Kelebihan dan Kekurangan Toyota All New Vios Gen 3

Kelebihan dan Kekurangan Toyota All New Vios Gen 3

Review Spesifikasi dan Harga Toyota All New Vios - Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2004, Toyota Vios merupakan sedan subkompak yang dikembangkan untuk Cina, Taiwan dan pasar Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand. Mobil yang merupakan generasi ketiga dari keluarga Vios ini bersaing di segmen sedan subkompak populer dengan pesaing kuat Honda City dan calon penantang barunya, Suzuki Ciaz.

Generasi ketiga Vios ini diresmikan pada tahun 2013 di Bangkok International Motor Show. Indonesia berkesempatan sebagai lokasi perakitan Vios gen 3 dan diekspor ke beberapa negara yang ada di Asia Tenggara. Estetika bijaksana terlihat dari penerapan desain depan yang hampir mirip dengan Toyota RAV4 dimana strip chrome pada grill meluas ke casing headlamp, sehingga membangkitkan rasa modernitas. Hadir dengan tiga tipe berupa tipe E sebagai trim dasar, tipe G sebagai trim menengah dan yang terakhir trim TRD sportivo sebagai trim teratas.

Eksterior Toyota All New Vios
Meskipun Vios baru masih menggunakan platform dari pendahulunya, namun kenyatannya Vios ini telah mengalami sedikit "pembengkakan" dimana panjang, lebar dan tingginya menjadi bertambah. Lampu depan diusung menggunakan proyektor untuk tipe G dan TRD sedangkan tipe E masih mengandalkan lampu kristal biasa. 
Kelebihan dan Kekurangan Toyota All New Vios (Gen 3)
Foto Eksterior Toyota All New Vios Gen 3
Garis lekukan landai pada sisi mobil membantu membangun karakter desain All New Vios agar tampak lebih sporty. Garis ini melintang hingga menuju cluster lampu belakang yang turut didesain ulang yang terlihat lebih modern. Satu lagi yang tak kalah penting, spion yang digunakan telah dilengkapi dengan sirip aerodinamis untuk meningkatkan stabilitas dan kinerja mobil ketika melaju.

Interior Toyota All New Vios
Beranjak ke bagian dalam kabin, kali ini Anda akan menyadari bahwa ciri khas Vios selama ini telah hilang, yaitu panel instrumen sudah tidak lagi dipasang di tengah dashboard. Fiturnya juga telah di upgade menjadi lebih lengkap. Sistem infotainment multimedia dihadirkan menggunakan touchscreen yang telah dilengkapi dengan audio cukup lumayan.
Kelebihan dan Kekurangan Toyota All New Vios (Gen 3)
Foto Interior Toyota All New Vios Gen 3
Di bagian panel instrumen, kesan modern dan sporty terlihat jelas dengan penggunaan speedometer backlit dan tachometer baru, plus layar informasi kecil yang terletak di bawahnya yang berfungsi untuk menunjukkan informasi penting mengenai trip perjalanan dan kondisi mobil. Bahan yang digunakan untuk interior adalah plastik yang dicat dengan warna solid disertai dengan aksen krom yang membantu untuk memberikan kabin nuansa cerah. Mengingat bahwa Vios dianggap sedan kompak entry level, plastik di dasbor dan panel pintu meninggalkan garis yang terlihat seperti benang, sehingga terlihat seolah-olah interiornya menggunakan kulit jahitan tangan.
Kelebihan dan Kekurangan Toyota All New Vios (Gen 3)
Foto Kabin Toyota All New Vios Gen 3
Performa Mesin Toyota All New Vios
Di bawah kap mesin, All New Vios masih mengandalkan mesin berkapasitas 1,5 liter yang juga digunakan pada dua generasi Vios sebelumnya. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 107 HP pada 6.000 rpm dan torsi puncak sebesar 141 Nm pada 4.200 rpm yang telah dikawinkan dengan transmisi otomatis empat percepatan yang bekerja secara efisien dan juga transmisi manual lima percepatan. Namun cukup disayangkan karena sektor mesin adalah satu-satunya sektor yang sama sekali belum mengalami pembenahan.
Kelebihan dan Kekurangan Toyota All New Vios (Gen 3)
Foto Mesin Toyota All New Vios Gen 3
Impresi Berkendara dan Handling Toyota All New Vios
Karakteristik mesin yang lebih menitikberatkan torsi low-end masih digunakan hingga sekarang, sehingga akselerasi meningkat drastis. Handlingnya sedikit lebih bagus dari Vios sebelumnya meskipun secara keseluruhan mobil ini belum mampu bermanuver dengan baik di tikungan karena sering mengalami bodyroll.

Harga Toyota All New Vios (Gen 3) Baru dan Bekas
Karena tergolong sebagai model terbaru, harga bekas All New Vios masih berada di kisaran harga yang tinggi, yaitu antara 220 hingga 260 jutaan tergantung tipe dan kondisi mobil. Sedangkan untuk harga barunya, dikutip dari situs resmi Toyota, harga All New Vios adalah sebagai berikut :
Tipe E 1.5 E matic : Rp. 275.350.000,00
Tipe E 1.5 E manual : Rp. 265.750.000,00
Tipe G 1.5 G matic : Rp. 296.750.000,00
Tipe G 1.5 G manual : Rp. 284.150.000,00
Tipe TRD Sportivo manual : Rp. 300.150.000,00
Tipe TRD Sportivo matic : Rp. 313.050.000,00

Spesifikasi Toyota All New Vios 
  • Mesin : 1NZ-FE 4 silinder segaris 16 katup VVT-i. 
  • Tenaga : 107 hp @ 6.000 rpm. 
  • Torsi : 141 Nm @ 4.200 rpm. 
  • Konsumsi BBM : 10-13km / L (dalam kota); 14-17km / L (luar kota). 
  • Transmisi : transmisi manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan. 
  • Suspensi : Depan McPherson strut independen, belakang Torsion Beam. 
  • Rival : Honda All New City, Suzuki Ciaz dan Hyundai Accent Verna. 
  • Penjualan: 2013-sekarang. 

Kelebihan Toyota All New Vios
  • Desain eksterior dan interior baru dan memikat.
  • Kinerja mesin bagus pada putaran bawah.
  • Kabin dan jok nyaman.
  • Panel instrumen sporty.
  • Suspensi empuk.
  • Transmisi otomatis sangat halus.
  • Ruang kaki lapang.
  • Sistem penggereman lengkap dengan fitur keselamatan.

Kekurangan Toyota All New Vios
  • Harga baru lumayan tinggi.
  • Peredaman kabin buruk.
  • Kerap mengalami bodyroll karena suspensi terlalu empuk.
  • Kualitas perakitan belum maksimal.
  • Suara atap sangat bising ketika hujan.
  • Masih menggunakan mesin kuno.
  • Material dashboard masih menggunakan plastik murahan.
  • Feedback sensor parkir tergolong lambat.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Toyota All New Vios. Singkatnya, semua Vios baru adalah perbaikan besar dari generasi sebelumnya meliputi seluruh sektor, kecuali mesin. Baca juga beberapa review menarik lainnya :