyuguhkan sensasi "driver oriented". Terkecuali untuk sedan yang satu ini. Accord CM5 ini menyeimbangkan kenyamanan penumpang dan sensasi berkendara bagi sopir. Meskipun feedback handlingnya kurang akurat, namun peredaman kabin yang sangat bagus mampu menutupi kekurangan ini, sehingga kabin tetap senyap ketika mobil digeber dalam kecepatan tinggi sekalipun. Dan satu lagi, pengaturan suspensinya telah disetel oleh engineer Honda untuk mampu melewati jalan yang kurang mulus tanpa mengorbankan kenyamanan. Cukup bagus bukan?

Spesifikasi Honda Accord 2.4 VTi-L CM5
  • Kode sasis : CM5
  • Mesin 2,4 liter kode, K24A, 4 silinder segaris, 16 katup DOHC i-VTEC.
  • Tenaga maksimum : 161 HP @5.500 RPM.
  • Torsi puncak : 220 Nm @4.000 RPM.
  • Bore x Stroke  : 87 mm x 99 mm. 
  • Rasio kompresi : 9.7:1 
  • Konsumsi bahan bakar: 4-8km / L ( dalam kota); 8-11km / L (luar kota) (* perkiraan)
  • Transmisi: manual 5 percepatan, otomatis 5 percepatan.
  • Suspensi: depan independent double wishbone, belakang multilink.
  • Rival : Toyota Camry, Nissan Teana, BMW Seri 5, Mercedes Benz C Class, Audi A4, Volvo S40.
  • Penjualan: akhir 2003 - 2007.

Harga Honda Accord 2.4 VTi-L CM5
Nasib yang kurang bagus bagi sedan eksekutif di Indonesia menjadikan mobil ini memiliki harga jual yang rendah, namun di sisi lain akan menguntungkan bagi Anda yang akan meminang mobil ini sebagai opsi upgrade. Untuk tahun keluaran akhir 2003 / awal 2004 hingga akhir 2005, mobil ini dijual di kisaran harga antara 100 - 130 jutaan saja (versi pre-facelift). Sedangkan untuk versi facelift tahun 2006 hingga 2007 dijual dengan harga di rentang angka 140 - 170 Jutaan. 

Sebagai tambahan, harga yang disebutkan di atas hanya berlaku bagi versi VTi-L saja, diambil dari situs OLX. Khusus untuk versi VTi biasanya dihargai lebih murah hingga 6 jutaan. Perbedaan diantara kedua model ini juga cukup signifikan, versi VTi-L membawa opsi jok kulit, dual climate control, cruise control, dan juga audio steering control sebagai pelengkap. Sedangkan versi VTi hanya membawa sebatas fitur standar saja.

Kelebihan Honda Accord 2.4 VTi-L CM5
  • Desain luar dan dalam terlihat mewah.
  • Peredaman kabin sangat mantap.
  • Tenaga mesin sinkron dengan bobot mobil keseluruhan.
  • Handling oke.
  • Sangat elegan.
  • Kabin lega dan nyaman.
  • Sparepart dapat di substitusi dengan Honda CRV.
  • Sangat cocok dimodifikasi ke aliran VIP dan stance ala JDM.

Kekurangan Honda Accord 2.4 VTi-L CM5
  • Hanya hadir dengan satu pilihan mesin.
  • Boros plus minimal menggunakan pertamax.
  • Harga sparepart mahal.
  • Biaya perawatan mahal.
  • Harga jual kembali rendah.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Honda Accord CM5. Bagi Anda yang membutuhkan kenyamanan lebih tanpa terlalu memikirkan konsumsi BBM yang tergolong boros, mobil ini sangat cocok untuk hinggap di garasi Anda. Kapan lagi Anda dapat menemukan sedan eksekutif yang memiliki dua kepribadian dengan harga yang sangat terjangkau? Semoga membantu. Baca juga: